Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Folder Gallery di Quick Access File Explorer Windows 11

 


Windows 11 telah mendapatkan banyak fitur baru. Mereka pertama kali diuji pada build Insider dan kemudian diperluas ke build reguler Windows 11. Tab di File Explorer adalah salah satu fitur yang pertama kali diperkenalkan di build Insider dan kemudian ditambahkan ke build reguler. Sekarang, dengan Dev Insider build 25272, Microsoft telah memperkenalkan folder Gallery di Quick Access File Explorer. Jika anda bukan pengguna Windows Insider dan ingin mengaktifkan folder Gallery di Quick Access File Explorer Windows 11, maka sekarang anda dapat mengaktifkannya. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara mengaktifkannya dengan mudah di Windows 11 anda.



Mengaktifkan Gallery di File Explorer Windows 11


Jika anda ingin mengaktifkan atau menampilkan folder Gallery di tab Quick Access di File Explorer di Windows 11 anda, maka ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk melakukannya. Pastikan anda tidak melewatkan salah satu update Windows anda agar folder Gallery ini dapat muncul di Quick Access atau dibawah Home. 

  • Anda dapat mengaktifkan folder Gallery di File Explorer Windows 11 menggunakan ViVeTool. Untuk itu, anda perlu mendownload ViVeTool dari website GitHub kemudian mengekstraknya di komputer anda.
  • Setelah itu, klik address bar folder ekstrak untuk memilih dan mengcopy path.


  • Selanjutnya, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih Command Prompt.
  • Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik cd dan paste path ke folder ViVeTool yang telah anda copy tadi dan tekan Enter. Perintah lengkapnya akan terlihat seperti berikut ini.
cd C:\Users\user_name\Downloads\ViVeTool-v0.3.2
  • Ini akan membuka folder ViVeTool di Command Prompt.
  • Kemudian, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter untuk mengaktifkan Gallery di File Explorer Windows 11 anda.
vivetool /enable /id:41040327
  • Jika perintah berhasil di jalankan, maka anda akan melihat pesan Successfully set feature configuration(s).


  • Setelah itu, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.
  • Anda sekarang dapat melihat folder Gallery ditambahkan ke tab Quick Access di File Explorer Windows 11 anda.


Jika anda tidak menyukai fitur Gallery, anda dapat menonaktifkannya menggunakan perintah sederhana. Anda perlu membuka folder ViVeTool di Command Prompt dan kemudian jalankan perintah berikut ini untuk menonaktifkannya.

vivetool /disable /id:41040327

Karena ViVeTool tersedia di GitHub, siapapun dapat mengakses kodenya dan reviewnya. Jika ada red flag yang dapat membahayakan privasi pengguna, maka mereka akan dipanggil. Anda dapat menggunakan ViVeTool dengan aman selama anda ingin mengaktifkan fitur baru di Windows 11 anda.

ViVeTool tersedia untuk didownload di GitHub bersama dengan Source Codenya untuk pengawasan publik. Anda dapat mendownloadnya dan menggunakan perintah yang terkait dengan fitur yang ingin anda aktifkan di PC Windows 11 anda. Code yang terkait dengan setiap folder tersedia di file zip ViVeTool dalam format PFS yang dapat anda buka di Notepad.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan folder Gallery di Quick Access File Explorer Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Folder Gallery di Quick Access File Explorer Windows 11"