Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80240024 Saat Download Aplikasi dari Microsoft Store atau Windows Update

 


Beberapa pengguna melaporkan error 0x80240024 saat mendownload aplikasi dari Microsoft Store atau Windows Update. Beberapa pengguna juga mengatakan bahwa ini terjadi untuk beberapa aplikasi, sedangkan yang lain mengeluh bahwa masalah terlihat saat mendownload setiap aplikasi dan bahkan Windows Update. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda beberapa solusi yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.




Memperbaiki Error 0x80240024 Saat Download Aplikasi dari Microsoft Store atau Windows Update


Jika anda mendapatkan error 0x80240024 saat mendownload aplikasi dari Microsoft Store atau Windows Update di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa solusi berikut ini untuk menyelesaikan masalah.



1. Jalankan Troubleshooter


Pertama-tama kita perlu menjalankan Troubleshooter Windows Store Apps, Windows Update dan Background Intelligent Transfer Service. Ini adalah tool bawaan yang tidak hanya akan menscan masing-masing service tetapi juga akan memperbaikinya. Anda dapat menjalankan Troubleshooter Windows Store Apps dan Windows Update melalui Settings Windows, sementara untuk Troubleshooter Background Intelligent Transfer Service, anda harus menjalankannya dari Control Panel.


Untuk menjalankan Troubleshooter Windows Store Apps dan Windows Update, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Windows Store Apps atau Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Jendela Troubleshooter Windows Store Apps atau Windows Update akan muncul. Ikuti petunjuk yang di tampilkan.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri danklik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps atau Windows Update dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.



Jika kedua Troubleshooter diatas tidak dapat menyelesaikan masalah,maka ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankan Troubleshooter Background Intelligent Transfer Service.

  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Troubleshooting.
  • Selanjutnya klik opsi Hardware and Sound.
  • Kemudian klik Background Intelligent Transfer Service untuk membuka troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter, klik Advanced, kemudian beri ceklist pada opsi Apply repairs automatically dan klik Next.


  • Setelah mengklik Next, wizard akan menjalankan scan untuk menemukan masalah. Setelah selesai klik opsi View detailed information.
  • Selanjutnya gulir kebawah dan perluas Detection details dan Publisher details untuk melihat detail masalah yang terjadi.
  • Setelah melihatnya, klik Next untuk melanjutkan perbaikan.



Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah ini, troubleshooter akan menscan, mendeteksi dan memperbaiki masalah apapun yang mungkin mencegah BITS bekerja dengan benar, termasuk merestart service yang di perlukan.



2. Nonaktifkan VPN dan Proxy


Jika anda telah mengaktifkan jaringan VPN atau Proxy, maka akan sangat sulit bagi Microsoft Store untuk mendownload aplikasi. Microsoft Store atau Windows Update akan mencari server yang dibutuhkan untuk terhubung dan kemudian mendownload file anda. Jika anda terhubung ke jaringan proxy atau VPN, maka itu tidak akan dapat terhubung ke server. Jika anda terhubung ke salah satunya, pastikan untuk menonaktifkannya kemudian mencobanya kembali. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkan VPN dan/atau Proxy dan mudah-mudahan, masalah anda akan teratasi kali ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Network & Internet di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik VPN atau Proxy di panel kiri.
  • Di panel kanan, untuk menonaktifkan VPN, klik VPN yang anda gunakan dan klik Disconect.
  • Sementara untuk menonaktifkan Proxy, ubah opsi Use a proxy server ke Off dan klik Save.
  • Setelah itu, restart PC anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Network & internet di panel kiri dan klik VPN atau Proxy di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, untuk menonaktifkan VPN, perluas VPN yang anda gunakan dan klik Disconect.
  • Sementara untuk menonaktifkan Proxy, klik Setup di sebelah Use a proxy server, kemudian nonaktifkan Use a proxy server ke Off dan klik Save.
  • Sekarang, restart PC anda.




3. Pause Windows Update atau Update Microsoft Store dan Lanjutkan Kembali


Jika anda tidak dapat mendownload aplikasi melalui Windows Store, maka periksa apakah ada aplikasi lain yang sedang mendownload atau mengupdate di background. Klik pada ikon Download dan kemudian Pause all. Ini akan menghentikan update di background dan akan memungkinkan aplikasi anda didownload.


Sementara untuk Windows Update, lakukan hal berikut ini.

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I dan klik Windows Update.
  • Kemudian pada bagian Pause Updates, pilih opsi apapun untuk menghentikan update.
  • Setelah itu restart komputer anda.
  • Setelah booting, buka kembali Windows Update dan klik Resume updates.



Langkah sederhana ini berhasil untuk beberapa orang.



4. Ubah Date, Time dan Region


Selanjutnya, periksa apakah tanggal, waktu dan wilayah sudah benar. Mari kita bicara tentang tanggal dan waktu, untuk memeriksanya, lihat saja di Taskbar anda. Jika salah, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya.

  • Klik kanan pada jam di Taskbar anda dan pilih Adjust date and time di Windows 11 atau Adjust date/time di Windows 10.
  • Jendela Settings anda terbuka.
  • Anda kemudian dapat mengaktifkan Set time automatically dan Set time zone automatically ke On.
  • Sekarang, periksa apakah anda telah memilih Region yang benar. Untuk melakukannya, klik Language & region di halaman yang sama di panel kanan (untuk Windows 11) atau klik Region di panel kiri (untuk Windows 10).
  • Selanjutnya, klik menu drop-down Country or region dan pilih region anda.
  • Terakhir, tutup jendela Settings dan lihat apakah masalah telah teratasi.




5. Reset Microsoft Store


Anda mungkin juga melihat error ini jika Microsoft Store dan saya tidak akan berbicara tentang alasan mengapa Microsoft Store rusak, tetapi ada beberapa cara untuk memperbaikinya. Untuk melakukan hal yang sama, anda dapat meresetnya. Anda dapat menggunakan perintah Run atau Settings Windows untuk melakukan itu.


Untuk menggunakan perintah Run, tekan tombol Win + R, kemudian ketik wsreset.exe dan tekan Enter. Anda akan diminta untuk mengikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan tugas ini, jadi lakukan itu dan masalah anda akan teratasi.


Jika anda ingin mereset Microsoft Store menggunakan Settings Windows, ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Microsoft Store dan kemudian klik Advanced options.
  • Selanjutnya dibawah bagian Reset, klik Reset dan klik kembali Reset untuk mengatur ulang aplikasi.
  • Jika itu tidak memperbaiki masalah, anda kemudian dapat menjalankan Repair.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Apps & features.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Store dan klik Advanced options.
  • Selanjutnya, klik Reset dan klik kembali Reset.
  • Jika masalah masih muncul setelah mereset aplikasi, jalankan Repair untuk memperbaiki aplikasi.




6. Install Ulang Microsoft Store


Jika memperbaiki atau mereset Microsoft Store tidak berhasil, maka anda dapat mencoba menginstall ulang aplikasi dan melihat apakah masalah telah teratasi. Untuk melakukan hal yang sama, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela PowerShell, masukan salah satu perintah berikut dan tekan Enter. Gunakan hanya salah satu perintah di bawah ini.
Get-AppXPackage *WindowsStore* -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}
atau
Get-AppxPackage -allusers Microsoft.WindowsStore | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $($_.InstallLocation)\\AppXManifest.xml”}


  • Setelah perintah selesai di jalankan, restart komputer anda.

Sekarang, buka kembali Microsoft Store dan periksa apakah masalah telah teratasi atau tidak.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengoptimalkan Windows 10/11 untuk Game Online atau cara membersihkan PC Windows anda menggunakan Command Prompt.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80240024 saat download aplikasi dari Microsoft Store atau Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80240024 Saat Download Aplikasi dari Microsoft Store atau Windows Update"