Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Something didn’t go as planned, No need to worry, Undoing changes

 


Saat anda mengupdate Windows anda, anda mungkin mengalami masalah Something didn’t go as planned, No need to worry – Undoing changes. Beberapa pengguna mengalami masalah ini saat mereka menginstall Cumulative Update pada Windows 10 atau Windows 11 mereka. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan PC anda tidak dapat menginstall update Windows dan disini saya akan membahas beberapa penyebab umum beserta solusi yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki masalah ini.




Memperbaiki Something didn’t go as planned, No need to worry, Undoing changes


Untuk memperbaiki error Something didn’t go as planned, No need to worry - Undoing changes di Windows 10 atau Windows 11, ikuti beberapa solusi berikut ini.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah menggunakan Windows Update Troubleshooter. Troubleshooter ini dapat menyelesaikan berbagai masalah umum terkait dengan update Windows, termasuk masalah yang anda alami saat ini. Anda dapat menggunakan tool ini untuk mencari solusi dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada system Windows anda. Untuk menjalankannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I atau klik Start menu dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I atau anda dapat membukanya dari Start menu.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




2. Hapus Konten dari Folder SoftwareDistribution


Windows menyimpan semua file sementara terkait Windows Update di folder SoftwareDistribution. Namun, terkadang konten pada folder tersebut dapat menyebabkan masalah pada system. Oleh karena itu, disarankan untuk menghapus konten pada folder SoftwareDistribution. Dengan menghapus konten pada folder tersebut, anda dapat membersihkan file sementara yang mungkin menyebabkan masalah dan memastikan bahwa update Windows dapat diinstall dengan sukses.




3. Reset Folder Catroot


Sama halnya seperti folder SoftwareDistribution, folder Catroot adalah folder system operasi Windows yang diperlukan untuk proses Windows Update. Folder ini menyimpan signature dari Windows Update package dan membantu proses instalasi. Jika file-file ini rusak, maka itu dapat menyebabkan kegagalan dalam proses update. Untuk itu, anda perlu mereset folder Catroot dan kemudian mengulang proses update.




4. Hapus File pending.xml


File pending.xml biasanya dapat ditemukan di folder C:\Windows\WinSxS pada sistem Windows. Anda mungkin menemukan banyak file dengan nama yang berbeda dan kode yang terkait dengan file ini. Namun, perlu dicatat bahwa anda mungkin tidak menemukan file ini di komputer anda, terutama jika anda menggunakan versi Windows yang bukan Windows Server.


Untuk menghapus file pending.xml, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Ren c:\windows\winsxs\pending.xml pending.old

Perintah diatas akan mengganti nama file pending.xml menjadi pending.old. Dan anda sekarang dapat mencoba menginstall kembali update Windows.


5. Hapus Antrian BITS

Background Intelligent Transfer Service (BITS) merupakan fitur yang bertanggung jawab untuk membantu system dan aplikasi selama mendownload dan mengupload foreground atau background antara perangkat dan server.

Untuk menghapus antrian BITS, anda dapat menjalankan perintah berikut ini di jendela Command Prompt dengan hak administrator.
bitsadmin.exe /reset /allusers


Anda juga dapat melakukan perbaikan pada Background Intelligent Transfer Service (BITS) jika diperlukan.


6. Install Update di Clean Boot

Beberapa proses pihak ketiga yang berjalan pada system dapat mengganggu proses update Windows dan menyebabkan masalah. Jika anda mengalami masalah seperti ini, anda dapat mencoba melakukan Clean Boot di Windows anda dan kemudian mencoba mengupdate Windows dari sana. Dengan melakukan Clean Boot, anda akan menghentikan semua proses pihak ketiga yang berjalan pada system dan hanya menjalankan proses penting. Ini dapat membantu mengidentifikasi apakah proses pihak ketiga menyebabkan masalah dengan update Windows.



7. Download Update Package dari Microsoft Update Catalog

Jika semua solusi sebelumnya tidak berhasil untuk anda, maka anda dapat mencoba mengupdate Windows secara manual. Microsoft memiliki website resmi yang bernama Microsoft Update Catalog, dimana anda dapat mendownload update package terbaru dan menginstallnya secara manual di PC anda. Dengan cara ini, anda dapat memastikan bahwa update terbaru diinstall dengan benar tanpa mengalami masalah yang mungkin terjadi pada proses update otomatis.



Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Something didn’t go as planned, No need to worry, Undoing changes di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Something didn’t go as planned, No need to worry, Undoing changes"