Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan atau Menghapus Language Pack di Windows 10/11


Windows mendukung berbagai bahasa. Bahkan, saat menginstal, Windows 10 atau Windows 11 akan meminta anda untuk memilih bahasa, atau memilih untuk anda tergantung pada lokasi anda. Selain bahasa default itu, anda dapat menambahkan hampir semua bahasa lain menggunakan language pack Windows 10 atau Windows 11. Fitur ini sangat berguna untuk orang yang tahu lebih dari satu bahasa dan ingin beralih di antara berbagai bahasa baik untuk tampilan Windows atau tulisan. Berikut ini saya akan menunjukkan cara menambah, menghapus atau mengubah language pack di Windows 10 atau Windows 11.


Menambahkan Language Pack di Windows 10/11

Microsoft membuat halaman khusus dalam Settings aplikasi Windows 10 atau Windows 11 untuk mengelola language pack dengan cepat dan mengubah bahasa tampilan Windows. Dengan demikian, menambahkan language pack di Windows 10 atau Windows 11 hanya dengan beberapa klik saja.

Catatan: Perhatikan bahwa artikel ini menggunakan langkah-langkah di Windows 10. Jika anda pengguna Windows 11, anda hanya perlu menyesuaikan opsi yang sesuai, apakah opsi berada di panel kanan atau di panel kiri di jendela Settings Windows. (Lihat langkahnya di akhir artikel).

Pertama, buka Settings dengan mengklik ikon Notification dan kemudian pada tombol All Settings atau anda dapat mengklik tombol Start dan pilih Settings. Lebih mudah lagi anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard Win + I.

Jika sudah membuka aplikasi Settings, pilih Time & Language. Setelah itu klik Language di panel kiri.

Pada panel kanan Windows 10 akan menampilkan semua paket bahasa yang saat ini diinstal pada system anda di bawah bagian Preferred Languages. Secara default, Windows mengurutkan semua paket bahasa yang diinstal sesuai urutan preferensi. Bahasa di bagian atas daftar adalah bahasa pilihan anda atau bahasa default. Untuk menginstal paket bahasa, klik tombol Add a Language.


Windows sekarang akan mendaftar semua language pack yang tersedia termasuk variasi bahasa individual. Gulir ke bawah untuk menemukan language pack yang anda cari atau gunakan bilah pencarian. Setelah anda menemukan bahasa yang anda cari, pilih dan klik tombol Next.


Sebagai bagian dari language pack, jika tersedia, Windows juga akan mendownload komponen tambahan seperti speech dan handwriting. Jika anda tidak membutuhkannya, hapus ceklist pada komponen-komponen itu dan klik tombol Install.


Tergantung pada language pack dan komponen tambahannya, diperlukan beberapa saat untuk mendownload dan menginstal pack.


Setelah diinstal, language pack akan diterapkan secara otomatis pada reboot anda berikutnya. Jika tidak diterapkan, anda dapat memilih bahasa dari menu drop-down di bagian atas halaman.


Selain language pack, anda juga dapat menginstal tata letak keyboard (keyboard layout) tambahan untuk language pack tertentu. Untuk melakukan itu, pilih bahasa dan klik tombol Options.


Sekarang, gulirkan sepenuhnya ke bawah untuk melihat semua tata letak keyboard yang diinstal. Untuk menambahkan tata letak keyboard baru, klik tombol Add a Keyboard, dan pilih tata letak keyboard dari daftar.



Hapus Language Packs di Windows 10/11

Jika anda ingin menghapus language pack dari Windows 10 atau Windows 11, anda harus terlebih dahulu mengubah Windows display language. Buka halaman bahasa di Setting aplikasi dan pilih bahasa alternatif dari menu drop-down di bagian Windows display language. Jika anda tidak memilih bahasa sebelum menghapus, Windows akan secara otomatis memilih bahasa pilihan kedua dari daftar language pack yang diinstal pada system anda.


Selanjutnya, cari bahasa yang ingin anda hapus, pilih dan klik tombol Remove. Segera setelah anda mengklik tombol, bahasa akan dihapus dari system anda.



Untuk Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Time & Language di panel kiri dan klik Language & region di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Add a Language pada bagian Preferred languages.
  • Kemudian temukan dan pilih language pack yang ingin di install, kemudian klik Next.
  • Di halaman berikutnya, jika anda menginkan language pack langsung digunakan sebagai bahasa tampilan di Windows 11 anda, maka beri ceklist pada Set as my Windows display language dan kemudian klik Install.


  • Perlu beberapa saat untuk menginstallnya dan anda selesai.
  • Jika anda ingin menghapus language pack, maka di halaman Language & region, klik menu tiga titik vertikal pada language pack yang ingin anda hapus dan pilih Remove.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Tinggalkan komentar anda dibawah ini membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk menambah atau menghapus language pack di Windows 10 atau Windows 11 anda.

Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menampilkan atau menyembunyikan Input Indicator dan Language Bar di Windows 10/11 atau cara mengganti Bahasa System di Windows 10/11. Terimakasih dan sampai jumpa di tutorial berikutnya. GBU

Post a Comment for "Cara Menambahkan atau Menghapus Language Pack di Windows 10/11"