Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Instagram Yang Tidak Berfungsi


Instagram adalah platform berbagi foto yang dominan di Internet dan telah menjadi satu-satunya situs media sosial yang digunakan oleh orang-orang yang lebih suka mengekspresikan diri dengan gambar daripada kata-kata. Tetapi apa yang anda lakukan saat Instagram berhenti berfungsi? Disini saya akan menunjukkan kepada anda alasan utama Instagram tidak berfungsi dan bagaimana anda dapat memperbaikinya.

Catatan: Metode yang baik untuk memulai perbaikan adalah merestart perangkat anda dan memastikan anda memiliki koneksi Internet yang stabil. Jika anda sudah mencoba kedua hal tersebut dan Instagram masih tidak berfungsi, maka lanjutkan perbaikan dengan metode di bawah ini.


1. Hapus Data dan Cache Aplikasi (iOS/Android)

Jika merestart tidak memperbaiki Instagram untuk anda, maka coba bersihkan data dan cache aplikasi. Meskipun anda dapat menghapus cache dan data aplikasi individu di Android, namun di iPhone anda perlu menguninstall dan menginstal kembali aplikasi.


Untuk iPhone :

Untungnya, ada fungsi Offload yang berarti data Instagram anda disimpan di ponsel saat anda menguninstall aplikasi, jadi semuanya akan pulih saat anda menginstal kembali Instagram. Ini pada dasarnya adalah cara yang tidak langsung untuk membersihkan cache.
  • Untuk Uninstall Instagram dari iPhone anda, buka Settings - General - iPhone Storage.

  • Gulir ke bawah hingga anda menemukan aplikasi Instagram. Ketuk Instagram, kemudian ketuk Offload App. Buka App Store, temukan Instagram dan instal kembali.



Untuk Android
  • Buka Settings - Apps.
  • Ketuk Instagram. Tergantung pada versi perangkat Android anda, anda mungkin perlu mengetuk Storage untuk mengakses pengaturan Clear data dan Clear Cache.

  • Setelah itu ketuk Clear Cache. Untuk menghapus data, lakukan langkah yang sama lagi, tetapi kali ini ketuk Clear data.



2. Aktifkan Permission untuk Instagram (iOS/Android)

Instagram membutuhkan banyak permission aplikasi untuk berfungsi dengan baik di ponsel iOS atau Android anda, seperti Kamera, Kontak, Mikrofon, Foto, dan Penyimpanan, untuk beberapa nama. Jika permission untuk satu atau dua saja dinonaktifkan, Instagram mungkin tidak berfungsi dengan baik.


Untuk iPhone :
  • Di iPhone, buka Settings - Instagram dan pastikan semua permission yang relevan diberikan di sana.



Untuk Android :
  • Di Android, pastikan permissions aplikasi diaktifkan dengan membuka Settings - Apps - Instagram - Permissions.
  • Tergantung pada versi Android anda, pada layar ini anda harus mengetuk aplikasi atau fitur, kemudian pilih Allow.



3. Apakah Instagram Down?

Jika Instagram mengalami gangguan secara global, tidak banyak yang dapat anda lakukan kecuali menunggu team Instagram yang memperbaiki situs mereka. Tanda yang menunjukkan server sedang down adalah jika anda mendapatkan error "5xx."

Anda dapat menggunakan status checker pihak ketiga seperti Down Detector, Is It Down? atau Outage Report. Masukkan URL dan itu akan memberitahu anda jika Instagram tidak aktif dengan pesan seperti Possible problems at Instagram atau Problems at Instagram..


Tempat lain untuk memeriksanya adalah akun Twitter Instagram atau FP Facebook Instagram untuk setiap postingan dan update dari perusahaan.


4. Coba di Perangkat Lainnya

Jika masalahnya bukan pada koneksi Internet atau aplikasi yang terinstall di perangkat anda, anda dapat mencoba menggunakan Instagram di perangkat lain seperti ponsel teman anda. Atau, periksa untuk melihat apakah aplikasi berfungsi di ponsel orang lain dan apakah mereka dapat melihat feed dan mengupload foto atau video. Anda juga dapat memeriksanya mengunakan browser di PC anda.


5. Update Aplikasi Instagram

Jika tidak ada yang berhasil sejauh ini, mungkin anda belum mengupdate aplikasi Instagram ke versi terbaru di perangkat anda. Versi yang lebih baru biasanya berisi patch keamanan dan perbaikan bug, selain fitur baru.


Untuk mengupdate aplikasi, buka App Store untuk iPhone dan Play Store untuk Android, kemudian update alplikasi Instagram anda.


6. Uninstall dan Reinstall Instagram

Jika masalah disebabkan oleh bug, anda dapat memperbaiki Instagram dengan menguninstall dan menginstall ulang aplikasi Instagram. Untuk melakukan ini, anda dapat membuka App Store atau Play Store dan menguninstallnya dari sana. Tetapi sebaiknya anda menguninstallnya melalui menu Settings perangkat. Hal ini dimaksudkan agar, sebelum anda mengunisntall aplikasi, sebaiknya anda melakukan Clear data dan Clear Cache. Sehingga tidak ada data yang tersisa setelah anda uninstall.


Untuk iPhone :
  • Anda dapat mengikuti metode pertama di atas. Kemudian ketuk Delete App.
  • Setelah itu masuk ke App Store dan install kembali aplikasi Instagramnya.
  • Login Instagram dengan akun anda dan lihat apakah itu berhasil.



Untuk Android :
  • Buka Settings - Apps - Instagram.
  • Ketuk Uninstall, kemudian kembali ke Google Play Store dan install kembali dengan versi terbaru Instagram.
  • Login kembali dengan akun Instagram anda dan lihat apakah itu berhasil.



7. Periksa Pesan Error Umum dan Masalah yang Diketahui

Seperti kebanyakan aplikasi lain, Instagram juga memiliki serangkaian pesan error dan masalah yang diketahui, dan daftar ini diupdate secara berkala sehingga pengguna dapat menemukan solusi yang mungkin untuk masalah sehari-hari mereka dengan aplikasi tersebut.

Sering kali ini terjadi dengan aplikasi ponsel, jadi jika Instagram tidak berfungsi di perangkat ponsel anda, periksa apakah Instagram berfungsi di versi Web.

Anda kemudian dapat mencatat error yang anda lihat dan melakukan pencarian di Google untuk mengetahui apakah hal tersebut sudah ditangani. Kemungkinan besar pengguna lain memiliki masalah yang sama atau persis sama dan menemukan bantuan.



8. Matikan VPN

Dengan menggunakan VPN, anda dapat mengakses semua konten yang dibatasi di negara anda. Salah satu keuntungan menggunakan VPN adalah menyembunyikan keberadaan Internet anda dan melewati batasan regional. Ini berarti anda dapat menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, Instagram dan lainnya di negara-negara yang melarangnya.

Kelemahan dari ini adalah VPN mungkin menjadi alasan di balik Instagram tidak berfungsi. VPN yang salah mungkin tidak memuat Instagram feed, sehingga anda mengalami penundaan dalam mengirim atau menerima pesan dan lainnya.

Jika anda menggunakan VPN, matikan dan lihat apakah Instagram berfungsi kembali.


9. Pastikan Background Data Tidak Dibatasi

Instagram harus terhubung ke Internet untuk terus mengupdate feed anda, mengirim/menerima pesan dan menampilkan notifikasi tentang kiriman anda. Agar Instagram berjalan tanpa gangguan, anda perlu memastikan background data tidak dibatasi.

Untuk memastikan background data tidak dibatasi, buka menu Settings di ponsel anda, kemudian ketuk Apps - Instagram - Mobile data. Kemudian atur Allow background data usage ke aktif. Ini memastikan Instagram memiliki akses ke Internet saat berjalan di background.


10. Periksa Masalah Data

Jika anda menggunakan paket data terbatas, ada kemungkinan data telah habis. Ini akan mencegah Instagram memuat di ponsel anda. Bisa juga karena ada masalah dengan jaringan seluler anda atau mobile data anda tidak dapat digunakan atau anda telah mengatur Metered Wi-Fi Connection. Untuk mengatasinya, anda dapat memeriksa pengaturan Metered Wi-Fi Connection dan memeriksa masalah terkait mobile data anda.


Laporkan Masalah ini ke Instagram

Jika tidak ada langkah yang tercantum disini yang dapat menyelesaikan masalah. Anda dapat melaporkan bug dari dalam aplikasi itu sendiri agar Instagram menginvestigasinya. Pastikan anda memberikan detail sebanyak mungkin tentang masalah yang anda hadapi dalam laporan, perangkat yang anda gunakan, dan apa yang anda lakukan sebelumnya dan kapan perangkat tersebut berhenti bekerja. Hal yang sama berlaku untuk masalah login ke akun anda.


Sekian artikel kali ini, semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah yang anda hadapi. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Instagram Yang Tidak Berfungsi"