Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengubah Bahasa Input di Windows 10/11


Jika anda menggunakan dua bahasa atau hanya ingin mempelajari bahasa yang baru, menjadi ide yang bagus jika anda menginstal beberapa bahasa pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Dengan begitu, anda dapat bertukar bahasa di antara keduanya dan mengetik dengan kedua bahasa yang anda gunakan. Disini saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana menginstal language pack (paket bahasa) baru dan bagaimana anda dapat dengan mudah mengubah bahasa input di Windows 10 atau Windows 11 tanpa perlu mengklik apapun.

Catatan: Artikel ini membahas bahasa yang anda ketikkan pada keyboard, bukan bahasa system yang ditampilkan di Windows 10. Ikuti instruksi di tutorial saya untuk mengubah bahasa system.


Cara Menginstal Language Baru

Pertama-tama, anda harus menginstal language pack baru. Ini adalah kumpulan data yang memungkinkan Windows 10 atau Windows 11 mengetahui cara untuk mengetik dan menampilkan bahasa yang anda inginkan.

Secara default, komputer anda tidak dilengkapi dengan semua language pack yang diinstal untuk menghemat ruang penyimpanan. Tidak ada gunanya memasang semua bahasa di dunia jika pengguna hanya menginginkan bahasa tertentu.

Untuk menginstal bahasa yang anda inginkan, buka Settings Windows di Start menu atau anda dapat menekan tombol Win + I. Dan di jendela Settings, klik Time & Language.

Di halaman selanjutnya klik Language di panel sebelah kiri. Kemudian di panel kanan dibawah Preferred languages, klik Add a language.


Dihalaman ini, silahkan pilih bahasa yang anda inginkan. Ketikkan nama bahasa yang ingin anda gunakankan. Anda mungkin menemukan beberapa entri muncul tergantung pada bahasa yang anda pilih; misalnya, jika anda mengetik Latin, anda akan menemukan berbagai wilayah berbeda yang menggunakan bahasa tersebut, termasuk bahasa jawa (Javanese) yang masuk dalam kategori Latin.


Disini, anda juga perlu memperhatikan ikon di sebelah kanan di setiap bahasa yang ada. Secara berurutan, maksud dari ikon tersebut adalah: dapat digunakan sebagai bahasa system operasi, mendukung text-to-speech, mendukung aktivasi suara, dan dapat mengenali tulisan tangan.


Setelah anda memilih bahasa dan mengklik Next, Windows 10 atau Windows 11 akan menanyakan data mana yang ingin anda download. Pastikan agar setidaknya anda memberi ceklist pada Install language pack. Anda juga dapat memberikan ceklist pada kotak lainnya jika perlu. Setelah itu klik Install agar Windows 10 atau Windows 11 dapat mendownload language pack untuk anda.


Anda dapat melihat download bar di halaman utama language bar.


Cara Mengubah Bahasa Input di Windows 10/11

Setelah selesai, anda akan melihat sedikit tambahan ikon pada taskbar. Sebuah tombol akan muncul yang berlabel sebagai bahasa yang sedang anda gunakan. Misalnya, jika anda menggunakan tata letak bahasa Inggris, maka anda akan melihat ENG muncul di sebelah kanan taskbar anda.



Cara Cepat Bertukar Bahasa Input Menggunakan Mouse

Jika anda ingin bertukar bahasa antara bahasa input menggunakan mouse anda, klik tombol *ENG* yang muncul di taskbar anda. Anda akan melihat semua bahasa yang anda download. Pilih satu, dan keyboard anda akan bertukar ke bahasa input tersebut, terlepas dari wilayah keyboard mana anda telah terhubung.



Cara Cepat Bertukar Bahasa Input Menggunakan Hot Keys

Ada cara yang bahkan lebih cepat untuk bertukar antar bahasa input yang sangat bermanfaat saat anda sedang mengetik sebuah karya bilingual.

Tahan tombol Win, kemudian tekan Spasi. Ketika anda melakukannya, language bar akan muncul di layar tanpa anda perlu mengkliknya. Tekan terus tombol Win untuk saat ini.


Jika tampilan blok tidak pada bahasa yang ingin anda gunakan, tekan spasi lebih banyak untuk bertukar di antara bahasa input. Ketika anda memilih yang benar, lepaskan tombol Win untuk mengaktifkannya. Anda juga dapat menekan tombol angka untuk segera memilih entri bahasa input dalam daftar.


Jika anda bekerja dalam lebih dari satu bahasa, ada baiknya menyiapkan Language bar Windows 10 atau Windows 11 untuk mengakomodasi masing-masing bahasa. Dengan begitu, anda dapat dengan mudah mengubah antara semua bahasa input yang anda gunakan di Windows, bahkan jika anda menggunakan keyboard bahasa Inggris.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVI-19!!

Post a Comment for "Cara Mudah Mengubah Bahasa Input di Windows 10/11"