Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Application Error 0xc000007b di Windows 10/11

 


Error code 0xc000007b yang terjadi saat meluncurkan aplikasi di Windows 10 atau Windows 11 ini adalah masalah yang sangat mengganggu. Error ini menghalangi pengguna untuk meluncurkan aplikasi, game dan program. Oleh karena itu, error ini dapat menjadi menghambat pekerjaan dan aktivitas sehari-hari anda. Namun demikian, perbaikan untuk masalah ini sebenarnya cukup sederhana. Artikel ini akan memberikan anda beberapa solusi mudah untuk menyelesaikan masalah ini di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Ketika masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

Application Error

The application was unable to start correctly (0xc000007b). Click OK to close the application.




Memperbaiki Application Error 0xc000007b di Windows 10/11


Berikut ini adalah panduan yang menjelaskan beberapa solusi efektif yang dapat membantu anda mengatasi error  0xc000007b ini dan membuat aplikasi anda berjalan dengan lancar kembali.



1. Install/Instal Ulang Microsoft Visual C++ Redistributable Packages


Ada beberapa aplikasi di Windows yang membutuhkan Microsoft Visual C++ Redistributable Package. Ini merupakan kumpulan komponen runtime yang dibutuhkan oleh sebagian besar aplikasi agar berfungsi dengan baik. Komponen ini terdiri dari librarie, DLL (Dynamic Link Library) dan file penting lainnya yang memberikan dukungan runtime yang diperlukan bagi aplikasi yang bergantung padanya. Dengan menginstall redistributable package yang sesuai, anda memastikan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut memiliki semua komponen yang diperlukan untuk berjalan dengan lancar di system operasi Windows anda. Jika package ini hilang, rusak atau out of date, maka kemungkinan besar anda akan mengalami masalah saat mencoba meluncurkan aplikasi.


Jadi, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan Microsoft Visual C++ Redistributable Package sudah terinstall atau belum di Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat memeriksanya di jendela Settings - Apps - Apps & features atau Installed apps. Anda dapat menemukan beberapa versi Microsoft Visual C++ Redistributable yang terinstall disana. Jika anda tidak menemukannya, maka itu berarti anda belum menginstallnya. Jadi, sekarang anda perlu menginstallnya. 


Namun jika anda telah menginstall Microsoft Visual C++ Redistributable Package, maka kemungkinan package ini rusak atau out of date. Untuk itu, anda perlu menguninstall program ini dari komputer anda melalui Settings Windows atau Control Panel.



Pastikan anda menguninstall semua versi package ini dari system anda. Anda juga dapat menggunakan bantuan dari software uninstaller pihak ketiga untuk melakukan tugas ini. Atau, anda juga dapat menjalankan perintah berikut ini di Command Prompt dengan hak administrator.

Dism.exe /online /Cleanup-Image /StartComponentCleanup


Setelah anda menguninstallnya, anda kemudian dapat mendownload semua versi Microsoft Visual C++ package di website Microsoft atau dari sini. Setelah itu, anda dapat menginstallnya kembali di system anda.


Setelah selesai, anda dapat memeriksanya, apakah error kembali terjadi atau tidak.


2. Install .NET Framework

NET Framework merupakan platform pengembangan software yang dikembangkan oleh Microsoft. Ia menyediakan berbagai komponen dan service yang diperlukan oleh aplikasi Windows modern. Setiap versi dari .NET Framework memiliki update, perbaikan bug dan fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan stabilitas dan performa/kinerja aplikasi.

Jadi, seperti halnya Microsoft Visual C++ Redistributable Package, sebagian besar aplikasi juga memerlukan versi khusus dari .NET Framework untuk dapat berjalan dengan baik. Jika aplikasi yang anda ingin akses membutuhkan versi .NET Framework yang sudah out of date, rusak atau hilang dari system anda, maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya error.

Jika anda menghadapi error terkait .NET Framework, maka anda perlu menginstall .NET framework jika anda belum menginstallnya.


Namun jika sudah, maka anda perlu mengupdatenya melalui Windows Update di jendela Settings. Jika masalahnya tetap ada setelah anda mengupdatenya, maka anda dapat menjalankan NET Framework Repair Tool untuk memperbaikinya.


Jika tidak membantu, maka anda perlu menguninstallnya dan kemudian menginstallnya kembali dengan versi yang lebih baru. Ini akan memastikan bahwa komponen yang diperlukan tersedia di system anda dan menyelesaikan masalah kompatibilitas apapun dalam prosesnya.


3. Install DirectX

Application Error 0xc000007b juga dapat terjadi jika ada masalah kompatibilitas antara aplikasi yang ditargetkan dan versi DirectX yang terinstall di system anda.

DirectX merupakan kumpulan Application Programming Interface (API) yang memungkinkan system berkomunikasi dengan perangkat multimedia seperti sound card, graphics card dan game controller. Aplikasi yang anda coba akses mungkin bergantung pada fitur atau API DirectX tertentu dan jika fitur tersebut hilang, anda mungkin akan mengalami error 0xc000007b. Untuk memperbaiki masalah kompatibilitas tersebut, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menginstall DirectX module di Windows 10 atau Windows 11 anda.
  • Kemudian, luncurkan installer dan ikuti petunjuk di layar untuk melanjutkan instalasi.
  • Periksa apakah masalah telah teratasi.



4. Jalankan Aplikasi dengan Hak Administrator

Kegagalan saat meluncurkan aplikasi yang ditargetkan juga dapat disebabkan oleh hak istimewa yang tidak mencukupi atau hak akses yang tidak memadai ke file-file tertentu yang diperlukan agar aplikasi tersebut berjalan dengan benar. Untuk memastikan bahwa aplikasi memiliki permission/izin yang cukup untuk berfungsi dengan baik dan benar, anda dapat mencoba menjalankannya dengan hak administrator.

Menjalankan aplikasi dengan hak administrator memberikan akses penuh ke system dan memungkinkan aplikasi untuk menggunakan hak istimewa yang diperlukan. Untuk menjalankan aplikasi dengan hak administrator, cukup klik kanan pada aplikasi yang ingin dijalankan dan pilih Run as administrator.

Jika itu berhasil, maka anda dapat mengaturnya agar selalu diluncurkan dengan hak admin saat anda mengklik dobel pada aplikasi tersebut. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaturnya.
  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E dan buka folder instalasi aplikasi anda (C:\Program Files\aplikasi anda). Atau anda dapat mengklik kanan pada aplikasi di Start menu dan pilih Open file location.
  • Kemudian, klik kanan pada aplikasi.exe dan pilih Properties.
  • Di jendela properties, pilih tab Compatibility.
  • Setelah itu, beri ceklist pada opsi Run this program as an administrator dan klik OK.



5. Jalankan Scan SFC

Error code 0xc000007b pada system seperti kerusakan atau kehilangan file dapat menyebabkan berbagai aplikasi dan program tidak berfungsi dengan benar. Untuk memperbaikinya, anda dapat menggunakan utilitas System File Checker (SFC) yang akan menscan dan memperbaiki file sistem yang rusak.

Utilitas System File Checker adalah tool bawaan di system operasi Windows yang dapat memeriksa keutuhan dan konsistensi file system. Jadi lakukan itu dan setelah selesai, restart komputer anda dan periksa apakah error telah teratasi atau tidak.



6. Install Ulang Aplikasi

Ketika anda mengalami error pada aplikasi tertentu yang mencegahnya berfungsi dengan baik, maka mungkin terdapat masalah korup internal pada aplikasi tersebut. Untuk mengatasi hal ini, salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan melakukan install ulang aplikasi yang bermasalah.


7. Reset/Install Ulang Windows

Jika sampai sejauh ini solusi diatas tidak menyelesaikan masalah anda, maka masalahnya mungkin terkait dengan masalah system yang lebih dalam yang tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan metode pemecahan masalah konvensional.

Jadi, pertimbangkan untuk mereset Windows anda. Atau anda dapat menginstall ulang Windows anda. Ini akan menghapus hard drive dan memungkinkan anda memulai dari awal, menghilangkan masalah yang terus-menerus menyebabkan error. Solusi ini, harus menjadi pilihan terakhir dan saya sarankan untuk mempertimbangkannya hanya jika anda telah kehabisan semua opsi lainnya.



Saya harap solusi yang dijelaskan dalam artikel ini dapat membantu anda dalam memperbaiki Application Error 0xc000007b. Agar dapat mencegah terjadinya kesalahan yang mengganggu di masa mendatang, saya menyarankan anda untuk selalu menginstall update system terbaru yang tersedia untuk komputer anda, mendownload aplikasi dari sumber tepercaya dan juga selalu mengupdate driver perangkat anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Application Error 0xc000007b di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Application Error 0xc000007b di Windows 10/11"