Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengidentifikasi Graphics Card di PC Windows 10/11 Anda

 


Jika anda ingin memainkan game terbaru dan terhebat, anda harus yakin bahwa graphic card di komputer anda mampu menangani game tersebut. Jika tidak, kemungkinan besar anda akan kecewa. Artikel ini akan membantu anda menemukan pabrikan dan model graphic card di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Setelah mengetahuinya, anda dapat membandingkan graphic card anda dengan persyaratan minimum untuk game yang ingin anda mainkan.


Bagi anda yang bukan gamer, anda mungkin perlu mengetahui informasi ini jika anda melakukan tugas-tugas kompleks seperti rendering 3D dan pengeditan video atau menggunakan aplikasi kelas atas seperti AutoCAD dan Adobe Premiere Pro. Menggunakan graphic card kelas atas akan membuat alur kerja anda lebih cepat dan lebih efisien.



GPU vs Graphic Card


Graphics Processing Unit (GPU) bertanggung jawab atas semua gambar yang muncul di layar anda, dari Google docs hingga pengalaman 4K Gaming. Ini adalah chip yang melakukan kalkulasi matematika kompleks yang diperlukan untuk rendering grafik.


Chip GPU dapat diintegrasikan ke motherboard atau ditemukan pada expansion card yang lebih besar dan bertenaga.


Expansion card dapat melakukan tugas yang lebih kuat daripada chip GPU terintegrasi. Itu membuatnya lebih baik untuk game 3D, rendering video yang dipercepat atau fungsi lain seperti menambang bitcoin. Semua daya ekstra ini memang membutuhkan lebih banyak daya dan lebih banyak ruang di komputer anda. Ini juga meningkatkan suhu komputer anda.



Cara Menentukan Graphic Card yang Anda Miliki


Mengetahui graphic card apa yang anda miliki di PC Windows 10 bisa jadi rumit karena ada dua nomor model yang perlu anda ketahui. Salah satunya adalah model GPU, chip sebenarnya dan yang lainnya untuk card. Card ini tidak hanya berisi GPU, tetapi juga dapat menampung port koneksi monitor, pendingin, dan modul pengatur tegangan, untuk beberapa nama.


Ada dua produsen GPU terkemuka untuk expansion card saat ini yaitu Nvidia dan AMD. Banyak perusahaan menggunakan chip dari Nvidia dan AMD dan kemudian membuat card dari itu.


Mengetahui pabrikan mana yang membuat graphic card anda berarti anda harus terlebih dahulu memutuskan apakah anda perlu mengetahui chipset atau pabrikan dan model yang tepat dari card anda. Menemukan chipset itu mudah menggunakan Windows, tetapi model pastinya bisa lebih sulit.



1. Melalui Device manager

  • Cari dan buka Device manager menggunakan Search Windows, atau dengan menekan tombol Win + X.
  • Di jendela Device manager, temukan Display adapters dalam daftar dan klik panah di sebelahnya untuk memperluas daftar.
  • Nama GPU anda harus terdaftar di sana.



Anda dapat melihat bahwa komputer saya memiliki AMD Radeon HD 6570.


Jika anda tidak yakin perusahaan mana yang membuat chip anda, klik kanan pada nama perangkat dan klik Properties. Di jendela yang terbuka, anda akan melihat pabrikan terdaftar disana.



2. Aplikasi Pihak Ketiga


Jika anda ingin mengetahui model pasti dari graphic card anda, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z untuk menemukan informasi tersebut.


a. Menggunakan CPU-Z

  • Pilih Setup - English dan klik Download Now.
  • Buka file di folder download anda, kemudian klik dobel untuk menginstall program.
  • Setelah selesai install, luncurkan program dan klik pada tab Graphics untuk mengetahui lebih lanjut tentang graphic card anda.




b. Menggunakan GPU-Z


GPU-Z dari TechPowerUp adalah aplikasi kecil, sederhana dan mudah lainnya yang memungkinkan anda mengidentifikasi graphic card dengan cepat di Windows 10 atau Windows 11.


Tidak diperlukan instalasi. Cukup download aplikasi dan klik dobel pad file .exe untuk menjalankannya. Ini akan langsung menampilkan informasi tentang graphic card anda.




Setelah anda menemukan informasi yang anda butuhkan mengenai graphic card anda, anda dapat menggunakan Google untuk mencaritahu lebih banyak tentangnya dan mencaritahu apakah itu cukup kuat untuk digunakan untuk situasi anda.


Setelah mengetahui informasi tentang graphic card anda, anda kemudian mungkin ingin membaca tutorial saya lainnya tentang cara clean install driver graphics card pada Windows atau cara update driver VGA AMD di Windows 10/11.


Semoga artikel kali ini membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest artikel yang ingin anda baca untuk kepentingan perbaikan anda. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengidentifikasi Graphics Card di PC Windows 10/11 Anda"