Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x800705b9 Windows Update di Windows 10/11

 


Saat mengupdate Windows di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan error code 0x800705b9. Jika demikian, maka artikel ini akan memandu anda melalui berbagai metode perbaikan untuk memperbaiki error tersebut. Windows merilis update system operasinya secara teratur untuk memperbaiki bug, menambah fitur baru dan meningkatkan keamanan. Yang harus anda lakukan untuk memanfaatkan update ini adalah mengupdate Windows di komputer anda dengan cara yang cukup sederhana dan tidak memerlukan keahlian teknis apapun.


Namun, salah satu dari banyak alasan pengguna Windows tidak mengupdate Windows di komputer Windows 10 atau Windows 11 mereka adalah error 0x800705b9, dimana merupakan salah satu dari sekian banyak error umum Windows Update. Error 0x800705b9 muncul saat anda mengupdate Windows di komputer anda dan mencegah anda menggunakan fitur Windows terbaru. Untungnya, ada solusi yang dapat anda coba untuk mengatasi masalah ini dan mengizinkan update Windows di komputer anda.



Penyebab Umum Error 0x800705b9 Windows Update


Beberapa variabel dapat menyebabkan Windows Update mengalami error 0x800705b9 di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, tetapi beberapa yang utama meliputi yang berikut ini.

  • File system rusak: Proses update Windows memerlukan beberapa file system agar berhasil, tetapi jika file system ini korup atau rusak, maka anda mungkin mendapatkan error code 0x800705b9 saat mengupdate Windows.
  • Masalah dengan service update: Fungsi Windows Update di komputer anda dikelola oleh dervice Windows Update dan service terkait lainnya. Akibatnya, jika ada masalah dengan service ini, maka itu juga dapat mengganggu update Windows di komputer anda.


Itulah kemungkinan alasan untuk masalah ini dimana kerusakan file system menjadi penyebab utamanya. Berdasarkan faktor-faktor yang baru saja saya bahas dan apa yang berhasil bagi pengguna yang juga pernah mengalami error ini, saya telah mengumpulkan beberapa metode perbaikan untuk masalah ini dan saya akan membahasnya di bagian berikutnya.


Anda perlu menggunakan tool DISM bawaan untuk mengganti file Windows Update yang rusak atau hilang. Tool bawaan ini memscan ketidakkonsistenan komputer Windows anda, yang mungkin disebabkan oleh berbagai kegagalan hardware atau masalah software dan berpotensi memperbaiki kerusakan tersebut. Jika terjadi inkonsistensi dan kerusakan system, anda dapat menggunakan tool Deployment Imaging and Servicing Management (DISM) untuk mengupdate file dan memperbaiki masalah.



Memperbaiki Error 0x800705b9 Windows Update


Jika anda mengalami error 0x800705b9 saat mengupdate Windows di komputer anda, maka dibawah ini adalah beberapa solusi yang terbukti untuk memperbaikinya.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Windows memiliki fungsi bawaan yang dapat membantu memecahkan masalah terkait update Windows. Dengan menjalankan fungsi ini, anda mungkin dapat mengidentifikasi dan memperbaiki error 0x800705b9 di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I atau klik Start Menu dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I atau anda dapat membukanya dari Start menu.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




2. Jalankan DISM untuk Memperbaiki Component Store Windows Update 


Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa error ini juga dapat terjadi jika file system dan component store Windows Update yang hilang atau rusak. Oleh karena itu, anda dapat menjalankan scan System File Checker (SFC) untuk memperbaiki file system anda. Jika tidak berhasil, maka anda dapat menjalankan scan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki componet store Windows Update dan juga system image Windows anda. Untuk menjalankan SFC dan DISM di komputer anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela Coomand Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
sfc /scannow
  • Setelah selesai, restart komputer anda dan coba update kembali.
  • Jika, error muncul kembali, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
dism /online /cleanup-image /scanhealth
  • Setelah operasi selesai dengan sukses, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
dism /online /cleanup-image /restorehealth
  • Setelah itu, restart kembali komputer anda dan jalankan kembali update Windows. Ini harus memperbaiki masalah.


Namun, jika client Windows Update anda telah rusak, maka anda akan diminta untuk menggunakan instalasi Windows yang sedang berjalan sebagai sumber perbaikan atau menggunakan folder side-by-side Windows dari jaringan bersama, sebagai sumber file.

Anda kemudian akan diminta untuk menjalankan perintah berikut sebagai gantinya. Perhatikan bahwa anda harus mengganti placeholder C:\RepairSource\Windows dengan lokasi sumber perbaikan anda.

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth /Source:C:\RepairSource\Windows /LimitAccess

Setelah proses selesai, DISM akan membuat file log di lokasi berikut dibawah ini dan menangkap masalah apapun yang ditemukan atau yang telah diperbaiki tool.

%windir%/Logs/CBS/CBS.log


Setelah perintah seslesai dijalankan, anda kemudian dapat menutup jendela Command Prompt dan jalankan Windows Update untuk melihat apakah itu membantu memperbaiki error yang terjadi.


3. Periksa Service Status Terkait Windows Update

Anda perlu memeriksa semua service yang terkait dengan Windows Update seperti Windows Update, Windows Update Medic, Update Orchestrator Services dan lainnya dan pastikan tidak dinonaktifkan. Jika anda menemukan itu di nonaktifkan, maka anda perlu mengaktifkannya. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, klik dobel pada masing-masing service berikut ini dan atur Startup type masing-masing service sesuai konfigurasi defaultnya. Pastikan tidak di atur ke Disabled.
    • Windows Update Service – Manual (Triggered)
    • Windows Update Medic Services – Manual
    • Cryptographic Services – Automatic
    • Background Intelligent Transfer Service – Manual
    • DCOM Server Process Launcher – Automatic
    • RPC Endpoint Mapper –  Automatic
    • Windows Installer – Manual
  • Jangan lupa mengklik Apply dan OK di jendela properties service untuk menyimpan pengaturan anda.


Langkah ini akan memastikan bahwa service yang diperlukan tersedia.

Terlepas dari service langsung diatas, anda harus menemukan dependensi service Windows Update dan memastikan apakah mereka berjalan atau tidak.



4. Update Windows dalam Clean Boot

Beberapa proses atau software di komputer anda mungkin mencegah update Windows berfungsi dengan baik dan mengakibatkan error 0x800705b9.

Untuk mengetahui apa yang menyebabkan masalah, anda dapat melakukan Clean Boot dan secara manual menonaktifkan setiap komponen satu per satu. Setelah itu, anda dapat menghapus program dari komputer anda untuk memperbaiki masalah sepenuhnya.



5. Download Update Secara Manual

Jika anda belum dapat memperbaiki error ini dengan solusi di atas, maka anda dapat menginstall update secara manual dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Windows Update di bagian atas jendela.
  • Kemudian periksa riwayat update Windows anda dan catat nama update KB yang tidak dapat anda install karena error 0x800705b9.
  • Di halaman website, ketikkan nama update KB yang anda catat sebelumnya di kotak Search dan tekan Enter.
  • Selanjutnya, klik Download di sebelah update KB dengan spesifikasi yang cocok dengan komputer anda.
  • Setelah download selesai, buka folder tempat anda menyimpan file download dan klik dobel file yang didownload untuk menginstalnya.
  • Kemudian ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses instalasi.


Langkah ini seharusnya berhasil menginstall update Windows anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800705b9 Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x800705b9 Windows Update di Windows 10/11"