Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat File Log DISM di Windows 10/11

 


Deployment Image Servicing and Management (DISM) merupakan tool command line bawaan di system operasi Windows yang dikembangkan oleh Microsoft. Anda dapat menggunakan tool DISM untuk berbagai tujuan, seperti menscan dan memperbaiki file system image yang rusak, mendapatkan informasi tentang file Windows image (.wim), file Full-flash utility (FFU), virtual hard disk (VHD) dan sebagainya.



Untuk menggunakan tool DISM, anda harus meluncurkan Command Prompt dengan hak administrator. Saat anda menjalankan tool DISM, Windows akan membuat log dan menyimpannya dalam format teks. Anda dapat melihat log DISM dengan membuka file teks ini. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan cara melihat file log DISM di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Utilitas DISM sangat berguna karena selain memperbaiki file system image yang rusak, anda juga dapat menggunakannya untuk menginstall, menghapus, mengupdate dan mengkonfigurasi fitur, pack dan driver Windows. Untuk menggunakan tool DISM, diperlukan koneksi internet aktif karena jika ia menemukan file system image yang rusak, tool ini akan mendownload file yang diperlukan dari Windows Update dan kemudian menggantikan file system image yang rusak tersebut.


Terkadang, tool DISM gagal mendowmload file yang diperlukan untuk memperbaiki file system image yang rusak. Dalam hal ini, anda perlu menggunakan scan DISM offline. Untuk menggunakan scan DISM offline ini, anda memerlukan file ISO dari system operasi Windows.



Cara Melihat File Log DISM di Windows 10/11


Setelah anda membaca pengantar singkat tentang tool DISM, sekarang saatnya membahas tentang cara melihat file log DISM di Windows 10 atau Windows 11.


File log DISM dalam format teks terletak di drive system yang pada umumnya adalah drive C:. Dan untuk melihat file log DISM, anda dapat pergi ke lokasi berikut ini. C adalah drive system, jadi jika system anda berada di drive yang berbeda, maka anda harus pergi ke drive tersebut.

C:\windows\logs\dism


Untuk membuka folder tujuan diatas dengan cepat, maka anda dapat menekan tombol Win + R, kemudian masukan jalur diatas dan tekan Enter. Atau anda dapat membuka File Explorer (Win + E)  dan masukan jalur yang telah disediakan di atas di address bar File Explorer dan tekan Enter untuk menuju ke lokasi tersebut. Alternatifnya, anda juga dapat pergi ke lokasi tersebut secara manual dengan menavigasikan ke jalur yang telah disediakan di atas.

Setelah anda berada di lokasi tersebut, anda akan menemukan sebuah file teks bernama dism. File ini berisi log DISM yang dapat dibuka dengan mengklik dodel pada file tersebut. System operasi Windows akan membuka file tersebut menggunakan software editor teks bawaannya, yang dalam banyak kasus adalah Windows Notepad.


Berbagai Cara untuk Langsung Membuka File Log DISM

Terdapat beberapa cara untuk membuka file log DISM secara langsung tanpa harus pergi ke lokasi file tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Melalui perintah Run.
  • Melalui Command Prompt.
  • Melalui Windows PowerShell.

Untuk membuka file log DISM secara langsung melalui perintah Run, anda dapat menekan tombol Win + R untuk membuka kotak Run, kemudian masukan salah satu perintah berikut dan klik OK atau tekan Enter.

C:\windows\logs\dism\dism.log

atau

notepad "%windir%\Logs\DISM\dism.log"


Anda juga dapat membuka file log DISM tanpa membuka drive C melalui Command Prompt atau Windows PowerShell dengan/tanpa hak administrator menggunakan perintah diatas. Alternatifnya, anda dapat membukan Windows Terminal, kemudian pilih Command Prompt atau PowerShell dan jalankan perintah yang sama.



Jika anda ingin melihatfile log lainnya di system operasi Windows anda,maka beberapa artikel berikut akan membantu anda.

Semoga bermanfaat untuk anda!

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam melihat file log DISM di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Melihat File Log DISM di Windows 10/11"