Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjalankan Aplikasi iOS di Perangkat Android


Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk system operasi Android, iOS atau Windows untuk perangkat seluler. Namun, anda mungkin menemukan diri anda dalam situasi dimana anda ingin menjalankan aplikasi iOS tertentu tetapi anda hanya memiliki perangkat Android. Artikel kali ini akan menunjukkan kepada anda bagaimana anda dapat menjalankan aplikasi iOS di perangkat Android anda.


1. Appetize.io (Berbasis Browser)

Salah satu cara termudah untuk menjalankan aplikasi iOS di perangkat Android anda tanpa menginstal aplikasi apapun adalah menggunakan Appetize.io di browser ponsel anda. Ini adalah emulator online yang akan meluncurkan perangkat mirip iOS, lengkap dengan tampilan dan nuansa iOS.

  • Saat dimuat, layar di bawah ini akan ditampilkan; klik pada tombol  Tap to Play.

  • Ini akan membuka iOS, memungkinkan anda untuk menjalankan aplikasi iOS apapun disini. Untuk menjalankan aplikasi iOS anda, anda dapat menguploadnya ke website dan itu akan tersedia untuk anda jalankan.



2. Aplikasi Emulator iOS untuk Android

Ada beberapa emulator iOS yang tersedia untuk Android, dan itu memungkinkan untuk menjalankan aplikasi iOS di Android. Aplikasi yang paling umum adalah aplikasi Cider dan iEMU untuk Android. Untuk menjalankan emulator ini, anda memerlukan hal yang berikut ini di perangkat Anda:

  • Setidaknya tersedia RAM 512 MB.
  • Android versi 2.3 atau yang lebih baru.
  • Ruang yang cukup besar di perangkat anda, karena iEMU membutuhkan ruang hingga 60 MB sementara aplikasi Cider membutuhkan hingga 12 MB.


Emulator iEMU

Emulator iEMU adalah salah satu emulator terbaik untuk menjalankan aplikasi iOS di Android. Ini dapat dengan mudah didownload, diinstal dan digunakan. Download emulator iEMU dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Jika anda mendownload file apk menggunakan komputer, anda perlu mentransfer file tersebut ke perangkat Android anda. Ini akan memakan sekitar 60MB ruang setelah install.

Anda kemudian harus mengaktifkan instal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Buka Settings - Biometrics and security - Install unknown apps. Kemudian klik My Files dan aktifkan. (Aktifkan juga untuk Chrome jika anda mendownloadnya dari perangkat Android anda). Untuk Andorid versi lain buka Settings perangkat Android anda, kemudian buka settings Security dan aktifkan Allow installations of apps from unknown sources.


Sekarang buka tempat anda menyimpan file apk iEMU dan ketuk untuk menginstallnya.


Setelah berhasil menginstall emulator, periksa aplikasi yang diinstall; Anda akan melihat aplikasi bernama OS Market. (Aplikasi kedua seperti pada screenshot di bawah). Ketuk untuk menjalankannya.


Aplikasi ini memungkinkan anda mendownload aplikasi iOS dan menjalankannya menggunakan emulator. Download aplikasi iOS pilihan anda dan nikmati menjalankannya dan menggunakannya di perangkat Android anda.

Satu-satunya kelemahan yang terkait dengan emulator ini adalah emulator ini hanya mendukung file .zip dan .ipas.


Aplikasi Cider

Cider adalah aplikasi lain yang menjalankan aplikasi iOS di perangkat Android. Aplikasi ini dikembangkan oleh sekelompok siswa yang mengklaim bahwa Android dan iOS berjalan pada hardware yang dijalankan ARM. Aplikasi ini masih dalam tahap penelitian lanjutan tetapi berfungsi dengan baik. Namun, ini memiliki satu kelemahan dibandingkan dengan emulator iEMU - ia tidak memiliki dukungan untuk GPS, Bluetooth, atau layanan lokasi lainnya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload file apk Cider. Saat download selesai, transfer file ke perangkat Android anda dan install.

Jika install berhasil, ketuk aplikasi Cider untuk meluncurkannya. Ini membuka emulator dan anda sekarang dapat mendownload dan menjalankan aplikasi iOS. Aplikasi iOS akan bekerja dengan cara yang sama seperti ia bekerja di iOS.


Anda sekarang lebih mudah untuk menjalankan aplikasi iOS di perangkat Android. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tidak semua aplikasi iOS didukung dan anda harus menggunakan trial and error untuk melihat apakah aplikasi yang anda inginkan berfungsi di perangkat Android anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menjalankan Aplikasi iOS di Perangkat Android"