Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa dan Menghapus Log Perintah Ucapan Cortana


Apakah anda selalu menggunakan perintah suara Cortana untuk menyelesaikan sesuatu? Selama pengaturan, anda mungkin telah memberi tahu Microsoft bahwa tidak apa-apa bagi mereka untuk melacak bagaimana anda menggunakan Cortana. Sayangnya, anda belum menyadari bahwa setiap kali anda berbicara dengan Cortana, ia terus merekam suara anda di server Microsoft!

Jika anda ingin memeriksa apa yang sedang disimpan dan menghapus rekaman apapun yang ingin anda lepaskan, berikut cara mengakses dan menyingkirkannya.


Masuk ke Dasbor Privacy

Untuk melihat semua log anda, anda dapat mengunjungi dasbor Privacy secara langsung. Jika anda kehilangan tautan ini, anda masih dapat mengakses halaman dengan mengikuti langkah-langkah ini.

  • Pertama, klik Start, lalu ikon roda gigi atau Settings.

  • Klik Accounts.

  • Secara default, anda harus berada di bagian Your info. Klik Manage my Microsoft account.


  • Website harus terbuka. Klik Privacy pada menu ribbon.


Microsoft akan menanyakan detail login anda, jadi masukkan apa yang diperlukan untuk melanjutkan. Setelah masuk, anda sekarang berada di Dasbor Privacy. Ada banyak hal yang dapat dilihat di sini: ini adalah tempat anda dapat melihat semua data yang dimiliki Microsoft pada anda, seperti informasi media dan lokasi.

Untuk saat ini, saya akan fokus pada area yang berhubungan dengan log audio. Temukan kategori Voice activity dan pilih View and clear voice activity.


Anda akan tiba di halaman riwayat aktivitas suara dan melihat semua yang telah anda ucapkan melalui Cortana.


Menjelaskan Laman Aktivitas Suara

Laman Aktivitas Suara adalah tempat anda dapat melihat semua yang telah anda katakan kepada Cortana. Anda akan melihat bahwa tidak ada yang berjalan tanpa pencatatan; bahkan jawaban sederhana "ya" dan "tidak" untuk pertanyaan Cortana bisa dicatat disini. Anda dapat melihat semuanya berdasarkan tanggal, apa yang dikatakan, dan dimana dikatakan. Anda bahkan dapat mengklik tombol putar di samping setiap perintah untuk mendengar klip suara tersebut!


Alasan Microsoft di balik menyimpan klip suara anda adalah untuk membantu kemampuan Cortana memahami perkataan anda lebih baik. Namun, jika anda tidak ingin agar suara anda disimpan di server (atau anda telah mengatakan beberapa hal yang tidak ingin anda ucapkan dimasa mendatang), anda dapat menghapus klip dengan mengklik Delete di bawah setiap klip (Lihat gambar diatas).

Jika anda ingin mengambil opsi lain dan ingin menghapus semua klip, anda dapat mengklik Clear activity di bagian paling atas daftar klip sebelah kanan (Lihat gambar diatas).


Menghentikan Cortana dari Menyimpan Klip Untuk Kedepannya

Jadi, anda telah melihat apa yang dilakukan Cortana dengan klip suara dan anda memutuskan bahwa anda lebih suka tidak memiliki cuplikan dari ucapan anda yang disimpan di server di suatu tempat. Jika anda ingin mencegah hal ini terjadi lagi di masa mendatang, anda dapat memberi tahu Cortana untuk tidak mengumpulkan data ini lagi. Sadari bahwa dengan melakukan ini, anda juga menonaktifkan aktivasi suara fitur Cortana. Tidak ada cara lain untuk Cortana mendengarkan anda dan juga menjauhkan suara anda dari server Microsoft!

  • Untuk melakukan ini, klik tombol Start, kemudian pilih Settings. Anda juga dapat menekan tombol Win + I untuk membuka Settings.

  • Di jendela Setting, pilih Privacy.

  • Kemudian klik Speech pada panel sebelah kiri.

  • Di panel kanan, anda akan melihat tombol yang bertuliskan If you turn off online speech recognition,.... Anda dapat mengkliknya untuk menonaktifkannya secara penuh. Namun anda harus ketahui bahwa jika anda menonaktifkan opsi ini maka, anda otomatis tidak dapat menggunakan Cortana.



Jika anda menggunakan perintah suara Cortana, maka anda juga mencatatkan suara anda pada server Microsoft secara default. Sekarang anda tahu cara memeriksa apa yang disimpan Cortana dan cara menghapus klip. Anda juga tahu cara mematikan pencatatan secara keseluruhan, dengan mengorbankan pengenalan suara.

Apakah ini membuat anda menggunakan Cortana di masa mendatang? Atau apakah anda tidak pernah mempercayainya lagi? Beri tahu saya di kolom komentar di bawah ini! GBU

Post a Comment for "Cara Memeriksa dan Menghapus Log Perintah Ucapan Cortana"