Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error code 0x80071A90, The function attempted to use a name that is reserved for use by another transaction

 


Jika anda mencoba mengaktifkan Hyper-V, menginstall .NET Framework atau mengaktifkan fitur Windows lainnya, anda mungkin akan menerima error code 0x80071A90 dengan pesan error The function attempted to use a name that is reserved for use by another transaction. Jika anda mengalami masalah ini, maka artikel ini dapat membantu anda menyelesaikan masalah tersebut.


Salah satu error lengkapnya akan terlihat seperti berikut ini.

Windows Features

Windows couldn’t complete the requested changes.

The function attempted to use a name that is reserved for use by another transaction.

Error code: 0x80071A90



Error Code 0x80071A90 dapat terjadi saat anda mencoba mengaktifkan fitur Windows melalui Control Panel. Error code ini mungkin disebabkan oleh ruang disk yang tidak mencukupi, file system yang rusak atau terkunci. Pesan error ini juga dapat terjadi saat anda menjalankan System Restore dan Windows Update.



Memperbaiki Error code 0x80071A90, The function attempted to use a name that is reserved for use by another transaction


Berikut adalah saran untuk memperbaiki error The function attempted to use a name that is reserved for use by another transaction dengan error code 0x80071a90 yang muncul pada komputer Windows saat mencoba mengaktifkan fitur Windows.



1. Nonaktifkan Sementara Antivirus


Error code 0x80071a90 saat mengupdate fitur Windows dapat disebabkan oleh beberapa software antivirus pihak ketiga. Untuk mengatasinya, langkah pertama yang dapat diambil untuk memperbaiki masalah ini adalah menonaktifkan sementara software antivirus tersebut dan pastikan bahwa anda memiliki cukup ruang pada disk penyimpanan anda.



2. Lepaskan Semua Periferal yang Terhubung ke Komputer Anda


Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki error code 0x80071a90 adalah dengan melepaskan semua periferal yang terhubung ke komputer seperti USB driver, kamera eksternal, printer dan lainnya, kemudian melakukan restart system. Jika solusi tersebut tidak berhasil, anda dapat mencoba metode lain yang terdapat dalam artikel ini untuk mengatasi kesalahan tersebut.



3. Jalankan Tool Disk Cleanup


Solusi lain untuk memperbaiki error code 0x80071A90 adalah dengan menjalankan Disk Cleanup di Windows. Tool ini dapat menghapus semua data dan file yang tidak diperlukan dari system anda, meningkatkan performa system dan mengosongkan sebagian ruang penyimpanan. Jika error code 0x80071A90 masih muncul setelah menjalankan Disk Cleanup, anda dapat mencoba metode lain yang terdapat dalam artikel ini untuk memperbaiki error ini.




4. Jalankan Scan SFC dan DISM


Error code ini juga dapat terjadi karena file system yang rusak. Jadi untuk mengatasi masalah ini ada dapat melakukan scan System File Checker (SFC) dan jika itu tidak memperbaiki masalah, maka jalankan scan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki image Windows dan komponen store yang rusak.




5. Rebuild Repository WMI


Error code 0x80071A90 mungkin terjadi karena Repository WMI yang rusak. Windows Management Instrumentation (WMI) merupakan sekumpulan spesifikasi dari Microsoft untuk mengkonsolidasikan manajemen perangkat dan aplikasi dalam jaringan. Ini adalah database yang menyimpan meta-informasi dan definisi untuk classes WMI. Hanya dengan menggunakan ini, kondisi system dapat diketahui.


Jadi, jika Repository WMI rusak, maka untuk memperbaiki atau merebuild Repository WMI, anda dapat menjalankan beberapa perintah di Command Prompt.




6. Aktifkan Fitur Windows di Clean Boot


Dalam Clean Boot, system diizinkan untuk berjalan hanya dengan program dan driver yang penting. Mode ini juga menghilangkan aplikasi background yang mungkin menyebabkan error code 0x80071a90 ini. Setelah anda berada di Clean Boot, anda dapat mengaktifkan Fitur Windows dan lihat, apakah error kembali terjadi atau tidak.



Jika error tidak terjadi dalam Clean Boot, maka anda perlu mengaktifkan satu per satu proses untuk menemukan program yang bermasalah. Setelah anda menemukannya, anda kemudian dapat menonaktifkan proses tersebut atau menguninstall program yang menggunakan proses tersebut.

 


7. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Menjalankan troubleshooter pada PC anda memungkinkan tool tersebut menemukan masalah dalam system, kemudian memberikan solusi untuk memperbaikinya. Menjalankan Windows Update Troubleshooter dapat membantu memperbaiki masalah runtime dengan error code 0x80071a90. Berikut adalah cara untuk melakukannya.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I atau klik Start menu dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I atau anda dapat membukanya dari Start menu.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error code 0x80071A90, The function attempted to use a name that is reserved for use by another transaction di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error code 0x80071A90, The function attempted to use a name that is reserved for use by another transaction"