Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Mobile Data Tidak Dapat Digunakan di Android


Mobile data merupakan salah satu hal yang menjadi kebutuhan hidup begitu anda memiliki smartphone. Ketika anda kehilangan konektivitas, anda baru akan menyadari bahwa anda tidak tahu dimana tujuan anda tanpa Google Maps, tidak dapat melakukan transaksi online, dan tidak tahu bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang melalui sosial media.

Ketika mobile data berhenti bekerja di Android, rasanya seperti dunia akan hancur. Berikut adalah beberapa tips tentang cara mendapatkannya kembali.


1. Reset Network Connection Ponsel Anda

Perbaikan sederhana dan lebih manjur untuk data yang tidak berfungsi pada perangkat Android anda. Untuk melakukannya anda dapat mengikuti langkah dibawah ini.
  • Buka Settings app pada ponsel anda.
  • Dihalaman setting, ketuk General Management.
  • Kemudian ketuk Reset di halaman selanjutnya.
  • Dihalaman Reset pilih Reset Network Settings.
  • Dihalaman berikutnya ketuk Reset Settings. Saat anda mengtuk ini dan jika diminta, masukkan PIN, kata sandi, atau pola kunci anda untuk melanjutkan.
  • Ketuk Reset Settings sekali lagi untuk konfirmasi.

2. Aktifkan Network Mode ke Yang Terbaik

Dimulai dengan solusi paling sederhana, ada kemungkinan bahwa selama update, atau hanya dalam pengaturan default ponsel, network mode (3G, 4G, dll) dari ponsel anda diatur ke yang tidak menawarkan jangkauan optimal.

Jika anda memiliki ponsel 4G, misalnya, anda harus selalu memastikan 4G dipilih dalam network mode anda untuk menangkap sinyal 4G. Atau jika ponsel anda bukan 4G tetapi anda menjalankan OS yang menampilkannya sebagai network mode (dengan rooting, misalnya), ponsel anda mungkin mencoba untuk terhubung ke sinyal 4G tetapi memang tidak bisa terhubung.


Untuk mengubah ini merupakan hal yang sederhana. Buka Settings - Connections - Mobile network - Network mode, kemudian beralih ke network yang paling sesuai dengan ponsel anda. Karena ponsel saya 4G, saya menggunakan LTE/3G/2G (auto connect) sehingga selalu mencoba terhubung ke sinyal yang terbaik yang ada.


3. Lepas dan Masukkan Ulang SIM Card Anda

Beberapa orang akan menyarankan untuk melakukan perbaikkan seperti "reboot ponsel anda" dan "keluarkan dan masukkan kembali kartu SIM card." Ini sebenarnya harus selalu menjadi solusi pertama ketika mencoba memperbaiki masalah mobile data. Pilihan lain adalah menguji ponsel anda dengan SIM card lainnya untuk mengetahui apakah masalah tersebut berasal dari ponsel atau kartu tersebut.

Ada juga sedikit trik ekstra untuk me-reboot ponsel anda yang dapat membantu:
  • Sebelum me-reboot, hidupkan Airplane Mode.
  • Tunggu 30 detik, lalu matikan Airplane Mode
  • Jika anda masih belum mendapatkan sinyal data, nyalakan kembali Airplane Mode, kemudian matikan ponsel anda.
  • Tunggu sebentar, kemudian nyalakan kembali ponsel anda.
  • Matikan Airplane Mode, tunggu selama tiga puluh detik, lalu nyalakan mobile data.

Jika masih gagal, maka coba perbaikan berikut ini.


4. Reset APN Anda

Access Point Names (APN) adalah sarana yang digunakan penyedia mobile network anda untuk menghubungkan ponsel anda ke Internet mobile. Ini mengatur telepon anda dengan semua pengaturan penting seperti alamat IP dan menjadi pintu masuk untuk (mudah-mudahan) membuat anda terhubung. Namun, proses ini kadang-kadang bisa salah dan memerlukan reset. Berikut ini menunjukkan cara melakukannya.

  • Buka Settings - Connections - Mobile networks - Access point names.
  • Anda harus melihat daftar APN (berpotensi dengan hanya ada satu network disini, jika anda mempunyai 2 slot SIM card dan terpasang keduanya, berarti anda memiliki dua network disini). Ketuk ikon menu (titik tiga) di kanan atas, lalu ketuk Reset to default.

5. Masukkan Setting APN Anda Secara Manual

Ini kejadian yang menyedihkan tetapi tidak jarang juga terjadi untuk pengaturan APN anda. Ini terjadi mungkin juga karena update pada software Android anda, dan jika reset standar tidak memperbaiki masalah, maka anda mungkin perlu memasukkan alamat APN anda secara manual.

  • Buka pendaftaran APN anda di Settings - Connections - Mobile networks - Access point names.
  • Disini, ketuk Add untuk membuat APN baru.
  • Masukkan semua detail APN untuk network anda. Daftar pengaturan APN Indonesia ada disini.
  • Save pengaturan APN baru anda.
  • Pilih APN dari daftar pada perangkat anda.

6. Apakah Anda Memiliki Batas Mobile Data?

Setiap ponsel Android memungkinkan anda menetapkan batas dan peringatan mobile data anda saat anda akan mencapai batas anda. Ini biasanya tidak diaktifkan secara default, tetapi mungkin anda menetapkan batas sebelumnya, telah meningkatkan tarif anda, dan lupa memperbarui batas mobile data anda. Untuk memeriksanya:

  • Buka Settings - Connections - Data Usage.
  • Anda akan melihat grafik yang menunjukkan penggunaan data anda bersama dengan sejumlah pengaturan. Pastikan batas data anda dalam grafik sesuai dengan yang diizinkan jaringan anda dengan menyeret batas naik atau turun di grafik.
  • Atau, anda dapat mematikan semua batas data dengan menonaktifkan Data saver anda.



Itu dia, kunci untuk membuat anda kembali online ketika anda berpikir anda harus pergi ke tempat servis untuk memperbaikinya hanya agar dapat berkomunikasi kembali dengan orang-orang.

Jika anda sudah mencoba semua hal di atas tetapi anda masih belum bisa terhubung, maka anda harus membawanya ke servis center resmi ponsel anda untuk mengetahui kerusakannya atau juga mungkin anda harus menggantinya dengan SIM card baru.

Semoga membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk membagi pengalaman dalan mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Mobile Data Tidak Dapat Digunakan di Android"