Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Pengaturan Privasi yang Harus Anda Perhatikan di Windows 10


Bukan rahasia lagi bahwa perusahaan teknologi ingin tahu apa yang anda lakukan online. Mereka ingin mengumpulkan dan menggunakan informasi itu. Baik itu raksasa seperti Microsoft atau aplikasi baru dari perusahaan kecil, anda perlu mengetahui apa yang mereka kumpulkan tentang anda. Jika anda ingin mengurangi jumlah data yang keluar tentang anda, anda dapat menggunakan Menu Privacy Settings Windows 10 untuk melakukannya.

Mari kita lihat bagian Privacy Settings dari Pengaturan Windows anda dan temukan area dimana anda ingin memperketat keamanan anda. Jika anda juga menggunakan Windows 11, maka artikel Pengaturan Privacy & Security di Windows 11 yang Harus Anda Tahu dapat membantu anda.


Pengaturan umum memungkinkan anda untuk mengubah tingkat privasi keseluruhan di komputer anda sehubungan dengan mempersonalisasi pengalaman iklan anda. Jika anda tidak ingin Microsoft mengumpulkan data ini, anda dapat menonaktifkan ketiga sakelar untuk mematikan atau memilih hanya yang anda setujui.


1. Speech


Pengaturan privasi speech memberi anda opsi untuk memungkinkan Microsoft menyimpan suara anda di cloud. Hal ini juga menggunakan data ini untuk meningkatkan speech services berbasis cloud Microsoft. Tanpa opsi ini diaktifkan, anda tidak akan dapat menggunakan Cortana assistant. Jika anda menggunakan speech services yang tidak bergantung pada cloud, layanan itu akan tetap berfungsi meskipun layanan ini dinonaktifkan.


2. Inking & Typing Personalization


Sangat mirip dengan pengaturan untuk Speech, Inking & Typing Personalization menyimpan pola pengetikan dan pola tulisan tangan anda pada tablet atau komputer 2-in-1. Tanpa itu, anda mungkin kehilangan beberapa fitur yang biasa anda gunakan, tetapi seperti pada Speech, services yang disimpan hanya di komputer anda akan tetap berfungsi dengan baik.


3. Diagnostics & Feedback


Bagian ini adalah tempat anda mengontrol berapa banyak data diagnostik dan penggunaan yang akan anda miliki dari Microsoft. Anda mungkin ingin mengizinkan sesedikit mungkin data untuk dikirimkan melalui Internet, jadi klik tombol berlabel Basic untuk membatasi itu. Anda juga dapat mengaktifkan sakelar untuk "Let Microsoft provide more tailored …" untuk dimatikan agar data tidak dikirim untuk menyesuaikan pengalaman anda. Akhirnya, di bagian bawah pengaturan, ada pengaturan untuk mengontrol seberapa sering Microsoft akan meminta anda untuk feedback. Anda dapat memilih dari beberapa opsi berbeda disini, termasuk Never.


4. Activity History


Anda mungkin ingin memeriksa Activity History untuk menentukan apakah informasi mengenai bagaimana anda menggunakan komputer anda dikirim ke Microsoft. Jika ya, mungkin ide yang bagus untuk mematikannya.


5. Location


Mematikan fitur Lokasi pada perangkat anda akan menghilangkan kemungkinan komputer anda mengirim lokasi fisik anda ke Microsoft. Ini juga akan mencegah aplikasi melakukan hal yang sama.


6. Camera dan Microphone


Pengaturan Kamera dan Mikrofon sangat mirip. Jika anda ingin menggunakan hardware ini, anda harus memastikan bahwa mereka diizinkan untuk diakses oleh komputer. Maka anda harus memilih aplikasi yang ingin anda gunakan. Melacak pengaturan ini dapat membantu anda menghindari program menggunakan kamera dan mikrofon anda tanpa izin.


7. Notifications


Jika anda tidak ingin aplikasi anda mengirimkan pemberitahuan kepada anda, anda dapat membatasi aksesnya ke pemberitahuan anda di bagian pengaturan privasi ini. Jika peringatan diaktifkan, anda dapat memilih aplikasi mana yang diizinkan untuk mengirimkannya.


8. Account Info


Tidak ingin aplikasi anda memiliki akses ke informasi akun anda di komputer anda? Pengaturan ini akan memungkinkan Anda untuk mematikan akses itu dan menjaga keamanan informasi akun anda. Jika anda memiliki beberapa aplikasi yang ingin anda izinkan akses, maka aktifkan pengaturan ini, dan pilih hanya aplikasi yang membutuhkan informasi itu.


9. Contacts dan Calendar


Dua set opsi ini memungkinkan anda memilih aplikasi mana yang diizinkan untuk mengaksesnya dan mana yang tidak. Cukup aktifkan sakelar di sebelah aplikasi atau matikan semuanya.


10. Call History


Tampaknya beberapa orang menggunakan mesin Windows mereka untuk melakukan panggilan telepon, tetapi jika anda melakukannya, anda akan ingin memeriksa pengaturan ini untuk memastikan bahwa tidak ada aplikasi acak lain yang mengakses data itu.


11. Email


Aplikasi tertentu akan membutuhkan akses ke email anda. Periksa pengaturan ini untuk memastikan satu-satunya yang mengakses informasi ini adalah yang anda tahu.


12. Tasks dan Messaging


Kedua pengaturan ini memiliki kontrol yang sangat mirip. Putuskan apakah anda ingin komputer anda dapat mengakses daftar task atau pesan anda, jika anda memiliki ini di komputer anda. Jika demikian, pilih aplikasi yang sesuai.


13. Radios


Radio adalah transmitter atau pemancar yang mengirim informasi antara lain melalui Bluetooth dan Wi-Fi. Anda kemungkinan besar perlu mengaktifkan ini, tetapi anda dapat mengontrol aplikasi mana yang menggunakannya dengan menghidupkan dan mematikan sakelar di sebelah setiap aplikasi.


14. Other Devices


Pengaturan ini memungkinkan komputer anda untuk berkomunikasi dengan perangkat lain yang belum dipasangkan (pair) dengan komputer anda. Ketika pengaturan ini diaktifkan, anda akan dapat memasangkan dengan perangkat eksternal yang anda percayai.


15. Background Apps


Memeriksa pengaturan ini tidak hanya akan meningkatkan privasi, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja. Jika anda memiliki terlalu banyak aplikasi yang berjalan tidak perlu di background atau latar belakang, itu dapat memperlambat komputer anda, jadi lihat daftar ini dan matikan aplikasi yang berjalan yang tidak anda butuhkan.


16. App Diagnostics


Pengaturan ini menentukan berapa banyak informasi yang akan anda kirim ke Microsoft jika anda memerlukan masalah yang didiagnosis. Anda hanya perlu mengirimkan informasi tentang aplikasi yang terpengaruh, bukan yang lain.


17. Automatic File Downloads


Bagian automatic file downloads membuka blokir aplikasi sehingga mereka dapat secara otomatis mendownload file dari services penyimpanan cloud online. Jika anda menggunakan penyimpanan online untuk menjaga agar hard drive anda tidak penuh, anda hanya ingin mengizinkan aplikasi tertentu untuk memiliki akses ke file-file ini.


18. Documents, Pictures, Videos, dan File System Anda


Opsi pengaturan untuk file system anda sama dengan berbagai jenis dokumen seperti video dan foto. Mirip dengan pengaturan lain, anda dapat mengizinkan aplikasi anda untuk mengakses file-file ini dan secara individual memilih mana yang diizinkan untuk melakukannya.

Opsi pengaturan ini adalah cara termudah untuk meningkatkan privasi anda. Ada banyak cara lain untuk mengurangi jumlah data yang dikirim tentang anda. Anda pasti ingin melihat pengaturan Cortana juga, karena aplikasi itu mengumpulkan banyak informasi.

Sekian tips yang dapat saya berikan kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman tentang tips-tips diatas. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "18 Pengaturan Privasi yang Harus Anda Perhatikan di Windows 10"