Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Instagram di Komputer

 


Salah satu aplikasi paling populer di dunia, Instagram telah menjadi yang terdepan di dunia sosial sejak dirilis pada tahun 2010. Dengan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia, Instagram telah lama menjadi tempat untuk berbagi foto apa saja.


Sebagai aplikasi yang memprioritaskan penggunaan di ponsel, Instagram lambat dalam menghadirkan keseimbangan pada pengalaman penggunaan desktopnya. Namun, jika anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer, Instagram di desktop adalah tempat istirahat dari jam kerja yang panjang anda. Mari kita lihat semua cara menggunakan Instagram di komputer.



Browsing Instagram di Desktop Anda


Ini adalah cara termudah dan paling dasar untuk menggunakan Instagram. Perbedaan terbesar antara Instagram di ponsel dan desktop anda adalah yang terakhir menambahkan tata letak dua kolom dengan toolbar di bagian atas. Dengan lebih banyak ruang untuk dimainkan, Instagram memastikan bahwa anda memiliki lebih banyak visibilitas ke dalam teks post dan stori.




Untuk memulai, masuk ke akun Instagram anda di browser apapun pilihan anda. Anda akan segera menemukan feed utama anda ada di sisi kiri yang berfungsi sebagai kolom utama. Seperti aplikasi ponsel, jika ada beberapa foto atau video, anda akan melihat panah yang menunjukkan carousel konten tersedia. Ada ruang untuk Add a comment di setiap postingan serta melihat semua komentar saat ini.


Toolbar di bagian atas layar menawarkan search bar untuk pencarian apapun yang ingin anda lakukan. Ikon kedua tampak seperti pesawat kertas dan merupakan Direct Message anda. Ikon ketiga yang tampak seperti ikon browser Safari adalah untuk explore, termasuk pengguna baru serta konten yang sedang tren. Ikon terakhir pada toolbar adalah ikon hati, yang berfungsi sebagai pusat notifikasi. Semua ini harus langsung dikenal oleh semua pengguna aplikasi seluler. Di bawah ikon toolbar dan di sebelah kanan feed utama adalah semua Instagram stori anda saat ini. Klik untuk melihat setiap stori atau di sebelah kanan stori untuk melihat stori berikutnya. Jika ada video Instagram Live, anda akan melihat tag Live di samping stori dan dapat menampilkannya secara online.



Posting Foto dan Stori ke Instagram di Komputer


Dengan semua akun, Instagram ingin aplikasi desktop anda sebagian besar menjadi tool tampilan dan sebaliknya mengarahkan anda ke aplikasi ponsel untuk memposting konten baru. Namun, telah lama ada sejumlah solusi dengan yang paling populer adalah mennggunakan ekstensi User Agent. Tindakan ini "menipu" situs desktop Instagram agar mengira anda menggunakan halaman ponsel. Ini berfungsi di semua browser utama termasuk Safari, Chrome, Firefox, Edge dan lainnya.



1. Untuk Pengguna Mac


Mengubah User Agent di Safari sangat sederhana, untuk melakukannya ikuti langkah-langkah dibawah ini.


  • Buka browser dan klik kata Safari dari taskbar di bagian atas layar.
  • Pilih Preferences dari menu drop-down dan kemudian klik tab Advanced yang merupakan tab terjauh di sebelah kanan.


  • Temukan opsi Show Develop menu in menu bar di bagian bawah tab Advanced dan pastikan sudah dipilih dengan memberi ceklist.


  • Sekarang anda akan melihat opsi baru di bagian atas taskbar layar berlabel Develop. Klik di atasnya dan opsi kedua berlabel User Agent.
  • Klik pada opsi Safari - iOS 13.1.3 - iPhone yang terletak di bawah opsi Default yang saat ini dipilih.


  • Safari sekarang muncul sebagai perangkat ponsel dan anda akan melihat halaman Instagram berubah dan tombol + muncul di bagian bawah halaman



Meskipun fungsi ini berfungsi dengan baik, ada beberapa batasan, karena desktop tidak mengizinkan anda menambahkan banyak gambar atau video.



2. Untuk Pengguna Windows


#Untuk Browser Chrome


Mengubah User Agent di Chrome sama mudahnya.


  • Buka browser dan klik tombol menu di ujung kanan search bar. Tombol menu tampak seperti tiga titik yang bertumpuk. Pilih More Tools, kemudian Developer tools.


  • Saat Developer tools muncul, banyak opsi teks muncul di bagian atas. Klik yang berlabel Network, lalu klik opsi menu di sebelah kanan Network yang lagi-lagi terlihat seperti tiga titik vertikal. Buka More Tools - Network Conditions.


  • Bagian bawah layar sekarang menampilkan opsi untuk User Agent. Hapus ceklist pada kotak Select automatically, kemudian pilih browser ponsel apapun menggunakan menu drop down.
  • Setelah mengaturnya, refresh halaman Instagram PC anda. Tombol + akan di tampilkan dan anda kemudian dapat memposting foto anda melalui PC. 



Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan ekstensi User Agent Switcher. Ini tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga dimiliki dan dikelola oleh Google sendiri, sehingga anda dapat memastikannya aman.



#Untuk Browser Firefox


Firefox juga berbagi kemampuan untuk mengubah User Agent.


  • Buka jendela browser dan ketik about:config di address bar. Peringatan akan muncul, tetapi cukup aman untuk dilanjutkan, asalkan anda tidak mengubah pengaturan apapun.
  • Di dalam kotak search, temukan yang berikut:


general.useragent.overridepreference

  • Jika anda tidak memiliki value general.useragent.overridepreference yang muncul, maka buatlah sendiri. Klik kanan pada about:config halaman, dan pergi ke New - String di menu konteks. Beri nama string baru general.useragent.overridepreference dan tekan Enter untuk menyimpan.

  • Sekarang masukkan value berikut berdasarkan preferensi anda.



Chrome di Linux:

Mozilla/5.0 (X11; Linux x86_64) AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko) Chrome/65.0.3325.181 Safari/537.36

Microsoft Edge:

Mozilla/5.0 (Windows NT 10.0; Win64; x64) AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko) Chrome/46.0.2486.0 Safari/537.36 Edge/13.10586

Internet Explorer:

Mozilla/5.0 (Windows NT 6.1; WOW64; Trident/7.0; AS; rv:11.0) like Gecko

Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan ekstensi User Agent Switcher. Saya akan merekomendasikan User Agent Switcher dari Chris Pederick. Sayangnya, itu belum diupdate oleh pengembang untuk Firefox Quantum. Oleh karena itu, addon lain yang saya temukan juga memiliki nama yang sama, User Agent Switcher dari Linder. Ulasannya sebagian besar tampak positif, dan sejauh saya menggunakannya, ini selalu bekerja dengan baik.



#Untuk Pengguna Edge

Ada berbagai plugin dan addons untuk semua browser utama untuk mengubah User Agent, namun ini dapat dilakukan dari dalam browser itu sendiri.

Saat menggunakan Edge, buka halaman dan tekan tombol F12 untuk mengakses pengaturan developer.

Kemudian klik menu tiga titik horisontal dan klik Device emulation dan refresh halaman Instagram anda. Disini anda dapat memilih untuk menjadikan Edge meniru tampilan browser ponsel anda. Anda akan menemukan tombol + untuk mengupload foto atau video anda ke Instagram. Halaman akan direfresh secara real time sehingga anda dapat menguji dengan mudah.



Mengirim Direct Message

Instagram telah menambahkan ketersediaan Direct Message di desktop anda. Seperti disebutkan di atas, opsi ini terletak di bagian atas layar di dekat toolbar dan tampak seperti pesawat kertas. Klik pada ikon dan di dalam layar ini anda dapat membaca dan menanggapi pesan, berbagi foto, atau memulai obrolan baru. Bahkan anda juga dapat mencari pesan tertentu disana.



Seperti yang anda lihat, perlu sedikit peretasan untuk menggunakan Instagram di komputer. Tahukah anda bahwa anda dapat share foto Instagram ke Twitter secara otomatis? Dan jika Instagram anda tidak berfungsi, saya memiliki beberapa perbaikan di tutorial saya tentang cara memperbaiki Instagram yang tidak berfungsi.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Instagram di Komputer"