Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Nonaktifkan Startup Delay di Windows 10/11


Secara default, Windows 10 dan Windows 11 memiliki waktu penundaan selama 10 detik pada saat booting sebelum semua aplikasi dan program anda dapat diakses. Waktu penundaan ini disebut Startup Delay. Startup Delay membantu dalam memastikan semua komponen di komputer anda berfungsi sebagaimana mestinya ketika anda memulai PC anda. Namun, jika anda memiliki PC dengan spesifikasi yang mumpuni, atau mungkin tidak banyak program startup di Windows 10 atau Windows 11, maka anda dapat mencoba untuk mengurangi atau bahkan menonaktifkan startup delay sama sekali untuk membantu PC anda mulai digunakan lebih cepat.

Metode yang saya bagikan ini menggunakan pengeditan registry Windows, jadi sebelum anda mulai mengikuti langkah-langkah dibawah ini, anda harus memastikan bahwa anda telah membuat backup registry Windows anda. Hal ini penting karena jika anda mengedit hal yang salah maka berakibat fatal untuk system anda. Namun jika anda mengikuti instruksinya dengan benar maka masalah tidak akan terjadi pada anda.

Setelah anda membackup registry Windows anda, maka saatnya untuk mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkan Startup Delay di Windows 10 atau Windows 11.

1. Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R untuk membuka Run, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.


2. Di registry editor, telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda juga dapat mengcopy jalur dibawah dan mempastenya di address bar registry editor dan menekan Enter untuk mempermudah penelusuran.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer


3. Klik kanan pada Explorer dan kemudian pilih New - Key kemudian beri nama dengan Serialize. Jika key Serialize sudah ada di bawah folder Explorer sebelumnya, maka tidak perlu melalui proses ini.


4. Setelah itu, klik kanan pada Serialize atau di ruang kosong di panel kanan dan pilih opsi New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan StartupDelayInMSec.


5. Setelah itu klik dobel pada DWORD yang baru dibuat dan pastikan untuk mengubah value datanya ke 0 (nol).


6. Tutup jendela registry editornya dan Restart PC anda. Anda sekarang akan melihat peningkatan waktu startup di Windows 10 atau Windows 11 anda.

Anda sekarang tahu cara menonaktifkan startup delay di Windows melalui registry, dan saya memiliki banyak lagi peretasan registry untuk anda coba. Cobalah untuk membaca tutorial saya lainnya tentang cara mengoptimalkan kinerja Windows 10/11 anda dengan mengedit registry atau cara install Unsigned Driver yang benar di Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Nonaktifkan Startup Delay di Windows 10/11"