Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error An error occurred while trying to copy a file, The source file is corrupted

 


Beberapa pengguna Windows mengalami error saat mencoba mengcopy file dengan pesan error An error occurred while trying to copy a file. Masalah ini dapat disebabkan karena ruang drive tempat file akan dipaste tidak mencukupi atau terdapat masalah dengan file host. Dalam artikel ini, saya akan membahas masalah tini dan solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya.


Pesan error lengkapnya seperti berikut ini.

C:\Program Files (x86)\path_aplication

An error occurred while trying to copy a file: The source file is corrupted.

Click Retry to try again, Ignore to skip this file (not recommended), or Abort to cancel installation.



Arti Error Copying File atau Folder

Saat anda menginstall sebuah aplikasi, beberapa file akan disimpan di lokasi default atau kustom. Namun, jika terjadi masalah dalam proses instalasi seperti system operasi yang gagal memetakan IP ke host atau file disk yang rusak, maka proses penyalinan akan gagal total. Untuk mengatasi masalah ini, terdapat beberapa solusi sederhana yang bisa dilakukan dan akan dijelaskan selanjutnya.



Memperbaiki Error An error occurred while trying to copy a file, The source file is corrupted


Saat menginstall atau mengupdate aplikasi, komputer akan menyalin banyak file dari sumber ke tujuan. Namun, jika komputer tidak dapat memetakan alamat aplikasi yang sedang diupdate atau diinstall karena file host atau disk yang rusak, maka pesan error ini dapat muncul. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang perlu diikuti.



1. Download Ulang File


Jika pesan error mengatakan bahwa The source file may be corrupted (file sumber mungkin rusak), maka disarankan untuk mendownload ulang file sumber atau file setup ke lokasi yang berbeda dan kemudian anda dapat mencoba kembali melakukan operasi yang sama.



2. Periksa Apakah Disk Memiliki Cukup Ruang


Sebelum anda memulai menyelesaikan masalah dengan metode yang lebih mendalam, penting untuk memeriksa apakah disk tempat anda ingin menyimpan file memiliki cukup ruang atau tidak. Ini berlaku tidak hanya untuk mengcopy file, tetapi juga saat anda mengalami errir saat menginstall aplikasi. Untuk melakukan hal ini, anda dapat membuka File Explorer dan memeriksa ruang penyimpanan yang tersedia. Jika ruang penyimpanan penuh, maka ada beberapa solusi yang dapat dilakukan, seperti mengubah lokasi instalasi atau membersihkan dan membuat ruang pada drive. Anda dapat menggunakan Cleanup Recommendations di Windows 11 untuk membersihkan ruang disk anda.




3. Nonaktifkan Sementara Antivirus dan Firewall


Program antivirus dan firewall yang diinstall di komputer anda dapat bertanggung jawab atas masalah download file sumber yang tidak lengkap. Beberapa kali, masalah ini dapat terjadi karena perlindungan keamanan yang terlalu ketat sehingga file yang dicopy oleh media instalasi dianggap berbahaya oleh program tersebut. Jika anda menghadapi masalah ini, satu solusi yang dapat dilakukan adalah menonaktifkan sementara program antivirus dan/atau firewall pihak ketiga dan mencoba menyelesaikan masalah. Namun, pastikan untuk mengaktifkan program keamanan tersebut kembali setelah anda selesai menginstall aplikasi yang diinginkan untuk memastikan keamanan komputer anda.



4. Periksa Koneksi


Terkadang, proses penginstalan program dari perangkat penyimpanan eksternal dapat terganggu karena berbagai alasan. Jika ini terjadi, komputer mungkin tidak dapat menemukan file atau ketergantungan yang diperlukan untuk instalasi dan dapat menghasilkan pesan error yang mengindikasikan program tersebut rusak. Untuk menghindari hal ini, pastikan bahwa kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan eksternal dengan komputer anda terpasang dengan baik dan tidak longgar atau terpuntir. Dengan memastikan kabel terpasang dengan baik, anda dapat membantu meminimalkan risiko masalah selama proses instalasi.



5. Jalankan CHKDSK


Untuk memperbaiki file disk yang rusak atau korup, anda dapat menjalankan utilitas Check Disk. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk melakukan hal ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. C merupakan drive system.
ChkDsk /r /x C:
  • Kemudian ketik Y untuk melanjutkan.


  • Anda kemudian akan diminta untuk merestart komputer anda untuk melakukan proses pemeriksaan dan perbaikan error pada disk jika ditemukan.



Jika anda mengalami masalah ini saat mencoba mendownload file di drive lain, maka ubah drive letter-nya (C:) dengan drive milik anda.

Mudah-mudahan, setelah menjalankan check disk, masalah anda teratasi.


6. Reset File Hosts

File Hosts digunakan untuk tujuan pengujian. Anda dapat menggunakannya untuk memblokir bebsite tertentu dan lainnya. Saat menginstall aplikasi, system operasi kita perlu memetakan IP address dan domain yang terkait. Tugas ini dilakukan dengan menggunakan file Host yang terdapat di setiap komputer kita. Jika terjadi kesalahan konfigurasi pada file Host, maka proses pemetaan akan gagal dan mengakibatkan anda kesulitan dalam menginstall aplikasi. Dalam situasi seperti ini, kita perlu mereset file Host ke pengaturan default agar proses pemetaan dapat dilakukan dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mereset file Host ke pengaturan default.
  • Buka Notepad anda dengan menjalankannya sebagai administrator.
  • Kemudian klik File dan pilih Open.
  • Kemudian buka C:\Windows\System32\drivers\etc.
  • Di lokasi, pilih hosts dan klik Open.


  • Kemudian, hapus semua konten yang ada di file Host.
  • Selanjutnya, masukan teks berikut dibawah ini dan simpan file tersebut.
127.0.0.1 localhost
  • Terakhir, restart komputer anda dan coba install ulang software anda.

Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini pada metode ke-5 untuk mereset File Hosts.

Dengan cara ini, anda dapat dengan mudah memperbaiki masalah pemetaan yang terkait dengan file Host yang salah konfigurasi. Dengan mengganti file Host yang bermasalah dengan file Host default, anda dapat memastikan bahwa system operasi dapat memetakan IP dan domain yang benar saat menginstall aplikasi.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error An error occurred while trying to copy a file, The source file is corrupted di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error An error occurred while trying to copy a file, The source file is corrupted"