Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengunci Windows 10/11 Secara Otomatis dengan Dynamic Lock


Saat merilis Windows 10 Creators Update pada 11 April 2017 lalu, Microsoft menambahkan banyak fungsi baru ke system operasinya. Salah satu fitur yang berguna yang turut hadir dengan patch anniversary itu adalah Dynamic Lock. Ini adalah salah satu fitur lapisan keamanan baru yang sangat berguna bagi penggunanya. Fitur ini juga di sertakan dalam system operasi terbaru Microsoft yaitu Windows 11.


Apa itu Dynamic Lock?

Dynamic Lock Windows 10 atau Windows 11 adalah fitur pairing/memasangkan smartphone dengan komputer menggunakan Bluetooth dan secara otomatis akan mengunci PC saat ponsel berada di luar jangkauan. Fitur baru ini memungkinkan anda untuk meninggalkan komputer anda dengan aman, sehingga anda dapat pergi atau melakukan aktivitas lain yang mengharuskan anda berada jauh dari PC anda tanpa adanya rasa cemas. Fungsi ini sangat berguna untuk orang yang super sibuk atau yang tidak suka mematikan PC desktop atau laptopnya.


Pair Smartphone Anda dengan PC Anda

Langkah pertama untuk menggunakan Dynamic Lock adalah memasangkan komputer dengan smartphone anda. Di PC anda, navigasikan ke Settings - Devices - Bluetooth & other devices. Gunakan tombol untuk mengaktifkan bluetooth dan juga mengaktifkan bluetooth smartphone anda. Jika anda tidak memiliki tombol untuk mengaktifkan bluetooth (Otomatis anda tidak dapat mengaktifkan bluetooth), anda harus mengikuti petunjuk ini:

Catatan : Ikuti langkah dibawah ini jika anda memiliki dongle bluetooth yang terpasang di PC desktop atau laptop, atau laptop anda memiliki fitur bluetooth.

  • Buka Device Manager dengan mencarinya di Start menu atau lewat Search Windows. Atau tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.

  • Di jendela Device Manager, klik View dan pilih Show hidden devices.
  • Setelah itu perluas Bluetooth kemudian klik kanan pada Generic Bluetooth Radio atau Bluetooth Generic Adapter atau sejenisnya dan pilih Update driver. Ikuti wizard yang ada hingga selesai.

  • Setelah itu Restart system anda.

Ini seharusnya menyelesaikan masalah bagi sebagian besar pengguna. Namun, jika Device Manager anda tidak menampilkan Bluetooth, sayangnya anda tidak memiliki koneksi Bluetooth dan tidak dapat menggunakan Dynamic Lock Windows 10 atau Windows 11.

Setelah anda mengaktifkan Bluetooth, anda harus mengklik ikon + (plus) untuk opsi Add Bluetooth or other device di halaman Settings devices.


Setelah mengklik Add Bluetooth or other device, di jendela berikutnya akan menanyakan jenis perangkat yang anda tambahkan. Ketuk Bluetooth dan pilih smartphone anda dari daftar. Setelah ini, anda hanya perlu menerima pair pada smartphone dan PC anda. (Perintah akan muncul di kedua perangkat).



Mengaktifkan Dynamic Lock

Setelah anda berhasil pair PC dan smartphone anda, satu-satunya hal yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan Dynamic Lock di komputer anda.

  • Untuk melakukan ini, buka Settings Windows anda dengan menekan tombol Win + I dan pilih Accounts.
  • Di panel kiri pilih Sign-in options.
  • Di panel kanan anda harus menggulir ke bawah untuk menemukan pengaturan Dynamic Lock dan beri ceklist pada kotak Allow Windows to automatically lock your device when you’re away.

Setelah anda memberikan ceklist pada kotak opsi tersebut, Windows akan mencoba pairing dengan smarthphone anda. Dan setelah berhasil, ketika anda pergi atau menonaktifkan Bluetooth anda maka Windows akan segera mengunci dan kembali ke Lock Screen. Lihat video untuk lebih jelas.



Kelemahan dari Dynamic Lock

Fitur keamanan baru ini dapat bermanfaat bagi beberapa orang; namun, metode ini tidak selalu mudah.

Pertama, smartphone anda harus keluar dari jangkauan Bluetooth agar Windows dapat mengunci PC anda. Selain itu, setelah smartphone anda berada di luar jangkauan, komputer anda tetap tidak terkunci selama 30 detik tambahan. Terakhir, jika seseorang menggunakan PC anda sebelum 30 detik tambahan setelah anda pergi, Windows anda tidak akan terkunci, Dynamic Lock tidak akan mengunci pengguna tersebut dari komputer anda hingga ia meninggalkan komputer anda di 30 detik kemudian.

Fitur Dynamic Lock ini hanya mengunci PC anda, namun akan gagal untuk membukanya kembali saat Bluetooth komputer dalam jangkauan dengan smartphone anda. Sebagian besar pengguna mengharapkan fungsi ini dari fitur baru ini, namun untuk membuka kembali PC anda setelah anda kembali, anda harus memasukan lagi password atau PIN atau memasukan fitur keamanan lainnya yang anda gunakan. Jika anda ingin men-shut down dan reboot pc Windows anda dari ponsel Android, anda juga dapat melakukannya.

Sekian tutorial kali ini, semoga menambah wawasan dan membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengunci Windows 10/11 Secara Otomatis dengan Dynamic Lock"