Memperbaiki Error 0x00000000 Microsoft Store di Windows 10/11
Anda mungkin mendapatkan Error Code 0x00000000 di Microsoft Store saat mencoba mendownload, menginstall atau mengupdate aplikasi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Jika anda mengalami masalah yang sama, maka artikel ini memberikan beberapa metode perbaikan yang berfungsi yang dapat anda terapkan untuk menyelesaikan masalah ini dengan mudah.
Ketika masalah ini terjadi pada perangkat anda, anda mungkin mendapatkan pesan error lengkap seperti salah satu error dibawah ini.
Try that again
Something went wrong.
The error code is 0x00000000, in case you need it.
Something unexpected happened
Reporting this problem will help us understand it better. You can wait a bit and try again or restart your device. That may help.
Code: 0x00000000
Memperbaiki Error 0x00000000 Microsoft Store di Windows 10/11
Jika anda mendapatkan error code 0x00000000 saat mencoba mendownload, menginstall atau mengupdate aplikasi yang terjebak dalam antrean download di Microsoft Store pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka beberapa solusi yang disarankan dibawah ini dapat membantu anda. Anda dapat mengikuti solusi ini tanpa urutan tertentu untuk membantu anda memperbaiki error pada system anda dengan sedikit atau tanpa kerumitan.
1. Daftar Perbaikan Awal
Sebelum anda melanjutkan ke perbaikan yang lebih mendalam, sebagai solusi cepat yang memungkinkan memperbaiki masalah ini, anda perlu memeriksa apakah tanggal, waktu dan zona waktu telah diatur dengan benar. Pastikan juga Windows anda sudah di update ke versi/build terbaru.
Selanjutnya, anda perlu mereset/menghapus cache Microsoft Store dengan menjalankan perintah wsreset.exe di kotak Run (Win + R). Perintah wsreset.exe memungkinkan pengguna mereset Microsoft Store tanpa harus mengubah pengaturan user account atau menguninstall aplikasi yang sudah terinstall. Anda mungkin juga harus menjalankan scan SFC untuk memperbaiki atau mengganti file system yang rusak atau hilang.
2. Periksa Status dan Atur Microsoft Store Install Service
Anda perlu memastikan bahwa status service Microsoft Store Install Service adalah Running dan startup typenya diatur ke Manual di Services Windows. Microsoft Store Install Service (InstallService) menyediakan dukungan infrastruktur untuk Microsoft Store. Service ini dimulai sesuai permintaan dan jika dinonaktifkan maka instalasi tidak akan berfungsi dengan baik. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memeriksa dan mengatur service Microsoft Store Install Service.
- Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
- Di jendela Services, klik dobel pada service Microsoft Store Install Service di panel kanan.
- Di jendela properties service yang terbuka, pastikan Status service-nya adalah Running. Jika Stopped, maka klik Start untuk menjalankannya.
- Pastikan juga bahwa Startup type-nya diatur ke Manual.
- Kemudian, klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
- Setelah itu, tutup jendela Services dan restart komputer anda.
Setelah booting, periksa kembali apakah error telah diperbaiki atau tidak. Jika tidak, maka lanjutkan ke solusi berikutnya.
3. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter
Solusi praktis ini tidak perlu dikatakan lagi, karena lebih sering daripada tidak jika anda memiliki aplikasi Microsoft Store atau masalah Microsoft Store secara umum, maka Windows Store Apps Troubleshooter biasanya berguna.
Untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.
Di Windows 10:
- Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
- Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan.
- Di halaman berikutnya, klik pada Windows Store Apps dan kemudian klik Run the troubleshooter.
- Ini akan membuka jendela troubleshooter.
- Di jendela troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikan proses.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings yang terbuka, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
- Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
- Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Run yang berada di sebelah Windows Store Apps untuk membuka troubleshooter.
- Di jendela troubleshooter yang muncul, ikuti petunjuk yang di tampilkan.
- Troubleshooter akan menscan untuk menemukan masalah dan ia akan memperbaikinya secara otomatis.
4. Buat User Account Baru
Profil pengguna anda adalah sekumpulan pengaturan yang membuat komputer anda terlihat dan bekerja seperti yang anda inginkan. Ini berisi pengaturan background desktop anda, screen saver, preferensi pointer, pengaturan suara dan fitur lainnya. Berbagai pengaturan dan perubahan pribadi yang disebabkan oleh program lain dapat menyebabkan kerusakan pada profil pengguna anda dan kegagalan fungsi dalam penggunaan system sehingga diperlukan profil baru.
Jadi, anda dapat memecahkan masalah yang ada dengan membuat akun/profil pengguna baru. Jika masalah tidak terjadi lagi saat masuk ke akun baru, maka kemungkinan besar akun/profil lama anda rusak. Dalam hal ini, anda dapat memperbaiki profil pengguna yang rusak dan melihat apakah itu menyelesaikan masalah. Jika berhasil, maka anda dapat menghapus akun pengguna baru yang anda buat. Namun jika tidak memperbaiki masalah, maka anda dapat mentransfer file/data anda dari akun lama ke akun baru dan kemudian menghapus akun/profil lama dengan aman.
5. Periksa Pengaturan Proxy
Jika anda menghadapi masalah saat mendownload atau mengupdate aplikasi di Microsoft Store, maka anda mungkin ingin memeriksa pengaturan Proxy dan mempertimbangkan untuk menghapus proxy di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
Di Windows 10:
- Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Network & Internet di jendela Settings.
- Di halaman berikutnya, klik Proxy di panel kiri.
- Di panel kanan, nonaktifkan opsi Use a proxy server ke Off dan klik Save untuk menyimpannya.
- Setelah itu, restart komputer anda dan periksa kembali.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings, klik Network & internet di panel kiri dan klik Proxy di panel kanan.
- Di halaman selanjutnya, klik Setup di sebelah Use a proxy server.
- Kemudian nonaktifkan Use a proxy server ke Off dan klik Save.
- Setelah itu, restart PC anda.
6. Install Ulang Microsoft Store
Dalam beberapa kasus, pengguna PC mungkin secara tidak sengaja menghapus beberapa file penting dari Microsoft Store dari system mereka, atau beberapa file tidak diinstall dengan benar di system mereka. Dalam situasi seperti itu, Microsoft Store dapat menampilkan error seperti error code 0x00000000 ini. Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah menginstall ulang Microsoft Store menggunakan PowerShell. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.
- Buka PowerShell dengan hak admin. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell.
- Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
- Perintah diatas akan menginstall ulang Microsoft Store.
- Setelah proses selesai, restart PC anda.
Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x00000000 Microsoft Store di Windows 10/11"