Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Auto Hide Taskbar Tidak Berfungsi di Windows 11

 


Jika fitur Automatically Hide Taskbar tidak berfungsi di Windows 11, maka artikel ini mungkin menarik bagi anda. Microsoft telah mengubah cara kerja Taskbar pada system operasi Windows 11. Beberapa aspek mengalami perubahan, sehingga anda tidak dapat mengharapkannya berfungsi dengan cara yang sama seperti di Windows 10. Baru-baru ini, beberapa pengguna Windows 11 mengalami masalah dimana Taskbar tidak dapat disembunyikan secara otomatis meskipun pengaturannya telah diubah.


Sekarang, pertanyaan besarnya adalah apa yang menyebabkan masalah ini terjadi? Seperti banyak masalah yang terkait dengan Windows 11, beberapa masalah dapat diatasi dengan mudah sementara yang lain membutuhkan upaya tambahan dari pengguna.



Memperbaiki Masalah Auto Hide Taskbar Tidak Berfungsi


Jika anda mengalami masalah fitur Auto-Hide Taskbar yang tidak berfungsi di Windows 11 anda, maka berikut adalah beberapa saran untuk membantu anda menyelesaikan masalah ini dengan sukses.



1. Aktifkan Fitur Auto-Hide Taskbar


Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna dalam situasi seperti ini adalah memeriksa pengaturan Taskbar untuk memastikan apakah fitur Auto Hide telah diaktifkan atau belum. Jika belum diaktifkan, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkannya. Untuk memeriksanya, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Untuk menyelesaikan pekerjaan, anda harus mulai dengan menekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Personalization di panel kiri dan klik Taskbar di panel kanan. Anda juga dapat mencapai ini dengan mengklik kanan pada Taskbar dan memilih Taskbar Settings.
  • Selanjutnya di panel kanan, gulir ke bawah dan perluas Taskbar Behaviors.
  • Saat menu terbuka, anda perlu memberi ceklist pada opsi Automatically hide the taskbar.



Tepat setelah anda memberi ceklist pada opsi tersebut, Taskbar Windows 11 anda seharusnya akan secara otomatis menyembunyikan dirinya. Jika itu tidak terjadi, maka lanjut ke solusi berikutnya.



2. Restart Windows Explorer


Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, maka langkah selanjutnya adalah anda perlu me-restart Windows Explorer untuk melihat apakah hal itu dapat mengembalikan semuanya ke kondisi normal. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager di komputer anda. Atau anda juga dapat mengklik kanan pada Taskbar dan memilih Task Manager.
  • Setelah Task Manager terbuka, silahkan pilih tab Processes di panel kiri.
  • Selanjutnya, klik kanan pada Windows Explorer dan pilih Restart. Atau anda juga dapat memilih Windows Explorer dan klik Restart task di bagian atas jendela.



Jika dilakukan dengan benar, maka anda akan melihat layar anda akan direfresh. Anda mungkin tidak akan melihat apapun di desktop anda dalam beberapa saat termasuk Taskbar anda. Setelah Windows Explorer anda direfresh, periksa kembali apakah itu berhasil memperbaiki masalah.



3. Nonaktifkan Show Badges di Taskbar


Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah menonaktifkan opsi Show badges di Taskbar. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Personalization di panel kiri dan klik Taskbar di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, perluas Taskbar behaviors.
  • Selanjutnya, hapus ceklist pada opsi Show badges on taskbar apps.



Tindakan ini penting karena mungkin ada notifikasi yang terkait dengan aplikasi tertentu yang menyebabkan masalah ini pada Taskbar Windows 11 anda. Dengan menonaktifkan opsi Show Badges, notifikasi pada Taskbar akan dinonaktifkan secara efektif, sehingga masalah tersebut tidak lagi mengganggu.



4. Nonaktifkan Windows Notifications Secara Keseluruhan


Harap diingat bahwa ada beberapa aplikasi yang mungkin sering menampilkan notifikasi dan hal ini dapat mengakibatkan Taskbar anda tidak dapat disembunyikan. Dalam hal ini, opsi terbaik yang dapat diambil adalah menonaktifkan notifikasi Windows 11 secara keseluruhan. Dengan demikian, anda dapat menghindari gangguan dari notifikasi yang mungkin mengganggu tampilan Taskbar. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menonaktifkan notifikasi di Windows 11.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Notifications di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, nonaktifkan opsi Notifications ke Off.
  • Setelah itu, tutup jendela Settings dan restart komputer anda.



Jika semua berjalan sesuai rencana, maka masalah yang terkait Taskbar Windows 11 anda seharusnya sudah dapat diselesaikan dan amda dapat melihat Taskbar anda disembunyikan secara otomatis.



5. Pecahkan Masalah di Clean Boot


Jika tidak ada yang berhasil, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah masalah tersebut juga terjadi saat berada dalam Clean Boot atau tidak. Jika masalah tidak terjadi, maka anda mungkin perlu menyelesaikan masalah secara manual dengan mengidentifikasi proses yang mengganggu dan menyebabkan Taskbar tidak dapat disembunyikan secara otomatis. Namun, jika masalah tetap terjadi bahkan dalam Clean Boot, maka langkah selanjutnya adalah menjalankan perintah Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki system image anda yang kemungkinan rusak. Anda dapat melihat video tutorial saya tentang cara menjalankan perintah DISM disini.




Semoga salah satu metode bekerja untuk anda.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Auto Hide Taskbar tidak berfungsi di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Auto Hide Taskbar Tidak Berfungsi di Windows 11"