Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Network Adapter Crash atau Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 


Salah satu masalah terburuk yang dapat dialami oleh seorang profesional adalah ketika Network Adapter mengalami crash atau tidak berfungsi. Ini dapat menghambat produktivitas pengguna karena mereka tidak dapat terhubung ke jaringan internet. Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa solusi yang dapat diambil jika Network Adapter terus crash atau tidak berfungsi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Terdapat banyak alasan mengapa Network Adapter bisa crash atau tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11. Beberapa penyebab umum dari masalah Network Adapter ini adalah karena infeksi virus atau malware dan juga karena driver yang out of date atau rusak.




Memperbaiki Network Adapter Crash atau Tidak Berfungsi


Anda dapat mencoba beberapa solusi sederhana untuk memperbaiki masalah ini. Jika Network Adapter anda mengalami masalah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.



1. Jalankan Network Adapter Troubleshooter


Ada beberapa troubleshooter untuk perbaikan Network. Salah satunya adalah Network Adapter Troubleshooter.  Troubleshooter ini adalah utilitas bawaan yang secara otomatis mendiagnosis masalah dan mengatasi masalah umum yang terkait dengan network/jaringan. Troubleshooter ini akan memeriksa pengaturan network yang salah dan konflik dengan perangkat lain di network. Jika utilitas ini menemukan masalah dengan Network Adapter, maka akan dilakukan perbaikan secara otomatis.


Anda dapat menjalankan Network Adapter Troubleshooter melalui Command Prompt atau mengikuti langkah-langkah yang di jelaskan dibawah ini untuk melakukan hal yang sama melalui Settings Windows.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Network Adapter dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan ikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Biarkan troubleshooter meyelesaikan pekerjaannya untuk memperbaiki masalah.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Setelah itu, temukan Network Adapter di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, ikuti petunjunk yang ditampilakan.
  • Biarkan troubleshooter berjalan hingga selesai.



Mudah-mudahan, masalah crash pada network adapter akan teratasi setelah menjalankan Network Adapter  Troubleshooter.



2. Aktifkan Kembali Network Adapter


Network Adapter dapat mengalami masalah sementara karena beberapa gangguan. Gangguan ini bisa diatasi dengan mudah dengan merestart Network Adapter di komputer anda. Dengan melakukan hal ini, semua service terkait akan mengosongkan cache yang disimpan dan membangun kembali koneksi network. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan tekan M atau pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network adapters.
  • Kemudian, klik kanan pada driver network anda dan pilih opsi Disable device.
  • Selanjutnya, tunggu beberapa saat, kemudian klik kanan kembali pada driver network anda dan pilih Enable device.



Menonaktifkan dan mengaktifkan kembali network adapter akan menyelesaikan masalah anda.



3. Update Driver Network


Salah satu alasan paling umum mengapa network adapter crash adalah karena driver jnetwork yang out of date atau rusak. Jika driver tidak diupdate, maka komunikasi antara system dan hardware network adapter akan terhambat dan akan menyebabkan kegagalan fungsi dan masalah yang terjadi. Dalam situasi seperti ini, disarankan untuk mengupdate driver network adapter anda.


Untuk melakukannya, ikuti salah satu metode berikut ini.

  • Anda dapat mengupdate driver melalui Windows Update di jendela Settings Windows.
  • Update driver anda secara otomatis menggunakan software update driver gratis apapun untuk PC Windows 10 atau Windows 11 anda.




4. Reset Pengaturan Network


Beberapa pengaturan network yang tidak kompatibel seringkali menjadi penyebab network adapter crash. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mudah dengan mengembalikan konfigurasi ke mode default. Untuk melakukannya, kita bisa mereset network untuk menghapus semua pengaturan yang disesuaikan, profil network dan driver yang mungkin mengganggu fungsi driver dengan benar. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk Windows 10 atau di artikel ini untuk Windows 11. Mudah-mudahan ini akan melakukan trik untuk anda.




5. Reset Windows


Jika solusi yang telah disebutkan diatas tidak berhasil mengatasi masalah Network Adapter, maka anda dapat mencoba melakukan reset pada PC anda. Pastikan untuk menyimpan file dan data sebelum melakukannya.




Semoga dengan solusi-solusi yang telah dijelaskan dalam artikel ini dapat membantu anda mengatasi masalah pada Network Adapter anda. Jika anda mengalami masalah WiFi Adapter tidak berfungsi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan solusi di artikel ini.


Jika router atau perangkat network anda mengalami beberapa masalah, jaringan internet anda mungkin akan terus terputus. Dalam situasi seperti ini, anda perlu memeriksa apakah perangkat anda adalah satu-satunya yang mengalami masalah atau tidak, dan jika iya, maka coba gunakan troubleshooter untuk mengatasinya. Namun, jika semua perangkat mengalami masalah saat terhubung ke jaringan, maka restart router anda dan pastikan tidak ada perangkat yang menghalangi jaringan, seperti perangkat yang terlalu dekat dengan router anda.


Semoga ini membantu anda!

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Network Adapter crash atau tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Memperbaiki Network Adapter Crash atau Tidak Berfungsi di Windows 10/11"