Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Boot Log di Windows


Ketika anda menghadapi masalah dengan Windows, ada kemungkinan besar bahwa driver adalah biang keladinya. Dalam situasi tersebut, memiliki informasi sebanyak mungkin tentang driver mana yang dimuat dan mana yang tidak dapat membantu anda memecahkan masalah system anda dengan lebih baik. Untungnya, Windows memiliki fitur yang disebut "boot log" yang mencatat setiap driver yang dimuat saat anda memulai system anda.

Artikel ini akan menunjukkan bagaimana anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur boot log di Windows.

Catatan: Tutorial ini juga bisa digunakan untuk Windows 7 dan 8. Screenshot di ambil dari Windows 10.


Boot Log Menggunakan System Configuration Tool

Cara termudah untuk mengaktifkan boot log di Windows adalah dengan menggunakan opsi yang disediakan oleh System Configuration tool.

1. Pertama, tekan Win + R, ketik msconfig di bidang teks dan tekan Enter untuk membuka System Configuration tool.


2. Buka tab Boot, pilih system operasi dan kemudian beri ceklist pada kotak Boot log di bawah bagian Boot Options. Klik tombol Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


3. Anda telah berhasil mengaktifkan fitur Boot log. Anda akan diminta untuk me-restart system anda. Klik pada tombol Restart untuk mulai mencatat proses booting.


4. Setelah memulai kembali anda dapat mengakses log booting kapanpun anda mau. Untuk melakukannya, buka File Explorer dan buka folder C:\Windows. Temukan file teks bernama ntbtlog.txt, dan klik doble padanya.


Tips cepat: masukkan *.txt, atau jika anda ingin lebih spesifik, masukkan ntbtlog.txt di kolom pencarian File Explorer untuk menemukan file dengan cepat.

5. Dalam file log anda akan melihat semua driver yang dimuat dan tidak dimuat saat Windows Start.


Setelah anda selesai dengan troubleshooting/pemecahan masalah anda, saya sarankan anda mematikan fitur boot-logging. Jika tidak, Windows akan terus menambahkan entri log setiap kali anda memulai system anda. Ini dengan cepat meningkatkan ukuran boot log, belum lagi menjadi sangat sulit untuk menemukan apa yang anda cari.

Untuk menonaktifkan boot log, buka System Configuration Tool seperti pada langkah 1 diatas, kemudian pilih tab Boot, pilih system operasi dan hapus ceklist pada kotak Boot log. Simpan perubahan dengan mengklik tombol Apply dan OK.


Boot Log Menggunakan Command Prompt

Anda juga dapat mengaktifkan boot log menggunakan command line tool BCDEdit.

1. Cari Command Prompt di Start menu, klik kanan padanya dan pilih opsi Run as administrator.


2. Sebelum anda dapat mengaktifkan boot log, anda harus terlebih dahulu mengetahui pengenal system operasi yang anda gunakan saat ini. Untuk mengetahuinya, ketik bcdedit dan tekan Enter. Di bawah bagian Windows Boot Loader anda akan menemukan pengenal system operasi anda di sebelah Identifier. Perhatikan. Dalam kasus saya ini adalah {current}. Secara umum, identifier anda juga akan sama dengan milik saya.


3. Setelah anda memiliki identifier, jalankan perintah di bawah ini untuk mengaktifkan boot log. Jika identifier anda berbeda, ganti {current} pada perintah di bawah ini dengan identifier system operasi anda yang sebenarnya.

bcdedit /set {current} bootlog yes


4. Setelah me-restart system, anda dapat menemukan boot log di C:\Windows\ntbtlog.txt.

Setelah anda selesai dengan troubleshooting/pemecahan masalah, anda harus mempertimbangkan menonaktifkan boot log. Untuk menonaktifkan boot log via command prompt, jalankan perintah di bawah ini:

bcdedit /set {current} bootlog no


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Tinggalkan komentar anda di bawah ini membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan fitur boot log Windows. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Boot Log di Windows"