Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Hasil Pencarian Instan di File Explorer Windows 11

 


Jika kita bekerja dengan banyak file, maka menemukan file yang dibutuhkan dalam situasi yang terburu-buru bisa menjadi tugas berat. Anda mungkin mencari cara untuk menemukan file yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah, baik itu mengaktifkan Enhanced Search Mode atau men-tag file/folder di Windows untuk mempermudah pencarian. Jika anda membuthkan hal ini, maka artikel ini akan menunjukkan kepada anda salah satu cara lain untuk mencapai hal yang sama. Anda dapat mengaktifkan hasil pencarian instan (instant search result) pada File Explorer agar anda dapat dengan cepat menemukan file dan folder pada PC anda.




Cara Mengaktifkan Hasil Pencarian Instan di File Explorer Windows 11


Jika anda ingin mengaktifkan hasil pencarian instan (instant search result) di File Explorer untuk menemukan file secara instan dan cepat, maka ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk melakukannya.


Untuk mengaktifkan hasil pencarian instan pada File Explorer, kita akan menggunakan bantuan ViVeTool. Jadi, pertama-tama anda perlu mendownload ViVeTool dari website GitHub. ViVeTool adalah tool pihak ketiga yang difokuskan pada memberikan fitur baru kepada pengguna Windows biasa yang dibatasi hanya untuk pengguna Windows Insider. Dengan menggunakan ViVeTool, anda dapat mengaktifkan berbagai fitur lain seperti folder Gallery di File Explorer, halaman Energy Recommendations Settings dan lainnya. Tool ini beserta kodenya tersedia untuk umum di GitHub, sehingga anda dapat memastikan bahwa tidak ada malware atau kode pengumpulan data yang terdapat di dalamnya. Dengan demikian, anda dapat menggunakan ViVeTool dengan aman pada PC anda untuk mengaktifkan hasil pencarian instan (instant search result) di File Explorer.


Setelah selesai mendownload ViVeTool dari GitHub, ekstrak file zip tersebut. Selanjutnya, copy jalur folder dari address bar. Kemudian, buka Command Prompt dengan hak administrator dari Start menu atau dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.


Di jendela Command Prompt, ketik cd, kemudian tekan spasi dan paste jalur yang telah anda copy dari folder ekstrak file Vivetool tadi. Setelah itu tekan Enter. Lihat contoh berikut ini.

cd C:\Users\user_name\Downloads\ViVeTool-v0.3.2

Perintah ini akan mencari dan membuka folder ViVeTool di Command Prompt. Selanjutnya, masukan perintah berikut satu per satu dan tekan Enter setelah setiap perintah.

vivetool /enable /id:39281392

vivetool /enable /id:38665217

Setelah menjalankan perintah diatas, anda akan melihat pesan Successfully set feature configuration(s) di Command Prompt yang mengartikan bahwa fitur berhasil dikonfigurasi di Windows anda.


Setelah itu, restart PC anda untuk menerapkan perubahan di komputer anda. Anda sekarang telah mengaktifkan hasil pencarian instan di File Explorer dan dapat menggunakannya untuk menemukan file atau folder di komputer anda dengan cepat.

Semoga tutorial ini membantu Anda!
Terima kasih telah mengikuti tutorial saya untuk mengaktifkan hasil pencarian instan di File Explorer Windows 11. Saya harap ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan berbagi pengalaman anda setelah mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Hasil Pencarian Instan di File Explorer Windows 11"