Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggunakan Registry Defrag untuk Membersihkan Registry Windows


Registry Windows adalah database yang digunakan Windows untuk menyimpan semua pengaturan terkait pengguna dan system. Sebagian besar software Windows juga menggunakan registry untuk menyimpan pengaturannya. Namun sebagian besar software ini juga tidak menghapus entri mereka dari registry saat anda menguninstall mereka.

Tak perlu dikatakan lagi, ketika itu terjadi registry windows cenderung menjai berantakan dan itulah kenapa anda harus mendefrag registry (baca artikel saya tentang itu).

Sebagai pengguna Windows, anda juga mungkin telah memperhatikan bahwa seiring berjalannya waktu, Windows anda menjadi semakin lambat saat anda menggunakannya untuk menginstal dan menguninstal software, atau menjalankan bisnis anda sehari-hari. Salah satu alasannya adalah karena registry Windows cenderung membengkak dengan entri yang sudah tak terpakai atau semacamnya. Seiring berjalannya waktu dan karena itu disimpan dalam memory selama komputer sedang digunakan, maka hal ini akan memperlambat seluruh kinerja komputer.

Ada banyak utilitas yang tersedia untuk membantu anda membersihkan registry dan kebanyakan dari mereka melakukan pekerjaan dengan cukup baik. Salah satunya yang saya coba baru-baru ini (dan cukup terkesan) adalah Auslogics' Registry Defrag.

Registry Defrag adalah aplikasi yang tidak masuk akal, tanpa embel-embel. Download dan install dari link di atas dan anda siap menjalankannya.

Saat menjalankan Registry Defrag untuk pertama kali, ia akan membaca registry, menganalisisnya, dan memberitahu anda perkiraan keuntungan yang akan anda dapatkan dengan menjalankan utilitas tersebut.


Setelah anda mengklik Defrag, Registry Defrag menjadwalkan defrag untuk dilakukan pada reboot Windows berikutnya. Ini akan meminta anda untuk membiarkannya mereboot windows, sehingga dapat bekerja di registry, tanpa diganggu oleh Windows. Atau anda dapat terus bekerja dan mereboot nanti sesuai keinginan anda.


Jika anda adalah tipe pengguna yang menginstall dan menguninstall banyak software dan yakin bahwa me-reinstall Windows adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan permasalahan di Windows, maka anda wajib mencoba Registry Defrag ini.

Sebagai tambahan aplikasi lainnya untuk mendefrag registry Windows anda adalah CCleaner. Seperti halnya saya juga menggunakan aplikasi ini untuk menyingkirkan registry yang sudah usang selama ini, hingga saya beralih ketika menemukan Auslogics' Registry Defrag. CCleaner adalah aplikasi populer yang mungkin juga sudah terinstall di PC anda. Gunakan itu untuk membersihkan registry Windows anda untuk memperbaiki kinerja PC anda menjadi lebih baik.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini, untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Menggunakan Registry Defrag untuk Membersihkan Registry Windows"