Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Texture atau Map Tidak Dimuat di Call of Duty

 


Jika anda mengalami masalah dimana texture atau map tidak dimuat di game Call of Duty: Black Ops Cold War, Modern Warfare, Vanguard atau Warzone pada PC game Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini bertujuan untuk membantu anda menyelesaikan masalah tersebut dengan memberikan solusi yang dapat anda terapkan pada system anda agar berhasil.


Masalah ini menunjukkan adanya masalah terkait graphics yang dapat disebabkan oleh kurangnya resource memory atau kehilangan data pada akhirnya menghalangi graphics dalam game untuk memuat konten dengan benar. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa anda mengalami masalah ini pada PC gaming anda.

  • Driver graphics yang out of date.
  • File game rusak.
  • Pengaturan graphics yang salah sedang digunakan.
  • Masalah file cache game.
  • GPU dedicated tidak digunakan.
  • GPU di overclock.
  • Aplikasi yang berjalan di background bertentangan dengan game.



Memperbaiki Texture atau Map Tidak Dimuat di Call of Duty


Jika anda mengalami masalah pada tekstur game, seperti texture yang berkedip-kedip, objek yang memerlukan waktu lama untuk dirender dan sebagainya atau secara umum jika game Call of Duty: Black Ops Cold War, Modern Warfare, Vanguard atau Warzone tidak dapat dimainkan pada PC gaming Windows 10 atau Windows 11 anda karena texture atau map tidak memuat atau terganggu, saran berikut dapat membantu anda menyelesaikan masalah ini tanpa urutan tertentu.


Mari kita tinjau dengan singkat saran-saran berikut. Sebelum melanjutkan, pastikan bahwa Windows anda telah diupdate, kemudian coba jalankan game Call of Duty yang mengalami masalah dengan hak akses admin dan periksa apakah hal itu dapat memperbaiki masalah anda. Terkadang, melakukan reboot cepat juga dapat memperbaiki situasi anda.



1. Beralih ke GPU Dedicated (jika ada)


Game modern membutuhkan graphics-intensive dan memakan banyak resource GPU. Jika anda memiliki lebih dari satu GPU, baik integrated maupun dedicated, game tersebut mungkin berjalan pada GPU integrated. Dalam situasi ini, anda dapat menonaktifkan GPU integrated melalui Device Manager atau BIOS agar system beralih ke GPU dedicated. Alternatifnya, tergantung pada produsen hardware anda, anda dapat secara manual memilih untuk menggunakan GPU dedicated. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Untuk NVIDIA:

  • Di jendela NVidia Control Panel, perluas 3D Settings dan pilih Manage 3D Settings di panel kiri.
  • Selanjutnya pilih tab Program Settings di panel kanan.
  • Kemudian pilih game COD menggunakan menu dropdown Select a program to customise.
  • Selanjutnya, ubah Preferred graphics processor for this program ke High-performance NVIDIA processor.
  • Kemudian klik Apply untuk menyimpan pengaturan anda.



Untuk AMD:

  • Buka AMD Radeon Settings di system anda.
  • Di jendela AMD Radeon Settings, navigasikan ke Preferences - Additional Settings - Power - Switchable Graphics Application Settings.
  • Setelah itu, pilih game COD yang terpengaruh dari daftar aplikasi.
  • Jika game tidak ada dalam daftar, klik Add Application dan pilih file game exe dari direktori instalasinya. Kemudian, pilih itu.
  • Selanjutnya di bagian Graphics Settings, tetapkan High-Performance untuk game Call of Duty game.



Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah ini, game anda sekarang harus dijalankan dengan GPU AMD atau NVIDIA dedicated sesuai kasusnya. Anda sekarang dapat meluncurkan game untuk melihat apakah texture atau map sudah dimuat atau masalah gangguan tetap ada. Jika demikian, lanjutkan dengan solusi berikutnya.



2. Ubah Pengaturan Graphics dalam Game


Solusi ini mengharuskan anda mengubah graphics dan pengaturan dalam game untuk game COD. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Luncurkan game anda dan masuk ke menu Settings utamanya.
  • Setelah anda berhasil membuka Settings game anda, pilih Graphics di panel kiri dan alihkan ke tab Quality di panel tengah.
  • Anda akan melihat opsi On-Demand Texture Streaming di bagian Details & Textures.
  • Cukup nonaktifkan fitur tersebut ke Off.


  • Selanjutnya, dibawah bagian Shadow Options, nonaktifkan opsi Cache Sun Shadow Maps dan Cache Spot Shadow Maps ke Off.


  • Setelah itu, simpan perubahan anda dan keluar.


Selain itu, jika anda menjalankan GPU lama, maka berikut adalah pengaturan texture yang harus anda gunakan saat bermain Call of Duty.

  • Streaming Quality: Low
  • Texture Resolution: Low
  • Texture Filter Anisotropic: Low
  • Particle Quality: Low
  • Bullet impacts and sprays: Disabled
  • Tessellation: Disabled



3. Hapus Multiplayer Pack 3 dan/atau Uninstall Compatibility Data Pack


Beberapa pengguna mengatakan bahwa masalah ini kemungkinan besar akan dihadapi oleh gamer PC yang menginstall Multiplayer Pack 3 untuk Modern Warfare di komputer gaming mereka. Dalam hal ini, menghapus pack lama ini dari game anda dapat membuat map berfungsi kembali dengan normal. Ini tidak akan berdampak negatif pada performa game anda.



Beberapa gamer juga menyebutkan bahwa mereka harus menghapus pack tambahan agar game mode tertentu berfungsi di COD MW. Jadi, Jika setelah menghapus Multiplayer Pack 3, masalah tetap ada, maka anda dapat mencoba menghapus MP2 Pack bersama dengan Compatibility Data Packs 1 dan 2. Perlu diingat bahwa anda harus menghapus MP2 Pack dan bukan Multiplayer 2 Pack dari game. Jika anda menghapus pack yang salah dari game, maka anda harus menginstall ulang pack tersebut. Jadi, periksa kembali nama pack sebelum menghapusnya dari game anda. Setelah selesai luncurkan game dan lihat apakah masalah teratasi. Jika tidak, lanjutkan dengan perbaikan berikutnya.



4. Update Driver Graphics


Sebagian besar masalah terkait graphics yang mungkin anda temui saat bermain game umumnya dikaitkan dengan driver graphics yang out of date karena GPU atau graphics card anda memiliki pengaruh paling besar pada pengalaman bermain game anda. Jadi, anda dapat memastikan driver graphics anda diupdate di komputer gaming anda. Anda dapat menggunakan salah satu opsi berikut ini untuk mengupdate driver graphics.

  • Di Windows Update, anda juga mendapatkan update untuk driver di bagian Optional Updates. Jadi, periksa itu dan jika tersedia, maka silahkan install.




5. Hapus File Cache Game


File cache yang out of date atau rusak juga dapa menjadi penyebab masalah ini. Untuk mengesampingkan kemungkinan ini, anda dapat mencoba menghapus file cache game untuk melihat apakah ini memperbaiki masalah anda. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di Task Manager, klik kanan pada aplikasi Blizzard Battle.net dan semua proses Blizzard Battle.net dan Blizzard Update Agent dan pilih End task.
  • Selanjutnya, tekan tombol Win + R, kemudian masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
%Data program%
  • Di lokasi, hapus folder Battle.net dan Blizzard Entertainment. Ini tidak akan mempengaruhi data game anda.

Sekarang, luncurkan kembali game COD anda dan lihat apakah masalahnya teratasi. Jika tidak, lanjutkan dengan perbaikan berikutnya.


6. Perbaiki File Game yang Rusak

Jika file game COD anda mengalami kerusakan, kemungkinan besar anda akan mengalami beberapa masalah, termasuk masalah dalam hal rendering. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat memverifikasi integritas file game anda untuk memperbaiki file yang rusak atau cacat.



7. Install Ulang Game COD yang Bermasalah

Sampai pada titik ini, jika masalah berlanjut, maka anda perlu menghapus sepenuhnya game dari system anda dan melakukan instalasi ulang. Ketika menginstall pack game untuk COD, pastikan tidak ada duplikat sebelum meluncurkan game dan periksa apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, lanjutkan ke solusi berikutnya.


8. Hentikan overclocking GPU Anda (jika ada)

Overclocking PC memiliki banyak manfaat yang dapat meningkatkan performa/kinerja system. Pengaturan pabrik pada GPU, RAM dan CPU dikonfigurasi ulang sehingga mengalami kecepatan lebih daripada pengaturan default. Namun, terkadang overclocking hardware tertentu, seperti GPU dapat menyebabkan masalah. Jika anda mengalami masalah dengan GPU yang telah di-overclock, maka solusinya adalah dengan menghentikan overclocking GPU atau mengurangi kecepatannya melalui underclocking. Hal ini dapat membantu mengoptimalkan performa GPU untuk keperluan bermain game atau tugas lainnya. Jika ini tidak memecahkan masalah, maka lanjutkan ke solusi berikutnya.


9. Hubungi Dukungan Activision

Jika pada titik ini, bahkan setelah anda kehabisan solusi yang ditawarkan dalam artikel ini, masalah tetap ada, kemungkinan masalahnya bisa terkait dengan server game atau hal lain. Dalam hal ini, anda dapat menghubungi Dukungan Activision dan melihat bantuan tambahan apa yang dapat mereka berikan, termasuk informasi tentang kemungkinan server game yang sedang dalam pemeliharaan.


Semoga berhasil!
Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki texture atau map tidak dimuat di Call of Duty pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Texture atau Map Tidak Dimuat di Call of Duty"