Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Product Key Windows Lama di PC Baru


Jika anda mengupgrade PC lama anda ke PC baru, anda mungkin ingin menghapus product key Windows pada PC lama anda sehingga anda dapat menggunakan product key yang sama pada PC baru. Dengan beberapa perintah sederhana, anda dapat dengan mudah menghapusnya.

Dalam artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara menghapus product key Windows dan menginstalnya lagi di PC lain. Saat tutorial ini ditulis saya menggunakan Windows 10, tetapi instruksinya sama untuk Windows 7 dan Windows 8.

Catatan: Anda hanya dapat menggunakan produk Windows retail di PC lain. Product key OEM Windows melekat pada hardware PC dan tidak dapat digunakan kembali pada PC lain. Singkatnya, anda dapat menggunakan kembali product key Windows yang telah anda beli langsung dari Microsoft, tetapi anda tidak dapat menggunakan kembali product key yang menyertai PC anda ketika anda membelinya.


Temukan Activation ID Windows Anda

Anda akan memerlukan Activation ID Windows Anda untuk mengidentifikasi dan menghapus product key. Activation ID ditulis dalam informasi lisensi Windows; anda dapat menggunakan perintah slmgr/dlv di Command Prompt untuk mengakses informasi lisensi ini.

Untuk melakukannya, buka jendela command prompt sebagai administrator. Cari Command Prompt di Start menu dan klik kanan pada padanya dan pilih Run as Administrator dari menu.


Setelah command prompt terbuka, masukkan slmgr/dlv dan tekan Enter.


Setelah jeda singkat, jendela Windows Script Host akan terbuka dengan informasi lisensi. Cari Activation ID dan catat di suatu tempat. Anda tidak dapat mengcopynya, jadi anda harus mencatatnya di Notepad atau menuliskannya di atas kertas.


Uninstall Product Key Windows

Sekarang anda sudah tahu Activation ID, jadi mari kita uninstall product key menggunakan perintah /upk (singkatan dari Uninstall Product Key).

Catatan: Dalam proses uninstall, product key tidak akan ditampilkan. Pastikan anda sudah memiliki product key yang aman di suatu tempat, seperti pada disk Windows atau ditulis di suatu tempat. Jika anda tidak memiliki product key yang tersedia secara eksternal, anda juga dapat menggunakan software pihak ketiga seperti Produkey untuk mengekstraknya dari Windows.


Di command prompt, masukkan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Jangan lupa ganti Activation ID dengan Activation ID yang telah anda catat sebelumnya.

slmgr /upk (Activation ID)


Setelah selesai, anda harus mendapatkan pesan Uninstalled product key successfully. Jika tidak, periksa Activation ID dan pastikan anda memasukkannya dengan benar.



Install Product Key Windows di PC Baru

Jika anda ingin menginstall kembali product key ke PC yang baru atau PC yang telah anda upgrade hardwarenya, anda dapat menggunakan perintah /ipk (singkatan dari Install Product Key).

Di command prompt, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Jangan lupa, ganti Product Key Windows dengan product key Windows lama yang anda simpan atau yang anda dapatkan menggunakan bantuan software pihak ketiga.

slmgr /ipk (Product Key Windows)

Product key kemudian akan diinstal dan jika berhasil maka anda akan mendapatkan pesan Installed product key xxxx successfully.



Anda dapat menggunakan proses di atas untuk menguninstall product key Windows dengan mudah. Namun, pastikan anda memiliki product key yang disimpan di tempat yang aman jika anda berpikir untuk menggunakannya lagi, karena dalam seluruh proses ini product key Windows anda yang sebenarnya tidak akan ditampilkan.

Jika anda hanya ingin memulihkan product key Windows anda, anda dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memulihkan product key Windows.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Product Key Windows Lama di PC Baru"