Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Code 1002 atau An error has occurred pada Quick Assist

 


Quick Assist merupakan sebuah aplikasi bantuan internal Microsoft yang memungkinkan administrator Windows untuk membantu pengguna Windows lainnya dari jarak jauh. Ini memungkinkan administrator untuk melakukan banyak tugas secara online untuk membantu pengguna dalam mengatasi masalah mereka. Jadi, anda dapat menggunakan Quick Assist untuk mendapatkan dukungan teknis. Namun terkadang, Quick Assist mengalami masalah yang tak terduga dimana anda mungkin mendapatkan error code 1002 atau pesan error An error has occurred saat meluncurkan fitur Quick Assist pada System Operasi Windows 10 atau Windows 11 anda, atau setelah memasukkan security code untuk membuat remote connection antar perangkat. Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

An error has occurred

We’ve run into a problem. An error has caused screen sharing to end or we cannot establish a connection. Please close Quick Assist and try again later.



Tujuan dari artikel ini adalah memberikan solusi yang sesuai yang dapat diterapkan pengguna untuk memperbaiki masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11.



Memperbaiki Error Code 1002 atau An error has occurred pada Quick Assist


Jika anda mendapatkan pesan error An error has occurred atau error code 1002 saat menjalankan Quick Assist pada system operasi Windows 10 atau Windows 11 anda atau setelah memasukkan security code pada aplikasi, maka berikut adalah beberapa solusi yang dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut.


Sebelum melangkah lebih jauh, periksalah apakah dengan merestart PC pada kedua sisi membantu mengatasi masalah ini. Jika tidak, maka anda dapat menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter pada perangkat yang mengalami error ini dan lihat apakah ini membantu memecahkan masalah. Jika itu gagal memperbaikinya, maka kita lanjutkan ke perbaikan yang dianjurkan.



1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Quick Assist merupakan aplikasi bantuan internal yang dapat diperoleh dari Microsoft Store. Jika aplikasi ini bermasalah, maka dengan menjalankan Windows Store App Troubleshooter, anda dapat memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada aplikasi. Untuk menjalankan troubleshooter ini, ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Untuk membuka Settings Windows, tekan tombol Win + I.
  • Setelah itu, pilih Update & Security dari jendela Settings.
  • Kemudian, pada panel sebelah kiri, pilih Troubleshoot, sementara pada panel sebelah kanan, klik pada Additional Troubleshooters.
  • Selanjutnya di halaman berikutnya, klik Windows Store Apps dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Ini akan membuka jendela troubleshooter dan menampilkan petunjuk untuk menyelesaikan proses.
  • Ikuti petunjuk tersebut untuk menyelesaikan masalah yang ada.



Di Windows 11:

  • Untuk membuka Settings Windows, tekan tombol Win + I.
  • Setelah itu, pilih System pada panel kiri dan kemudian pilih Troubleshoot pada panel kanan.
  • Kemudian, pilih Other troubleshooters pada panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik tombol Run di sebelah Windows Store Apps untuk membuka troubleshooter.
  • Ikuti petunjuk yang ditampilkan pada jendela troubleshooter yang muncul.
  • Troubleshooter akan melakukan scanning untuk menemukan masalah dan secara otomatis memperbaikinya.




2. Jalankan Quick Assist dengan Hak Admin


Penyelesaian masalah error code 1002 pada Quick Assist yang terjadi pada beberapa pengguna PC sangat spesifik. Error code ini berarti bahwa software yang dibutuhkan untuk aplikasi Quick Assist tidak bisa terinstal. Solusinya adalah dengan menjalankannya dengan hak administrator. Banyak masalah pada aplikasi atau file di PC disebabkan oleh permission/izin yang tidak mencukupi dan dapat dicegah jika pengguna login sebagai administrator pada PC. Anda juga dapat membuat program untuk selalu berjalan atau memulai secara otomatis sebagai administrator tanpa UAC di Windows 10 atau Windows 11.




3. Daftar Ulang Aplikasi Quick Assist


Terkadang pada system operasi Windows 10 atau Windows 11, anda dapat menemukan aplikasi default yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini mungkin disebabkan oleh data aplikasi penting yang rusak atau terhapus secara tidak sengaja. Dalam situasi seperti ini, mendaftarkan ulang aplikasi Windows Store atau aplikasi yang bermasalah secara khusus seringkali dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan.

  • Di Windows Terminal yang terbuka, PowerShell akan dibuka sebagai default. Namun jika tidak, maka klik panah bawah di menu bar dan pilih PowerShell.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.

Get-AppxPackage -AllUsers| Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}
  • Setelah perintah dijalankan, restart komputer anda.


Setelah booting, jalankan kembali Quick Assist dan lihat apakah error yang sama tetap ada atau di perbaiki. Jika demikian, coba solusi berikutnya.


4. Ubah Pengaturan Internet Options

Kemungkinan besar anda mengalami masalah karena pengaturan Internet Options komputer anda tidak diatur dengan benar. Secara default, halaman web yang terenkripsi akan disimpan pada hard drive atau SSD anda. Namun, jika pengaturan ini dinonaktifkan, maka anda mungkin akan mendapatkan error ini. Solusinya adalah dengan mengatur ulang Internet Option ke pengaturan default pada perangkat anda atau memastikan bahwa komputer anda diizinkan untuk menyimpan halaman web yang terenkripsi dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik inetcpl.cpl dan tekan Enter untuk membuka Internet Properties.
  • Di jendela Internet Properties, alihkan ke tab Advanced.
  • Di bawah bagian Settings, gulir ke bawah ke bagian Security.
  • Sekarang, hapus ceklist pada opsi Do not save encrypted pages to disk.
  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.



5. Jalankan Scan SFC dan DISM

Anda dapat melakukan scan SFC dan DISM untuk memverifikasi integritasan file system yang dilindungi. Proses scan ini akan mencari file rusak dan menggantinya dengan salinan baru dari cache. Proses ini memerlukan waktu untuk selesai dan hasil dari scan akan menunjukkan apakah ada masalah atau tidak. Jika terdapat masalah, maka perintah SFC dan DISM akan berusaha memperbaikinya. Setelah proses scan selesai dan tidak ada masalah yang terdeteksi atau masalah yang terdeteksi sudah diperbaiki, maka anda bisa menjalankan Quick Assist untuk memastikan bahwa error sudah teratasi. Jika error masih muncul, maka tindakan perbaikan berikutnya bisa dilakukan.


6. Repair/Reset/Install Ulang Quick Assist

Jika mendaftarkan ulang aplikasi Microsoft Store tidak memperbaiki masalah aplikasi yang anda alami di PC, anda dapat memperbaiki atau mereset aplikasi yang dimaksud dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Di Windows 10:
  • Tekan tombol Win + I untuk meluncurkan Settings Windows dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Selanjutnya, klik Apps & features di panel kiri.
  • Kemudian di panel kanan, klik Quick Assist dan klik Advanced options.
  • Di halaman berikutnya, gulir ke bagian Reset dan jalankan Repair terlebih dahulu.
  • Jika tidak menyelesaikan masalah, maka jalankan Reset.
  • Jika masaih gagal, maka anda dapat menjalankan Uninstall dibawah bagian Uninstall.
  • Setelah menguninstallnya, buka Microsoft Store, kemudian temukan Quick Assist dan klik Get untuk menginstallnya di komputer anda.


Jika anda tidak menemukan aplikasi Quick Assist di halaman Apps & features di jendela Settings Windows 10, maka gunakan Search Windows untuk menemukan aplikasi Quick Assist. Kemudian klik kanan padanya dan pilih opsi Uninstall. Di halaman Optional features di jendela Settings, klik Microsoft Quick Assist dan klik Uninstall. Setelah itu install kembali aplikasi dari Microsoft Store.



Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk meluncurkan Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Apps dari panel kiri dan klik Installed apps di panel kanan.
  • Di daftar semua aplikasi yang terinstall, temukan aplikasi Quick Assist, kemudian klik tiga titik di sampingnya dan pilih Advanced options.
  • Sekarang, gulir ke bawah halaman ke bagian Reset.
  • Kemudian jalankan Repair terlebih dahulu untuk memperbaiki aplikasi.
  • Jika gagal memperbaiki masalah, maka jalankan Reset untuk mengatur ulang aplikasi.
  • Jika masih gagal, maka jalankan Uninstall dibawah bagian Uninstall.
  • Setelah itu, install ulang aplikasi Quick Assist melalui Microsoft Store.



7. Gunakan Software Remote Access Alternatif

Jika tidak ada solusi atas yang membantu mengatasi masalah anda, maka cobalah software Remote Access untuk Windows 10 atau Windows 11. Setiap software memiliki kelebihan dan kekurangannya. Contoh, AnyViewer menawarkan koneksi cepat dan bebas lag yang lebih baik daripada Quick Assist. Selain itu, AnyViewer bisa terhubung dari jarak jauh dengan siapapun melalui security code atau dengan menerima permintaan pemakaian. Pilihlah software yang menurut anda paling cocok.


Saya harap artikel ini membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 1002 atau An error has occurred pada Quick Assist di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Code 1002 atau An error has occurred pada Quick Assist"