Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Bahasa System di Windows 10/11


Saat anda pertama kali mengatur Windows 10 atau Windows 11, anda akan diminta untuk memilih bahasa system. Biasanya, kebutuhan untuk mengubah bahasa system berhenti disini. Namun, jika anda ingin mengubah bahasanya suatu waktu, itu belum terlambat! Mungkin anda menggunakan komputer dengan seseorang yang berbicara dengan bahasa utama yang berbeda dari anda, atau anda membeli komputer bekas dengan bahasa system yang tidak anda pahami.

Jika perlu, anda dapat mengubah bahasa sesuai keinginan anda. Meskipun anda tidak dapat membaca bahasa yang diatur Windows, anda dapat mengikuti gambar dalam panduan ini untuk mengubah bahasa.


Navigasi ke Pengaturan Bahasa Layar


Langkah untuk melakukan ini hampir mirip antara Windows 10 dan Windows 11. Anda cukup memperhatikan opsi yang tersedia di panel kiri atau di panel kanan. Di bawah ini saya menggunakan langkah di Windows 10, jadi jika anda menggunakan Windows 11, anda cukup menyesuaikannya saja.

Untuk mengakses layar bahasa, kita perlu melalui pengaturan system. Untuk mulai, klik tombol Start, maka anda akan menemukan ikon roda gigi di sebelah kiri menu. Klik itu untuk membuka Settings Windows. Anda juga dapat menekan tombol Win + I untuk membuka Settings.

  • Di jendela Settings dan klik Time & Language.



  • Kemudian klik Region & language di sebelah kiri, opsi kedua ke bawah.
  • Klik tombol tambah (+) di samping Add a language.


  • Windows 10 sekarang akan menampilkan daftar bahasa. Untungnya, setiap bahasa terdaftar dengan nama asli dan juga namanya dalam bahasa yang disetel system. Ini berarti bahkan jika anda menggunakan komputer yang disetel ke bahasa yang tidak dapat anda pahami, anda dapat menemukan bahasa komputer yang anda sukai di daftar ini. Pilih bahasa yang ingin anda gunakan.


  • Bahasa yang anda pilih mungkin memiliki opsi tambahan untuk itu. Misalnya, ketika anda memilih bahasa Inggris, ada berbagai macam bahasa yang bisa anda pilih. Karena saya memilih bahasa Indonesia, maka hanya ada satu yang muncul. Gunakan ini untuk menyesuaikan bahasa system yang sesuai dengan anda.
  • Setelah anda memilih bahasa anda, silahkan klik Next dan anda akan menemukan opsi lainnya dan biarkan seperti itu. Lanjutkan dengan mengklik Install.


  • Windows 10 akan mengunduh paket bahasa yang anda pilih. Jika sudah selesai anda dapat memeriksa dengan kembali ke layar dimana anda mengklik Add a language. Anda harus menemukan bahasa yang baru anda pilih disini.


  • Saat paket diunduh, bahasa akan siap digunakan. Untuk menjadikannya bahasa default untuk akun pengguna saat ini, klik tombol dropdown untuk memilih bahasa dan menjadikannya sebagai bahasa default pada system anda.



Membuat Bahasa Yang Dipilih Berubah Untuk Seluruh System

Meskipun anda dapat mengubah bahasa untuk akun anda sendiri, anda juga dapat memaksa welcome screen dan akun baru untuk menggunakan bahasa itu juga. Ini berguna jika anda membeli laptop atau komputer dengan bahasa asing dan ingin semuanya menggunakan bahasa asli anda.

  • Untuk membuat bahasa anda berubah di seluruh sistem, klik pencarian Cortana, dan cari Control Panel atau anda dapat menemukannya di taskbar Windows dengan mengklik Desktop dan pilih Control Panel.


  • Dan pilih Clock and Region. Dilanjutkan dengan klik Region.


  • Pada jendela baru yang muncul, klik tab Administrative.
  • Klik tombol Copy settings...


  • Sebuah jendela baru akan muncul. Disini anda dapat melihat bagaimana system anda menampilkan bahasa. Meskipun anda tidak dapat mengubah pengaturan individu di layar ini, anda dapat mengatur bahasa anda sebagai default sistem baru dengan memberi ceklist pada dua kotak centang ini di bagian bawah kemudian klik OK :



Jadi kesimpulannya adalah jika anda ingin sebuah komputer menggunakan beberapa bahasa pada akun yang berbeda, atau jika anda membeli komputer dengan bahasa asing yang sudah diinstal sebelumnya, anda selalu dapat mengubahnya sesuai dengan keinginan anda.

Sekarang anda tahu cara mengubah bahasa pada akun, serta menerapkan perubahan bahasa ke seluruh system Windows 10 anda.

Pernahkah anda membeli komputer dalam bahasa yang berbeda sebelumnya? Apakah sulit untuk mengatur bahasanya? Ceritakan kisah anda di bawah ini! GBU

2 comments for "Cara Mengganti Bahasa System di Windows 10/11"

  1. penggantian bahasa di windows gak bisa full ya di setting juga bahasa nya masih pake bahasa inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa! Login Windows dengan akun admin, kalo pake akun lokal ga bisa

      Delete