Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Code 50058 di OneDrive, Microsoft Teams dan Lainnya

 


Pada artikel ini, saya akan membahas beberapa solusi untuk memperbaiki error code 50058. Error code ini terjadi ketika ada yang salah dengan detail sign-in anda di platform Office 365, terutama dengan layanan Teams, OneDrive, Outlook dan juga layanan lainnya. Error ini sangat mengganggu karena pengguna tidak dapat sign-in ke layanan mereka dan folder tidak dapat disinkronkan hingga masalah teratasi. Beberapa solusi yang di tawarkan di artikel ini mencakup berbagai solusi untuk memperbaiki error code 50058 di Teams, OneDrive, Outlook dan lainnya. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka mendapatkan pesan error sign-in ini saat mereka meninggalkan kantor dan mencoba login ke layanan Microsoft menggunakan komputer rumah mereka .



Error code 50058 ini dapat terjadi di berbagai aplikasi layanan Microsoft dan menyebabkan pengguna tidak dapat login ke akun pribadi atau akun organisasi mereka. Beberapa penyebab umum dari error code 50058 diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Single Sign-On (SSO) rusak atau tidak valid. Jika anda mengakses akun menggunakan SSO, mungkin ada masalah yang dapat memicu error code 50058.
  • ID pengguna anda salah. Ada kemungkinan anda menggunakan ID yang berbeda untuk menandatanganinya. Anda mungkin memiliki kredensial akun lain untuk berbagai aplikasi Microsoft.
  • Anda memasukkan password yang out of date. Jika akun anda memiliki batas waktu, anda mungkin kehilangan aksesnya setelah jangka waktu tertentu.
  • Anda menggunakan profil yang rusak. Jika anda biasa mengakses akun menggunakan kredensial organisasi, maka kemungkinan profil Windows anda rusak sehingga tidak dapat masuk ke aplikasi MS ini.


Setelah melihat apa yang menyebabkan error code 50058, alangkah baiknya untuk melihat cara memperbaiki masalah ini.



Memperbaiki Error Code 50058 di OneDrive, Microsoft Teams dan Lainnya


Memperbaiki error code 50058 di aplikasi dan layanan Office 365 mudah dilakukan dengan solusi langsung yang akan saya bahas dibawah ini.



1. Reset Password


Karena error code 50058 ini terkait dengan masalah password akun, maka solusi pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mereset password anda. Pengguna dapat melakukan ini sendiri jika anda adalah pemilik akun. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk mereset password anda.



Jika anda merupakan bagian dari sebuah organisasi atau memiliki akun yang dikelola oleh administrator, maka anda dapat menghubungi administrator anda untuk membantu mereset password atau mengeluarkan password yang baru.



2. Sign out dari Semua Aplikasi SSO


Jika anda menggunakan tool SSO (Single Sign-On), saya merekomendasikan untuk sign out dan kemudian sign in kembali ke aplikasi tersebut. Terkadang, masalah tersebut dapat dipicu oleh aplikasi itu sendiri, sehingga dengan memutuskan dan menghubungkan kembali, itu dapat memperbaiki error code tersebut. Hal yang wajar jika beberapa aplikasi mengalami gangguan sementara. Aplikasi SSO tersebut termasuk Azure Active Directory (Azure AD).



3. Coba Hapus Kredensial Anda di PC


Salah satu solusi untuk mengatasi error code 50058 adalah dengan menghapus kredensial yang tersimpan di PC anda. Namun, solusi ini hanya berlaku jika masalah tidak terjadi saat anda mengakses aplikasi melalui web. Untuk menghapus semua kredensial yang tersimpan di PC anda, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, klik User Accounts dan kemudian klik Credential Manager atau Manage your credentials.
  • Anda akan melihat dua opsi yaitu Web Credentials dan Windows Credentials.
  • Pilih satu per satu, kemudian klik panah drop-down di samping aplikasi Microsoft dan klik Remove untuk menghapus kredensial yang disimpan.


  • Setelah itu, buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Accounts dan kemudian pilih Email & accounts.
  • Sekarang, periksa apakah akun yang anda hapus dengan kredensialnya masih ada. Jika demikian, logout dimana saja.




4. Coba Gunakan Profil Pengguna Baru


Jika anda mengalami beberapa masalah dengan akun anda, maka anda dapat mencoba untuk membuat profil Windows baru. Ini dapat membantu anda memahami dimana letak masalahnya. Profil baru akan memiliki kredensial dan cache yang bersih, yang dapat membantu anda mengakses aplikasi Office tanpa mendapatkan error code 50058.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 50058 di OneDrive, Microsoft Teams dan lainnya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Code 50058 di OneDrive, Microsoft Teams dan Lainnya"