Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan atau Menyembunyikan Input Indicator dan Language Bar di Windows 10/11


Windows membuat semuanya menjadi mudah untuk menginstal banyak bahasa untuk tampilan dan di input. Ketika anda menginstal language pack baru di Windows, itu juga akan menginstal tata letak keyboard yang berlaku saat tersedia. Jika anda sering beralih di antara berbagai bahasa untuk input keyboard, maka mengaktifkan input indicator atau language bar akan membantu anda beralih antar bahasa hanya dengan satu klik. Biarkan saya menunjukkan kepada anda bagaimana menampilkan atau menyembunyikan input indicator dan language bar pada Windows 10 atau Windows 11.


Tampilkan atau Sembunyikan Input Indicator pada Windows 10/11

Input indicator umumnya duduk di taskbar anda. Karena itu kita perlu mengubah pengaturan ikon system taskbar untuk menampilkan atau menyembunyikan input indicator.

Perhatikan bahwa artikel ini menggunakan langkah-langkah dari Settings Windows 10. Jika anda pengguna Windows 11, maka anda hanya perlu menyesuaikan opsi yang ada. Jadi periksa opsi yang tersedia di panel kanan atau di panel kiri.

  • Untuk melakukannya, buka aplikasi Settings. Pergi ke Personalize - Taskbar. Cara mudahnya klik kanan pada Taskbar dan pilih Taskbar settings.
  • Di panel kanan, gulir ke bagian Notification area, dan klik Turn system icons on or off.
  • Temukan opsi Input Indicator dan alihkan tombol di sebelahnya ke posisi On.
  • Tindakan ini akan langsung menampilkan indikator input di taskbar anda. Untuk beralih antar bahasa, cukup klik pada Indikator Input dan pilih bahasa dari daftar flyout. Windows akan langsung mengalihkan bahasa input ke bahasa pilihan anda.

Jika anda ingin menonaktifkan Input Indicator, cukup beralih tombol ke posisi Off dan anda selesai.


Tampilkan atau Sembunyikan Language Bar pada Windows 10/11

Language Bar sangat mirip dengan input indicator. Namun, tidak seperti input indicator yang muncul di antara ikon system, Language Bar muncul tepat sebelum ikon system di taskbar. Ini berguna jika anda ingin memisahkan ikon Language Bar dari ikon system lainnya di taskbar. Salah satu keuntungan menggunakan Language Bar di atas input indicator adalah anda dapat melepasnya dari taskbar dan meletakkannya di mana saja di desktop.

  • Tidak seperti input indicator, Language Bar terkubur jauh di dalam aplikasi Settings dan mungkin sulit ditemukan kecuali anda tahu kemana harus mencarinya. Untuk memulai, cari Settings di Start menu dan buka aplikasi Settings PC.
  • Setelah aplikasi Settings dibuka, buka halaman Devices dan pilih Typing di panel kiri.
  • Gulirkan sepenuhnya ke bawah, dan klik tautan Advanced keyboard settings.
  • Pada halaman Advanced Settings, beri ceklist pada kotak Use the desktop language bar when it’s available.
  • Segera setelah anda memberi ceklist, opsi baru akan tersedia di taskbar. Klik pada opsi baru untuk memilih input language anda.
  • Untuk melepaskan Language Bar dari taskbar, klik kiri pada ikon bahasa dan pilih opsi Show the Language bar.
  • Language Bar akan langsung terlepas dari taskbar. Anda dapat memindahkannya kemana saja yang anda inginkan dengan mengeklik sisi paling kiri dari Language Bar dan menyeretnya. Untuk mengembalikannya ke taskbar, cukup klik pada ikon minimize (-) yang muncul di sudut kanan atas Language Bar.

Jika anda ingin menonaktifkan Language Bar secara keseluruhan, yang harus anda lakukan adalah menghapus ceklis pada opsi Use the desktop language bar when it’s available di halaman Typing.

Sekian tutorial kali ini. Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Menampilkan atau Menyembunyikan Input Indicator dan Language Bar di Windows 10/11"