Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Anda Harus Mendefrag Registry


Kebutuhan untuk Mendefrag Registry Windows

Jika anda memonitor registry system anda menggunakan tools, anda akan melihat bahwa itu diakses oleh system operasi Windows anda dan program yang diinstal di atasnya lebih dari seratus kali setiap detik. Oleh karena itu, jika registry anda terfragmentasi dan lambat dalam menanggapi permintaan informasi, itu secara langsung mempengaruhi kinerja PC anda dan memperlambatnya. Inilah alasan mengapa penting bagi anda untuk menjaga registry anda bebas dari file yang tidak diinginkan dan defrag secara teratur untuk mempercepat PC anda dan mempertahankannya pada kinerja yang optimal.


Penyebab Fragmentasi Registry

Registry adalah salah satu komponen yang paling sering digunakan pada system Windows anda karena terdiri dari data konfigurasi semua hardware dan program software yang diinstal pada PC anda. Oleh karena itu, setiap operasi yang terjadi di system anda menambah atau menghapus informasi dari registry. Sering kali, saat entri ini tidak lagi diperlukan, entri tersebut akan dihapus dari registry. Namun, pada kenyataannya, banyak informasi tertinggal yang menyebabkan registry membengkak. Registry ini akhirnya membengkak, memecah dan merusak file registry.


File registry juga menjadi terfragmentasi karena akumulasi beberapa key registry kosong di dalamnya. Key ini dibuat saat entri registry yang dihapus dari registry gagal menghapus placeholder mereka. Pada waktunya, jumlah key registry kosong ini meningkat di registry dan menyebabkan fragmentasi registry.


Cara Mendefrag Registry

Tidak ada tools yang tersedia di system Windows anda yang dapat anda gunakan untuk mendefrag registry. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk mendefrag adalah dengan menggunakan cleaner tool registry dari pihak ketiga yang andal. Saat ini, ada sejumlah besar cleaner tool registry yang tersedia di pasaran saat ini. Anda harus memilih dan mendownload salah satu yang memenuhi persyaratan anda, medapat ulasan pengguna yang baik dan kompatibel dengan system operasi anda.


Registry tool mudah digunakan dan memungkinkan anda untuk men-defrag registry dengan mudah hanya dengan beberapa klik mouse. Saat anda memulai proses defragmentasi registry, registry tool anda akan menggabungkan semua file registry yang terfragmentasi, mengindeksnya kembali untuk meningkatkan waktu akses data, dan menghapus semua key registry kosong untuk mengkompres registry.

Anda dapat menggunakan cleaner tool registry seperti Auslogics Registry Defrag, CCleaner, Advanced SystemCare, iolo System Mechanic, Tune Up dan lainnya. Anda juga dapat menggunakan tools lainnya yang direkomendasikan.


Kapan Mendefrag Registry

Karena proses defragmentasi registry memungkinkan anda untuk menghapus key registry yang kosong, anda harus mendefrag registry setelah anda melakukan aktivitas apapun yang menghapus banyak entri dari registry.

Misalnya, setelah anda membersihkan registry menggunakan registry scanner tool, semua key yang tidak valid dihapus dan meninggalkan tempat penampungnya yang kosong. Dengan cara yang sama, key yang kosong tersebut mungkin tertinggal saat anda menghapus aplikasi dari PC. Jadi, meskipun anda akan menghapus semua informasi yang tidak diinginkan dari registry - atau mencopot aplikasi, ukuran registry mungkin tetap sama karena adanya key registry kosong ini. Inilah alasan mengapa anda selalu dapat mendefrag registry setelah scan dan perbaikan registry serta proses penghapusan program.


Registry adalah komponen penting dari system Windows anda dan penting bagi anda untuk melakukan pemeliharaan registry secara rutin untuk memastikan diri anda memiliki PC yang sehat dan berkinerja tinggi. Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan registry cleaner tool anda. Selain memperbaiki kesalahan registry dan mendefrag registry, anda juga dapat menggunakan tools ini untuk membuat backup registry. Membuat backup registry secara teratur juga sangat berguna, karena jika terlepas dari semua aktivitas pemeliharaan dan kemudian registry gagal, maka anda dapat dengan mudah memulihkannya menggunakan backup yang anda ambil sebelumnya.

Baca juga artikel saya tentang panduan cepat untuk Windows registry untuk mengetahui key dan value penting yang ada di dalamnya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Apakah anda ingin merekomendasikan registry cleaner tool terbaik yang anda gunakan? Tinggalkan komentar anda dibawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Mengapa Anda Harus Mendefrag Registry"