Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Event ID 8193, Volume Shadow Copy Service error di Windows 10/11

 


Volume Shadow Copy Service (VSS) memfasilitasi percakapan antar komponen server. Ini juga mengoordinasikan tindakan yang diperlukan untuk membuat shadow copies atau snapshot data yang konsisten untuk dibackup. Namun baru-baru ini, beberapa pengguna mengeluh tentang error Event ID 8193, Volume Shadow Copy Service error pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 mereka. Pesan error lengkap akan terlihat seperti berikut ini.


Volume Shadow Copy Service error: Unexpected error calling routine CoCreateInstance.  hr = 0x8007045b, A system shutdown is in progress.

Log Name: Aplication

Source: VSS

Event ID: 8193

Level: Error



Error VSS biasanya terjadi saat pengguna me-restart Cryptographic services setelah menginstall Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) di perangkat. Saat ini terjadi, akun network service dinonaktifkan dan menginisialisasi system writer di bawah akun network service. Alasan lain yang mungkin menyebabkan terjadinya error ini adalah sebagai berikut:

  • Ruang disk tidak cukup.
  • Komponen VSS rusak atau hilang.
  • Gangguan dari aplikasi dan service lain yang menggunakan VSS.


Jika anda mengalami masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini memiliki solusi terbaik untuk memperbaiki error Event ID 8193, Volume Shadow Copy Service Error.



Memperbaiki Event ID 8193, Volume Shadow Copy Service Error


Untuk memulai memperbaiki error Event ID 8193, Volume Shadow Copy Service error ini adalah dengan merestart komputer anda. Anda juga perlu memeriksa apakah komputer anda memiliki cukup ruang disk pada volume tempat shadow copy dibuat. Namun, jika itu tidak membantu atau ruang disk anda masih memiliki cukup ruang, maka ikuti metode perbaikan berikut ini untuk memperbaiki masalah ini.



1. Jalankan SFC dan DISM  untuk Memeriksa Komponen VSS yang Rusak atau Hilang


Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, error Event ID 8193 dapat terjadi karena komponen VSS rusak atau system image yang rusak. Untuk memperbaiki masalah ini, anda dapat menjalankan scan SFC (System File Checker) dan DISM (Deployment Image Servicing and Management) untuk memeriksa dan memperbaiki file system yang rusak. Berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk menscan dan memperbaiki file system yang rusak.
sfc/scannow
  • Tunggu hingga proses scan selesai. Ini bisa memakan waktu beberapa menit tergantung pada kecepatan komputer anda.
  • Setelah selesai, masukan perintah berikut ini satu persatu sambil menekan Enter untuk memeriksa dan memperbaiki system image yang rusak.
DISM /Online /Cleanup-Image /CheckHealth
DISM /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
  • Tunggu hingga proses ini selesai. Ini juga bisa memakan waktu beberapa menit.
  • Setelah itu, restart komputer anda dan periksa apakah error Volume Shadow Copy Service telah diperbaiki.



2. Berikan Permission ke Akun Network Service

Error Event ID 8193, Volume Shadow Copy Service error juga dapat terjadi jika akun Network Service tidak memiliki permission/izin yang sesuai di Registry Editor. Untuk memperbaikinya, berikan semua permission ke tombol Diag. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.


Melalui Registry Editor:
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\VSS\Diag
  • Di lokasi, klik kanan pada key Diag di panel kanan dan pilih Permissions.
  • Di jendela Permissions for Diag, pilih Network Service pada kotak Group or user names.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada Full Control untuk Allow dibawah bagian Permissions for Network Service.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, tutup jendela Registry Editor dan restart komputer anda.


Melalui Powershell:
  • Buka Windows PowerShell dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell.
  • Kemudian, masukan perintah berikut satu persatu sambil menekan Enter.
$path = 'HKLM:\System\CurrentControlSet\Services\VSS\Diag\'

$sddl = 'D:PAI(A;;KA;;;BA)(A;;KA;;;SY)(A;;CCDCLCSWRPSDRC;;;BO)(A;;CCDCLCSWRPSDRC;;;LS)(A;;CCDCLCSWRPSDRC;;;NS)(A;CIIO;RC;;;OW)(A;;KR;;;BU)(A;CIIO;GR;;;BU)(A;CIIO;GA;;;BA)(A;CIIO;GA;;;BO)(A;CIIO;GA;;;LS)(A;CIIO;GA;;;NS)(A;CIIO;GA;;;SY)(A;CI;CCDCLCSW;;;S-1-5-80-3273805168-4048181553-3172130058-210131473-390205191)(A;ID;KR;;;AC)(A;CIIOID;GR;;;AC)S:ARAI'

$acl = Get-Acl -Path $Path

$acl.SetSecurityDescriptorSddlForm($sddl)

Set-Acl -Path $Path -AclObject $acl
  • Setelah semua perintah dijalankan, tutup PowerShell dan restart komputer anda.


Sekarang anda dapat memeriksanya kembali dan lihat apakah error telah diperbaiki.


3. Hapus TemporaryInternetFiles

Error VSS Event ID 8193, Volume Shadow Copy Service error dapat terjadi jika disk tempat shadow copy dibuat kehabisan ruang. Untuk memperbaikinya, anda perlu menghapus konten folder TemporaryInternetFiles dan lihat apakah error dapat diperbaiki atau tidak. Berikut adalah lokasi foldernya.

C:\Windows\Microsoft.NET\Framework64\v2.0.50727\TemporaryInternetFiles




4. Lakukan System Restore

Apabila terjadi error dalam proses instalasi atau terjadi kerusakan data pada perangkat, maka System Restore dapat dilakukan untuk memperbaiki perangkat anda tanpa harus melakukan instalasi ulang system operasi. System Restore ini akan memperbaiki Windows environment dengan mengembalikan file dan pengaturan yang tersimpan pada restore point yang dibuat sebelumnya.

Perhatikan bahwa ini hanya dapat dilakukan jika anda telah membuat system restore point sebelum masalah ini terjadi. Jadi, jika anda belum melakukannya, maka lewati langkah ini.


5. Perbaiki Instalasi Windows

Jika tidak ada metode ini yang dapat membantu anda, maka memperbaiki OS Windows adalah solusi yang harus anda lakukan. Anda perlu menggunakan media instalasi untuk melakukan perbaikan ini. Pada situasi ini, anda juga dapat mengganti file system yang rusak menggunakan media instalasi.



Semoga membantu!

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Event ID 8193, Volume Shadow Copy Service error di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Event ID 8193, Volume Shadow Copy Service error di Windows 10/11"