Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Metered Wi-Fi Connection di Android


Di era modern saat ini, semua orang pasti akan memiliki Wi-Fi unlimited. Tapi bukan itu masalahnya. Perangkat seluler sering memilih anda untuk menggunakan Wi-Fi, tetapi anda dapat mengatur metered Wi-Fi connection pada Android untuk kontrol yang lebih baik atas penggunaan data anda. Anda dapat mengatur ini pada jaringan Wi-Fi tunggal di beberapa jaringan.


Bagaimana Android Menangani Metered Wi-Fi

Biasanya, update besar default selalu menggunakan Wi-Fi di Android. Saat anda terhubung, aplikasi dan bahkan system itu sendiri dapat mencoba mengupdate. Ini dapat dengan cepat menghabiskan data anda, terutama dengan update dan aplikasi system yang lebih besar. Untuk membantu anda menghindari biaya yang tinggi, anda dapat memberitahu Android untuk memperlakukan Wi-Fi sama dengan data seluler.

Saat anda terhubung ke metered Wi-Fi connection di Android, tidak ada yang didownload tanpa izin anda. Kadang-kadang, update keamanan mungkin masih terus diinstal, tetapi ini harus jarang terjadi. Google terkadang mendorong update ini terlepas dari koneksi yang anda aktifkan untuk menjaga keamanan pengguna.

Aplikasi individual juga masih menjadi sebuah permasalahan. Misalnya, aplikasi media sosial tidak peduli apakah paket Wi-Fi anda terbatas atau tidak, mereka akan terus menggunakannya. Namun ada pengaturan di sebagian besar aplikasi media sosial untuk mengurangi penggunaan, seperti tidak memutar video secara otomatis.


Mengatur Metered Wi-Fi Connection

Prosesnya bervariasi berdasarkan versi Android yang sedang anda jalankan. Karena saya menjalankan Android 10, maka saya akan menggunakan screenshot dari Android 10. Untuk Android versi sebelumnya, tinggal menyesuaikannya saja. Untuk pengaturan ini dibutuhkan beberapa langkah, karena Android menyembunyikan pengaturan dalam Data Usage.


1. Android 10

  • Buka Settings pada perangkat Android anda. Anda dapat swipe bagian atas layar ponsel anda atau mencarinya di menu ponsel.

  • Di jendela Settings, ketuk Connections.

  • Pastikan anda terhubung ke Wi-Fi. Anda hanya dapat mengatur metered connection saat anda terhubung ke Wi-Fi. Setiap jaringan yang disimpan akan muncul untuk anda ubah, tidak peduli jaringan mana yang saat ini terhubung. Ketuk Wi-Fi.

  • Langkah selanjutnya, ketuk ikon Settings Wi-Fi dan kemudian ketuk Advanced di halaman settings Wi-Fi.

  • Disini, Metered network di atur ke deteksi otomatis. Ketuk ini dan pilih Treat as metered.

  • Anda kemudian dapat mengetuk Save untuk menyimpan pengaturan. Tugas pengaturan anda selesai.
Jika anda ingin memeriksa penggunaan data anda, anda dapat mengakses Settings - Connections - Data usage - Wi-Fi data usage. Disini anda dapat melihat penggunakaan data di setiap aplikasi berikut total penggunaan datanya.




2. Android 9

  • Buka Settings ponsel anda dan kemudian ketuk Network & Internet.
  • Selanjutnya ketuk Data Usage.
  • Di halaman selanjutnya, ketuk Menu di sudut kanan atas dan pilih Metered Wi-Fi Networks.
  • Anda juga dapat memeriksa Show Wi-Fi usage dari menu ini jika anda ingin melihat penggunaan Wi-Fi di jendela Data Usage di samping data seluler. Menghidupkan ini adalah ide yang baik untuk dengan cepat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data sehingga anda dapat menemukan alternatif atau membatasi penggunaan data untuk aplikasi jika memungkinkan.
  • Nonaktifkan jaringan yang ingin anda batasi dan anda selesai dengan pengaturan ini.


Seperti yang anda lihat, lebih mudah untuk menemukan pengaturan Metered Wi-Fi Connection di Android 10. Update ponsel anda jika itu tersedia untuk perangkat anda.


Simpan Data Wi-Fi Anda

Meskipun ada beberapa cara untuk mengurangi penggunaan data di ponsel, banyak dari metode yang sama juga berfungsi untuk paket Wi-Fi terbatas. Beberapa trik cepat  dibawah ini untuk menyimpan lebih banyak data di koneksi Wi-Fi terukur di Android termasuk:
  • Gunakan data seluler sebanyak mungkin jika anda memiliki paket data tanpa batas.
  • Hindari streaming dan/atau gunakan layanan streaming dengan opsi offline.
  • Batasi penggunaan data di background pada aplikasi. (Di Android 10, Settings - Connections - Data usage - Wi-Fi data usage - Pilih aplikasi - Nonaktifkan Allow background data usage. Di Android 9, Settings - Apps & notifications - App info. Pilih aplikasi dan ketuk Data usage. Nonaktifkan Background data untuk mematikan dan memastikan Unrestricted data usage tidak aktif).

  • Mainkan game yang menawarkan permainan offline untuk menghindari data yang lapar akan iklan.


Langkah paling penting adalah memantau penggunaan Wi-Fi anda dan memperhatikan aplikasi penggunaan berat. Yang terbaik dari semuanya, cegah agar tidak hidup secara otomatis. Ini membantu anda menghindari kelebihan penggunaan yang mahal setiap bulan.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengatur Metered Wi-Fi Connection di Android"