Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Runtime Error, Failed to locate Framework DLL di Windows 10/11

 


Saat anda mencoba menginstall software server seperti ServerPress Localhost maupun software lainnya pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda munkin mengalami error. Jika proses instalasi gagal dengan pesan error yang mengatakan Failed to locate Framework DLL, maka artikel ini dapat membantu anda menyelesaikan masalah ini.


Pesan error lengkapnya akan terlihat seperti berikut ini.

Runtime Error

Failed to locate Framework DLL



Selain terjadi saat anda menginstall software, error ini juga dapat terjadi saat anda menjalankan aplikasi atau terjadi setelah anda mengupgrade system operasi Windows anda. Penyebab utama dari error ini adalah framework DLL belum selesai disalin atau rusak atau hilang. Selain itu, file system yang rusak, masalah dengan program, infeksi virus atau malware juga dapat menyebabkan error ini. Jadi, jika anda mengalami masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya berikan berikut ini untuk memperbaikinya.



Memperbaiki Runtime Error: Failed to locate Framework DLL di Windows 10/11


Jika saat anda mendapatkan error Failed to locate Framework DLL di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba menerapkan beberapa metode perbaikan berikut ini tanpa urutan tertentu untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Jalankan Scan SFC


Seperti yang sudah di jelaskan diatas, error ini dapat terjadi karena file system yang hilang atau rusak. Oleh karena itu, anda dapat menjalankan System File Checker (SFC) untuk menscan file system anda dan kemudian memulihkan file yang hilang atau memperbaiki file yang rusak jika memungkinkan. Setelah anda menjalankannya, restart komputer anda dan periksa, apakah itu memperbaiki error atau tidak.




2. Download Ulang Installer Software


Untuk menghindari kemungkinan bahwa file installer software yang didownload telah rusak atau mungkin terinfeksi malware, anda dapat memverifikasi file download tidak rusak. Atau anda dapat mendownload ulang installer dari software tersebut. Pastikan anda mendownload installer software dari website resmi pengembang software atau dari website download yang terpercaya dan dikenal. Selain itu, sebelum menjalankan installer di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda memeriksa apakah file tersebut berbahaya atau tidak dan pastikan untuk menscan file untuk infeksi virus atau malware. Jika setelah melakukan langkah ini, masih muncul pesan error Failed to locate Framework DLL, lanjutkan dengan perbaikan berikutnya.




3. Install Visual C++ Redistributable Terbaru


Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu menginstall Visual C++ Redistributable terbaru di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Pastikan juga bahwa Windows telah diupdate ke build/versi terbaru dan periksa apakah ada Optional Update yang relevan. Misalnya, Optional Update untuk driver graphics tidak akan membantu menyelesaikan masalah ini, tetapi Optional Update untuk .NET Framework mungkin akan membantu. Dengan melakukan hal ini, anda akan dapat memastikan bahwa semua komponen system yang diperlukan telah diinstall dengan benar dan dapat berfungsi dengan baik.


Anda perlu menguninstall program Microsoft Visual C++ Redistributable secara komplit dari system anda. Anda dapat menggunakan bantuan dari software uninstaller untuk melakukan tugas ini. Kemudian download Microsoft Visual C++ Redistributable Package dari website Microsoft atau dari sini. Download sesuai dengan arsitektur system anda (32-bit atau 64-bit). Setelah itu install di komputer anda. Ini harus memperbaiki masalah ini.




4. Copy File DLL ke Direktori yang Sama dengan Aplikasi Executable


Solusi ini ditujukan bagi pengguna software developer yang menghadapi masalah program yang mengalami error ini. Microsoft telah mengeluarkan dokumentasi yang menjelaskan bahwa agar program anda dapat berjalan dengan baik di semua versi Windows yang didukung, anda harus menyalin semua file DLL yang diperlukan ke direktori yang sama dengan aplikasi anda yang dapat dijalankan. Perlu diingat bahwa setiap versi Windows memerlukan kumpulan DLL yang berbeda, sehingga anda harus menyertakan semua DLL yang dibutuhkan agar program dapat berjalan dengan baik.



5. Pastikan Bit Aplikasi Sama dengan Bit File Runtime


Untuk memperbaiki error Failed to locate Framework DLL ini, anda perlu memastikan bahwa aplikasi dan file Runtime memiliki bitness yang sesuai. Jika aplikasi anda berjalan pada system 32-bit, maka anda harus menggunakan file runtime 32-bit bahkan jika system operasi Windows yang anda gunakan adalah 64-bit.



6. Perbaikan Umum untuk Error Runtime dan Instalasi Program


Jika saat ini anda tidak dapat menyelesaikan masalah karena Runtime error, ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, anda dapat mengikuti artikel saya tentang Penyebab Runtime Error dan Cara Memperbaikinya untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan mengikuti panduan di artikel tersebut, anda mungkin dapat menyelesaikan masalah dan membuat aplikasi berjalan dengan baik.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Runtime Error, Failed to locate Framework DLL di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Memperbaiki Runtime Error, Failed to locate Framework DLL di Windows 10/11"