Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus atau Memformat Drive C Menggunakan Command Prompt

 


Mendengar Command Prompt, anda mungkin membayangkan perintah yang rumit dan mungkin pula sedikit menakutkan. Namun sebenarnya ini tidaklah serumit dan menakutkan seperti yang anda pikirkan. Anda dapat memanfaatkannya dengan baik dan membuat hidup anda menjadi lebih mudah dan lebih baik.


Memanfaatkan kemudahannya untuk membantu anda menyelesaikan berbagai hal, banyak pula pengguna yang lambat laun semakin gemar menggunakannya untuk menyelesaikan berbagai hal. Salah satu hal yang ingin diselesaikan dengan command prompt adalah menghapus dan memformat drive C: atau drive system.


Seperti yang kita tahu,  Command Prompt memudahkan kita dalam memformat hampir semua hal kecuali drive C, tempat dimana system Windows anda diinstal. Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan bagaimana anda dapat menghapus dan memformat drive C dengan command prompt tetapi bukan dengan cara yang biasa.



Hapus dan Format Drive C Menggunakan Command Prompt


Semua ini dengan asumsi anda masih bisa booting ke Windows 10 atau Windows 11 dengan cara biasa. Jika anda tidak bisa, satu-satunya cara adalah menggunakan USB drive bootable. Anda kemudian dapat menggunakan Advanced recovery.


Anda harus menggunakan perintah Format untuk memformat partisi apapun. Jika anda ingin menghapus sebagian, anda dapat menggunakan utilitas Diskpart.



1. Format drive Menggunakan Advanced Recovery


Anda dapat booting ke Advanced Recovery dari Windows tanpa memerlukan USB drive bootable.


Buka Settings app Windows 10 atau Windows 11 kemudian pilih Update and Security - Recovery - Advanced Startup. Dan anda kemudian dapat mengklik tombol Restart now di panel kanan dan itu akan membawa anda langsung ke Advanced Recovery.




Setelah anda di Advanced Recovery anda dapat memilih untuk membuka Command Prompt, dan kemudian menggunakan perintah FORMAT untuk menghapus semuanya dari drive C.




Anda juga dapat menggunakan tools Diskpart untuk menghapus partisi dan membuat yang baru dari awal.





2. Menggunakan USB Drive Bootable


Jika anda tidak dapat melakukan booting ke komputer karena alasan apapun, dan anda perlu memformat semuanya, maka satu-satunya pilihan adalah USB Drive Bootable.


Ini akan membawa anda ke Advanced Recovery dimana anda dapat mengikuti opsi yang sama seperti metode pertama. Anda juga dapat menggunakannya untuk menginstal ulang Windows 10 atau Windows 11 yang pada gilirannya akan memformat semua yang ada di komputer.


Memformat atau menghapus Drive C dan mereset Windows 10/11 sekarang mudah. Anda dapat mengikuti salah satu metode ini, tetapi pastikan untuk selalu membuat backup semua file di komputer anda. Setelah pemformatan selesai, anda tidak akan dapat memulihkan data anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghapus atau Memformat Drive C Menggunakan Command Prompt"