Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Enhanced Search Mode di Windows 10/11


Ini bisa membuat frustasi ketika anda perlu menemukan file dengan cepat tetapi tidak bisa. Windows 10 dan Windows 11 memang memiliki tool Search yang dapat anda gunakan untuk membantu anda menemukan file anda, tetapi karena itu tidak mengindeks lokasi tertentu, pencarian membutuhkan waktu lebih lama.

Itu sebabnya Windows Search Enhanced Mode adalah suatu keharusan. Ini lebih dari fitur pencarian klasik dan memberi anda lebih banyak kemungkinan menemukan file yang anda cari lebih cepat. Jika anda belum memilikinya, anda harus segera melihatnya.

Namun perlu diketahui bahwa fitur Windows Search Enhanced Mode ini mulai diluncurkan untuk Windows 10 Insider Built (Windows 10 versi 1903). Oleh karena itu bagi pengguna Windows 10 versi 1809 atau dibawahnya tidak akan menemukan fitur ini di aplikasi Settingsnya.



Apa itu Windows Search Enhanced Mode?

Bukankah lebih bagus jika fitur pencarian melihat melampaui gambar, dokumen, video, dan desktop anda? Fitur yang melakukan hal itu disebut Enhanced Windows Search Mode.

Ini dibuat untuk menemukan file yang anda cari dengan cepat dengan mencari di area yang tidak diindeks oleh pencarian klasik. Mode yang disempurnakan ini akan mencari di basis data internal komputer anda (semua folder dan drive) dan akan segera menampilkan hasilnya. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa jika anda mengaktifkan fitur ini, anda akan melihat peningkatan konsumsi baterai dan CPU.


Cara Mengaktifkan Windows Search Enhanced Mode

Mengaktifkan Windows Search Enhanced Mode hanya akan mengambil beberapa klik di sana-sini. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkannya.

Di Windows 10:
  • Buka aplikasi Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian di jendela Settings, pilih Search.
  • Di halaman berikutnya, klik Searching Windows di panel kiri dan di panel kanan jendela Settings, anda akan melihat bagian Find My Files.
  • Anda hanya akan melihat dua opsi, yaitu opsi Classic dan Enhanced. Setelah anda memilih opsi Enhanced, pengindeksan akan dimulai, tetapi itu akan menjadi hal satu kali.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Privacy & security di panel kiri dan di panel kanan klik Searching Windows.
  • Di halaman berikutnya,  anda akan melihat dua opsi, yaitu opsi Classic dan Enhanced dibawah bagian Find My Files.
  • Pilih opsi Enhanced dan pengindeksan akan dimulai.


Setelah melakukan langkah-langkah diatas, saat anda mulai mencari sesuatu dengan segera, anda tidak akan melihat file tambahan muncul karena akan memakan waktu sekitar lima belas menit untuk melihatnya. Jika anda memiliki banyak file, jangan kaget jika prosesnya lebih lama. Jika anda menggunakan baterai laptop anda, pastikan daya baterai cukup karena anda tidak ingin baterai anda habis saat komputer anda mengindeks.

Dimungkinkan juga untuk memiliki Enhanced Mode melewati folder saat pencarian. Tepat di bawah opsi Enhanced, anda akan melihat bagian Excluded Folders. Klik tanda plus yang ada di sebelah kiri teks yang bertuliskan Add an excluded folder. Pilih file yang ingin anda hapus. Lain kali anda mencari sesuatu, fitur pencarian yang disempurnakan akan melewati folder ini.


Cara Menonaktifkan Windows Search Enhanced Mode

Jika anda mencoba dan sampai pada kesimpulan bahwa itu bukan untuk anda, anda selalu dapat menonaktifkannya. Ulangi langkah-langkah yang anda ikuti sebelumnya baik itu di Windows 10 maupun di Windows 11. Saat anda masuk ke bagian Find My Files, pilih opsi Classic. Setelah anda memilih opsi ini, semuanya akan kembali seperti semula.


Hanya itu saja yang dapat anda lakukan. Selama ini anda mungkin telah menghabiskan waktu lebih lama dari yang anda butuhkan untuk menunggu hasil pencarian anda. Berkat Windows Enhanced Mode, anda seharusnya mendapatkan hasil lebih cepat dari sebelumnya. Ini akan memakan baterai laptop anda, tetapi itu akan menghemat waktu anda.

Bagaimana pendapat anda tentang fitur Windows Search Enhanced Mode ini? Apakah menurut anda baik dan sangat membantu atau malah sebaliknya? Beritahu saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Enhanced Search Mode di Windows 10/11"