Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Screensaver Tidak Berfungsi di Windows 10/11


Screensaver digunakan untuk mencegah burn-in (perubahan warna permanen layar) pada monitor CRT (monitor tabung) yang memancarkan panas. Untuk monitor modern saat ini (panel LCD, TN dan IPS), itu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Namun, screensaver dapat terlihat sangat cantik, dan anda mungkin menginginkannya karena alasan nostalgia atau hanya untuk memamerkan koleksi foto atau apapun, itu terserah anda. Anda juga dapat melihat artikel saya tentang 14 screensaver keren untuk Windows 10/11.

Di Windows 10 atau Windows 11, anda tentunya masih dapat menggunakan screensaver. Namun terkadang screensaver tidak dapat memulai atau berhenti bekerja karena berbagai alasan. Jika screensaver tidak berfungsi di system Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini dapat membantu anda.


Screensaver Tidak Berfungsi di Windows 10/11

Screensaver diperlukan untuk monitor CRT karena background monitor bisa berubah warna jika layar monitor lama tidak berubah. Ini tidak terjadi dengan monitor modern tetapi screensaver diperlukan untuk menyembunyikan informasi yang ditampilkan. Di banyak komputer, screensaver tidak diaktifkan secara default. Dalam kasus lain, Update Windows dapat mematikan screensaver dan anda perlu mengubah pengaturannya.

Jika anda menemukan masalah screensaver tidak berfungsi di Windows 10, coba update Windows 10 anda dan jika hal itu tidak membantu, lanjutkan dengan beberapa solusi berikut secara berurutan.


1. Periksa Setting Screensaver

Sangat mungkin bahwa screensaver komputer anda dimatikan. Ini bisa berupa pengaturan default atau bisa berubah setelah update Windows. Beberapa program pihak ketiga juga diketahui dapat mengubah pengaturan ini. Langkah-langkah dibawah ini berlakuk untuk Windows 10 dan Windows 11.
  • Ketik screensaver di Search Windows dan klik dobel pada opsi Change screen saver. Ini akan membuka halaman Screen Saver Settings.

  • Jika Screen saver diatur pada (none) maka screen saver dinonaktifkan. Dalam hal ini, anda dapat mengubahnya ke enam opsi lain pilihan anda di menu drop-down.
  • Pada bagian Wait, pilih waktu tunggu anda (Dalam menit).

  • Anda juga dapat memberi ceklist pada kotak On resume, display logon screen agar setelah screensaver aktif sytem akan kembali ke logon screen.
  • Setelah itu eekan Apply dan kemudian OK untuk menyimpan perubahan.


2. Periksa Settings Sleep

Jika pengaturan Sleep anda diatur untuk mematikan layar atau Sleep sebelum screensaver dapat diaktifkan, maka anda tidak akan pernah melihatnya. Jadi atur waktu aktif screensaver anda lebih sedikit dari waktu aktif Sleep. Misalkan waktu aktif screensaver 5 menit, maka waktu Sleep anda 10 menit.
  • Untuk memeriksanya, buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di menu Settings, pilih System kemudian pilih Power & Sleep di panel kiri.
  • Di panel kanan, dibagian Screen, pastikan waktunya melebihi waktu sreensaver.

Di Windows 11, buka Settings dengan menekan tombol Win + I, kemudian klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Power. Selanjutnya, perluas Screen and sleep dan ubah waktunya melebihi waktu screensaver.


3. Pastikan Mouse Anda Bersih dan Letakan di Permukaan yang Tidak Licin

Gerakan sekecil apapun dari mouse akan diperhitungkan sebagai sebuah gerakan untuk system yang menyatakan komputer anda masih aktif yang menyebabkan waktu hitung mundur untuk mengaktifkan screensaver kembali diulang. Jika mouse optik tidak bersih atau tetap pada permukaan yang licin, ia akan terus merekam gerakan dan karenanya screensaver mungkin tidak akan muncul. Untuk mengisolasi kemungkinan ini, bersihkan bagian bawah mouse dan letakan di atas kertas putih untuk sementara waktu. Jika screensaver masih tidak muncul, lanjutkan ke solusi berikutnya.


4. Cabut Kabel Perangkat

Ketika terhubung ke system, beberapa perangkat komputer mengirim pesan bahwa komputer tidak perlu beristirahat karena perangkat komputer sedang bekerja. Dalam banyak kasus, instruksi ini dikodekan ke dalam driver.

Dalam situasi ini, anda dapat mencoba mencabut semua perangkat yang terhubung dan periksa apakah screensaver muncul. Jika ya, pasang kembali perangkat satu per satu untuk mencaritahu penyebab bug yang mana.


5. Kembalikan Power Settings ke Default

Screensaver diatur oleh power settings system. Jika update Windows atau software pihak ketiga mengacaukan Power settings, screensaver mungkin tidak berfungsi dengan baik. Dalam hal ini, anda dapat mereset Power settings ke default.
  • Tekan Win + R untuk membuka Run, kemudian ketik powercfg.cpl dan tekan Enter untuk membuka jendela Power Options.

  • Klik pada Change plan settings yang sesuai dengan power plan anda saat ini.

  • Pilih Restore default settings for this plan dan tekan Yes.


Ini akan mengembalikan power settings ke default. Setelah itu periksa apakah ini mengaktifkan screensaver anda kembali.


6. Gunakan Power Troubleshooter

Power Troubleshooter dapat memperbaiki masalah yang terkait dengan Power settings. Prosedur untuk menjalankan Power Troubleshooter adalah sebagai berikut ini.

Di Windows 10:
  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I, kemudian pilih Updates & Security  dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Klik Power di panel kanan kemudian klik Run the troubleshooter dan ikuti petunjuknya.

  • Restart system setelah anda selesai menjalankan troubleshooter.

Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Power di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.


Anda sekarang dapat memeriksa kembali apakah itu menyelesaikan masalah anda dengan screensaver.


7. Update Driver Display atau Graphic

Update driver Graphic anda dan lihat apakah itu membantu. Jika anda baru-baru ini mengupdatenya, maka rollback driver anda dan lihat. Jika tidak, anda dapat membaca tutorial saya tentang cara update driver VGA di Windows 10/11.


8. Jalankan scan SFC

File system yang hilang atau rusak juga dapat menyebabkan masalah. Scan SFC dapat membantu anda dalam memeriksa file yang hilang atau rusak pada system dan mengganti atau memperbaikinya jika memungkinkan.


Screensaver memang semakin ditinggalkan penggunanya namun bagi sebagian pengguna screensaver dapat membantu mereka untuk menyembunykan file yang terbuka saat meninggalkan komputer dengan tergesa-gesa.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat menyelesaikan permasalahan anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pemikiran dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Screensaver Tidak Berfungsi di Windows 10/11"