Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Banyak Kuota yang Digunakan untuk Video Call?

 


Jika anda memiliki koneksi internet yang cepat dan tidak terbatas, anda mungkin tidak berpikir dua kali untuk mengaktifkan video call HD. Namun, ketika anda mengalami koneksi yang lebih lambat atau kuota data yang terbatas, anda mungkin mulai bertanya-tanya berapa banyak kuota data yang digunakan untuk video call dan apakah anda benar-benar ingin menukar beberapa jam browsing untuk Zoom meeting.


Penggunaan kuota data dapat sangat bervariasi tergantung pada aplikasi, kualitas dan peserta, tetapi masih mungkin untuk mendapatkan perkiraan umum tentang seberapa banyak yang akan anda gunakan, terutama jika anda mengubah pengaturan kualitas aplikasi video chat anda pada level yang rendah.



Bagaimana Menghitung Penggunaan Kuota?


Jika anda membuka website aplikasi video chat, mereka biasanya menghitung persyaratan kuota dalam megabit per detik, yang tidak terlalu berguna, mengingat kita lebih mementingkan berapa banyak megabyte yang kita gunakan selama serangkaian menit. Untungnya, perhitungan untuk mengonversi keduanya tidak terlalu rumit.


Catatan:

  • Saya menggunakan Mbps untuk megabit per detik dan MB/s untuk megabyte per detik, hanya untuk membedakannya dengan lebih mudah.
  • Megabit adalah unit pengukuran untuk ukuran data, paling sering digunakan dalam diskusi transfer data. Dibutuhkan delapan megabit untuk membuat satu megabita.
  • Megabyte (megabita) adalah sebuah unit informasi atau penyimpanan komputer.
  • 1 megabyte (MB) = 8 megabit (Mb)
  • 1 megabit (MB) = 1/8 megabit (Mb)


Itu berarti jika anda melihat angka dalam Mbps, anda dapat membaginya dengan 8 untuk mendapatkan MB/s yang sama.


Untuk mengubahnya menjadi satuan menit yang lebih berguna, maka anda dapat mengalikannya dengan 60. Untuk mengubahnya menjadi jam, kalikan lagi dengan 60.


Berikut referensi singkatnya:

Megabits per detik

(Mbps)

Megabytes per detik

(MB/s)

Megabytes per menit

Megabytes per jam

1

.125

7.5

450

2

.25

15

900

4

.5

30

1800 (1.8 GB)

8

1

60

3600 (3.6 GB)

Mengkonversi Mbps yang anda temukan di saran kuota aplikasi menjadi megabyte per jam akan memberi anda gambaran umum tentang berapa banyak data yang kemungkinan akan anda gunakan dalam video call, tetapi tidak semua panggilan dibuat sama.


Faktor Dalam Penggunaan Kuota Data Video Call

Hampir semua aplikasi video chat utama memiliki pengaturan kualitas dan banyak di antaranya menggunakan algoritma yang secara otomatis menyesuaikan kualitas berdasarkan perangkat dan koneksi anda. Perbedaan data antara definisi standar 360p dan definisi tinggi 1080p cukup signifikan, dengan panggilan HD yang menghabiskan kuota data dua hingga empat kali lebih banyak daripada panggilan SD. Jika anda ingin menghemat Internet, menurunkan kualitas ke pengaturan terendah adalah cara yang baik untuk melakukannya.



Namun, jangan lupa bahwa data selalu bergerak dari dua arah selama video call: naik dan turun. Itu membuat video call sedikit lebih lapar data daripada streaming video yang satu arah pada umumnya, karena anda biasanya akan menghabiskan dua kali lipat atau lebih dari dua kali lipat kuota data anda.

Sebagian besar aplikasi video call menggunakan minimal sekitar 500 kbps (3,75 MB/menit) untuk panggilan kualitas standar satu arah dan maksimal sekitar 1,8 Mbps (13,5 MB/s) untuk video kualitas tinggi satu arah. Anda kemudian dapat mengalikannya dengan 2 untuk memperhitungkan aliran dua arah, jadi totalnya menjadi minimal 7,25 MB/menit, maksimum 27 MB/menit.

Sebagai referensi, satu menit video YouTube 720p biasanya menghabiskan 20 hingga 30 megabyte, rata-rata halaman web hanya membutuhkan satu atau dua megabyte untuk memuat, dan bermain game online biasanya berjalan di bawah 100 megabyte per jam.

Menambahkan orang lain ke panggilan juga membutuhkan lebih banyak data di sisi download (lagipula anda masih mengupload satu aliran), tetapi berapa banyak tambahan tergantung pada aplikasinya. Seperti yang akan anda lihat di bawah, Zoom menangani panggilan group jauh lebih efisien daripada Skype, meskipun Skype tampaknya menggunakan lebih sedikit kuota data untuk panggilan 1:1.

Berbagi layar adalah salah satu hal yang dapat menguras data saat anda melakukannya pada video call. Ini biasanya akan menghabiskan sekitar 200 Kbps (1,5MB/s).


Berapa Kuota Data yang Digunakan Zoom dan Skype?

Menghitung dengan tepat berapa banyak data yang digunakan pada video call bergantung pada banyak faktor yang berbeda, yang mungkin menjadi alasan sebagian besar program merilis angka "minimum" dan "recommended" daripada perkiraan penggunaan. Namun, mengubah Mbps ke MB/s dan menggunakan bandwidth "recommended" untuk menghitung menit dan jam adalah cara yang cukup aman untuk memperkirakan lalu lintas anda. Namun, anda kemudian harus mengalikan dua untuk memperhitungkan lalu lintas upload dan download.



Ada banyak aplikasi video call, tetapi Zoom, Skype, dan FaceTime adalah beberapa yang paling populer dan akan memberi anda gambaran yang cukup baik tentang apa yang diharapkan dari aplikasi lain juga.


Zoom

Sumber data dapat ditemukan di halaman dukungan Zoom pada bagian Bandwidth requirements.


Definition

Recommended up/down

Total MB/min

Total MB/hr

480p/Standard

600/600 Kbps

9

540

720p

1.2/1.2 Mbps

18

1080 (1.08GB)

1080p

1.8/1.8 Mbps

27

1620 (1.62 GB)


Untuk panggilan group:

Definition

Recommended up/down

Total MB/min

Total MB/hr

480p/Standard

800 Kbps/1 Mbps

13.5

810

720p

1.5/1.5 Mbps

22.5

1350 (1.35GB)

1080p

3/3 Mbps

45

2700 (2.7GB)


Manfaat besar lainnya dari Zoom adalah saat anda melihat jendela dalam thumbnail mode, penggunaan data download anda akan turun secara otomatis untuk mencerminkan resolusi yang anda terima.


Skype

Data tentang penggunaan kuota data Skype dapat ditemukan di halaman dukungan mereka.


Definition

Recommended up/down

Total MB/min

Total MB/hr

480p/Standard

300/300 Kbps

4.5

270

720p

500/500 Kbps

7.5

450

1080p

1.5/1.5 Mbps

22.5

1350 (1.35 GB)


Untuk panggilan group:

People

Recommended up/down

Total MB/min

Total MB/hr

3

512 kbps / 2 Mbps

37.68

2260 (2.26 GB)

5

512 kbps / 4 Mbps

67.68

4061 (4.06 GB)

7+

512 kbps / 8 Mbps

127.68

7660.8 (7.66 GB)


Secara keseluruhan, Skype menambahkan banyak data tambahan saat lebih banyak orang bergabung, tetapi untuk percakapan 1:1, data yang dibutuhkan cukup minimal.


Intinya: Video call menggunakan cukup banyak data

Pernyataan tentang apa yang dimaksud dengan "banyak data" cenderung tidak menua dengan baik, dan gigabyte jelas tidak sebesar satu dekade yang lalu, tetapi video call masih menggunakan kuota data yang cukup banyak. Itu terutama karena anda sedikit mengupload, yang biasanya tidak ada hubungannya dengan Netflix atau YouTube.

Aplikasi yang anda gunakan juga dapat membuat perbedaan besar, karena beberapa di antaranya cukup ringan penggunaan datanya saat percakapan 1:1 tetapi akan membengkak lebih banyak saat peserta ditambahkan. Itu menurut perkiraan resmi mereka. Namun dalam pengujian, semuanya mungkin menjadi berbeda. Hal ini juga mencakup jarak tempuh anda mungkin berbeda, koneksi internet, perangkat dan cara anda menggunakan panggilan. Jadi sebaiknya asumsikan skenario penggunaan terberat untuk menghitung penggunaan kuota data saat video call.




Sekian artikel kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Berapa Banyak Kuota yang Digunakan untuk Video Call?"