Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Fitur Fast Logon Optimization di Windows 10/11

 


Fast Logon Optimization di OS Windows adalah sesuatu seperti tindakan melakukan refresh di background. Ini membantu dalam mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk kotak dialog logon muncul di layar anda.


Fitur ini diaktifkan secara default di Windows 10 dan Windows 11 tetapi ada satu kelemahan. Ini dapat menyebabkan anda masuk atau restart komputer beberapa kali sebelum pengaturan Group Policy tertentu diterapkan ke komputer klien. Jadi, tergantung pada preferensi anda, anda dapat menonaktifkan Fast Logon Optimization.



Apa itu Fitur Fast Logon Optimization di Windows 10/11?


Kondisi dimana Fast Logon Optimization dapat dinonaktifkan termasuk contoh seperti.

  • Ketika pengguna logon ke komputer.
  • Ketika pengguna memiliki profil pengguna roaming atau direktori home untuk tujuan logon.
  • Ketika pengguna memiliki skrip login sinkron.


Pada intinya, dengan fitur Fast Logon Optimization diaktifkan maka pengguna yang sudah ada masuk dengan menggunakan kredensial cache akan menghasilkan waktu login yang lebih singkat. Dan ketika anda mematikan fitur ini, Windows menunggu jaringan diinisialisasi sepenuhnya sebelum pengguna login.



Aktifkan atau Nonaktifkan Fast Logon Optimization di Windows 10/11


Administrator dapat mengubah konfigurasi policy/kebijakan default dengan menggunakan Group Policy Editor.


Dengan Fast Logon Optimization, pemrosesan awal Group Policy yang diaktifkan berjalan secara asinkron. Pemrosesan asinkron mengacu pada proses yang tidak bergantung pada hasil dari proses lain. Oleh karena itu, mereka dapat terjadi pada urutan yang berbeda secara bersamaan.


Untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor .
  • Di jendela Group Policy Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.

Computer Configuration - Administrative Templates - System - Logon

  • Di panel kanan, temukan dan klik dobel pada kebijakan Always wait for the network at computer startup and logon.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih Disabled kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Setelah itu restart PC anda untuk menerapkan kebijakan.


Untuk mengaktifkannya kembali, ikuti langkah diatas dan di jendela edit kebijakan pilih Enabled atau Not Configured.


Pengaturan kebijakan ini menentukan apakah pemrosesan Group Policy sinkron (yaitu, apakah komputer menunggu jaringan untuk sepenuhnya dimulai selama startup komputer dan logon pengguna). Secara default, di komputer klien, pemrosesan Group Policy tidak sinkron; komputer klien biasanya tidak menunggu jaringan sepenuhnya diinisialisasi saat startup dan logon. Pengguna yang sudah ada masuk menggunakan kredensial yang di cache, yang menghasilkan waktu masuk yang lebih singkat. Group Policy diterapkan di background setelah jaringan tersedia.

Karena ini adalah refresh background, ekstensi seperti penginstalan software dan pengalihan folder memerlukan dua log masuk untuk menerapkan perubahan. Agar dapat beroperasi dengan aman, ekstensi ini mengharuskan tidak ada pengguna yang masuk. Oleh karena itu, mereka harus diproses di awal sebelum pengguna aktif menggunakan komputer. Selain itu, perubahan yang dibuat ke objek pengguna, seperti menambahkan jalur profil roaming, direktori home, atau skrip logon objek pengguna, mungkin memerlukan hingga dua logon untuk dideteksi.

Jika pengguna dengan profil roaming, direktori home, atau skrip logon objek pengguna logon ke komputer, komputer selalu menunggu jaringan untuk diinisialisasi sebelum logon pengguna. Jika pengguna belum pernah masuk ke komputer ini sebelumnya, komputer selalu menunggu jaringan untuk diinisialisasi.

Jika anda mengaktifkan pengaturan kebijakan ini, komputer menunggu jaringan untuk sepenuhnya diinisialisasi sebelum pengguna logon. Group Policy diterapkan di awal, secara sinkron.

Jika anda menonaktifkan atau tidak mengkonfigurasi pengaturan kebijakan ini dan pengguna logon ke komputer klien atau server yang menjalankan Windows Server 2008 atau yang lebih baru dan yang dikonfigurasi seperti yang dijelaskan sebelumnya, komputer biasanya tidak menunggu jaringan sepenuhnya dimulai. Dalam kasus ini, pengguna logon dengan kredensial cache. Group Policy diterapkan secara asinkron di background.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Apa itu Fitur Fast Logon Optimization di Windows 10/11"