Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80090017 Windows Update di Windows 10/11

 


Error code 0x80090017 yang terjadi saat mengupdate Windows ini biasanya terjadi jika Windows update component tidak didownload dengan benar atau rusak. Jika error 0x80090017 Windows Update terus mengganggu anda, maka artikel ini dapat membantu anda. Anda dapat mengikuti beberapa solusi sederhana untuk membantu memperbaiki error ini.



Memperbaiki Error 0x80090017 Windows Update


Untuk memperbaiki error 0x80090017 Windows Update, reset update component dan coba install update secara manual. Mari kita lihat semua solusi secara terperinci.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Untuk membantu memperbaiki masalah terkait update di Windows, system operasi ini dilengkapi dengan utilitas bawaan yang disebut Windows Update Troubleshooter. Troubleshooter ini dapat mescan dan memperbaiki error terkait update secara otomatis. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




2. Reset Windows Update Component


Salah satu alasan mengapa terjadi error 0x80090017 adalah karena Windows update component yang rusak. Windows Update Component ini berisi file cache yang berfungsi sebagai gudang dan membantu dalam instalasi update.



Untuk menyelesaikan masalah ini, anda dapat mencoba mereset Windows update component di system anda. Anda juga dapat menggunakan Reset Windows Update Tool untuk meresetnya secara otomatis. Atau anda dapat mengikuti langkah-langakah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini satu per satu sambil menekan Enter.
net stop bits
net stop wuauserv
net stop appidsvc
net stop cryptsvc
ren %systemroot%\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old
ren %systemroot%\system32\catroot2 catroot2.old
net start bits
net start wuauserv
net start appidsvc
net start cryptsvc

  • Setelah semua perintah dijalankan, restart komputer anda untuk melihat apakah update telahberhasil diinstall.



3. Nonaktifkan Sementara Software Antivirus Pihak Ketiga

Jika anda mengalami kesulitan saat menginstall update di Windows, ada kemungkinan bahwa software antivirus yang terinstall pada komputer anda dapat mengganggu proses instalasi. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mencoba menonaktifkan sementara software antivirus tersebut dan memeriksa apakah itu dapat memperbaiki error.

Namun, jika anda tidak menginstall software antivirus pihak ketiga di system anda, kemungkinan penyebab error adalah Windows Defender Firewall. Untuk mengatasi masalah ini, coba nonaktifkan sementara Windows Defender Firewall dan periksa apakah itu membantu memperbaiki error 0x80090017.



4. Restart Service Windows Update

Salah satu cara untuk mengatasi masalah terkait update Windows adalah dengan merestart service Windows Update. Service ini bertanggung jawab untuk menjaga system operasi dan software Microsoft lainnya tetap terupdate. Merestart service ini dapat membantu menghapus semua file atau cache sementara yang terkait dengan service dan membantu menyelesaikan masalah terkait update.

Berikut ini adalah cara untuk merestart service Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, temukan service Windows Update di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik kanan pada service Windows Update dan pilih Restart.


  • Anda juga perlu memastikan Startup type dari service Windows Update di atur ke Automatic.
  • Untuk itu, klik dobel pada service Windows Update.
  • Di jendela properties service, pastikan Startup type dari service Windows Update di atur ke Automatic. Jika tidak, maka gunakan menu dropdown untuk mengubahnya ke Automatic.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.




5. Instal Update Windows Secara Manual

Jika semua saran yang telah diberikan belum berhasil memperbaiki error 0x80090017 Windows Update, maka pertimbangkan untuk menginstall update Windows secara manual. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa cara ini dapat membantu memperbaiki masalah ini pada sebagian besar kasus. Anda dapat mendownload update Windows tersebut melalui Microsoft Update Catalog.



6. Lakukan System Restore

Jika error masih terjadi saat menginstall update Windows secara manual, maka anda dapat mencoba melakukan System Restore untuk Windows anda sebagai solusi terakhir. Dengan melakukan system restore, lingkungan Windows akan diperbaiki dengan menginstall ulang file dan pengaturan yang telah disimpan pada restore point yang telah anda buat sebelumnya. Perlu diingat bahwa anda hanya dapat melakukan system restore jika anda telah membuat system restore point sebelum masalah ini terjadi.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80090017 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80090017 Windows Update di Windows 10/11"