Memperbaiki Error 0x8004E103 Microsoft Store di Windows 10/11
Microsoft Store adalah toko serba ada bagi pengguna Windows untuk mendownload aplikasi apapun yang mereka butuhkan. Penambahan utilitas ke package Windows sejak Windows 8 merupakan sebuah perubahan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan sendiri dalam bentuk error dan bug. Salah satu error tersebut adalah error 0x8004E103 yang dihadapi pengguna saat mencoba mendownload atau mengupdate aplikasi atau hanya menggunakan store pada umumnya menggunakan aplikasi. Artikel ini akan membantu anda melalui langkah-langkah yang perlu anda ambil untuk memperbaiki error 0x8004E103 di Microsoft Store.
Akan sangat membantu untuk memiliki pemahaman tentang apa yang mungkin menyebabkan error tersebut dan hanya ada dua penyebab utama yaitu penginstalan aplikasi yang salah dari Microsoft Store atau gangguan apapun dalam fungsi store itu sendiri. Mari kita lihat apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.
Memperbaiki Error 0x8004E103 Microsoft Store
Jika anda mendapatkan error 0x8004E103 di Microsoft Store saat mencoba mendownload dan menginstall aplikasi di Windows 10 atau Windows 11, maka berikut beberapa saran untuk membantu anda memperbaikinya
1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter
Tindakan pertama dengan error code apapun tentang Microsoft Store adalah menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter. Ini merupakan utilitas bawaan yang tersedia untuk komputer Windows 10 dan Windows 11.
Di Windows 10:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan di jendela Settings pilih Update & Security.
- Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan.
- Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
- Jendela Windows Store Apps Troubleshooter akan muncul. Ikuti petunjuk yang di tampilkan.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings, klik System di panel kiri danklik Troubleshoot di panel kanan.
- Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
- Di halaman berikutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
- Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.
2. Perbaiki atau Reset Microsoft Store
Jika troubleshooter tidak dapat mendeteksi apa yang salah dengan Microsoft Store, maka anda juga dapat mencoba menggunakan fungsi Repair atau Reset dari aplikasi. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
Di Windows 10:
- Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
- Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri.
- Di panel kanan, klik Microsoft Store dan kemudian klik Advanced options.
- Selanjutnya dibawah bagian Reset, klik Reset dan klik kembali Reset. untuk mengatur ulang aplikasi.
- Jika itu tidak memperbaiki masalah, anda kemudian dapat menjalankan Repair.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Apps & features.
- Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Store dan klik Advanced options.
- Selanjutnya, klik Reset dan klik kembali Reset.
- Jika masalah masih muncul setelah mereset aplikasi, jalankan Repair untuk memperbaiki aplikasi.
3. Jalankan SFC dan DISM
Jika ada file system yang tidak kompatibel atau rusak yang bertentangan dengan Microsoft Store dan menyebabkan error ini terjadi, maka anda dapat mengambil bantuan utilitas scan file system seperti SFC dan DISM.
Langkah pertama adalah menjalankan System File Checker (SFC) di Command Prompt dengan hak administrator. Ini akan menscan dan memperbaiki file system yang rusak atau mengganti yang hilang. Tergantung pada komputer anda, dibutuhkan waktu yang bervariasi untuk menyelesaikannya, setelah itu akan memberitahu anda tentang hasilnya.
Selanjutnya, anda dapat menjalankan utilitas Deployment Image Servicing and Management (DISM) jika System File Checker tidak memperbaiki masalah mungkin karena system image yang rusak. Jadi anda dapat menjalankan DISM dan kemudian menjalankan kembali SFC.
Setelah menjalankan itu, jangan lupa untuk merestart PC anda dan periksa apakah masalah telah teratasi.
4. Reset Cache Microsoft Store
Anda juga dapat mereset cache Microsoft Store dengan menjalankan perintah sederhana. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan.
- Tekan tombol Win + R untuk membuka jendela RUN.
- Kemudian ketik wsreset dan tekan Enter.
- Ini akan menghasilkan pembukaan jendela command prompt untuk sementara waktu dan akan ditutup dengan sendirinya.
- Cache Microsoft Store Anda telah dihapus.
Setelah itu, buka kembali Microsoft Store untuk melihat apakah anda masih menghadapi error yang sama.
5. Install Ulang Microsoft Store Menggunakan PowerShell
Jika anda masih mendapatkan error yang sama, maka anda dapat menginstall ulang Microsoft Store di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
- Di Windows 10, anda dapat menekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin). Sementara di Windows 11, gunakan Serach Windows untuk menemukan dan membuka Windows PowerShell dengan hak admin (Klik kanan dan pilih Run as administrator). Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell.
- Di jendela PowerShell, masukan salah satu perintah berikut ini dan tekan Enter. Gunakan hanya salah satu perintah di bawah ini.
- Setelah perintah selesai di jalankan, restart komputer anda.
Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x8004E103 Microsoft Store di Windows 10/11"