Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Volume Maksimum di Windows 10/11


Adakalanya mengubah volume hingga level yang tertinggi adalah sesuatu yang anda butuhkan. Namun di waktu lain, anda membutuhkan sedikit dorongan ekstra. Ketika volume Windows sudah dinaikan hingga 100 tetapi itu masih terlalu sepi, dan berikut adalah beberapa hal yang dapat anda coba untuk membuat segalanya terdengar lebih keras lagi.


1. Periksa Volume Software

Jika anda mendengarkan sesuatu dalam suatu aplikasi dan segala sesuatunya tampak sedikit sunyi, periksa apakah anda dapat menyesuaikan audio di dalam software itu sendiri. Ini mudah - cukup klik tombol volume, dan geser ke atas atau ke kanan. Namun, Video game terkadang tidak memiliki skala volume yang jelas. Ini dapat disembunyikan di menu opsi, jadi lihat apakah anda tidak dapat meningkatkan volume di dalam software yang anda gunakan.


Beberapa software pemutar video bahkan mungkin datang dengan opsi peningkatan volume. Misalnya, jika anda menemukan VLC sedikit berada di sisi yang sunyi, anda dapat meningkatkan volumenya hingga 200-300% di dalam player itu sendiri. Membayar untuk melakukan sedikit penyelidikan tentang apa yang dapat anda lakukan dalam aplikasi!


2. Sesuaikan Opsi Volume Dipping Jika Panggilan Suara Menyebabkan Masalah

Jika semuanya terdengar sangat baik selama penggunaan reguler tetapi tiba-tiba jatuh ketika anda memasukkan panggilan suara, maka anda memiliki opsi komunikasi yang diatur ke volume yang lebih rendah selama panggilan.

Untuk memperbaikinya, klik tombol Start, lalu cari Control Panel, dan tekan Enter.
Saat dalam tampilan ikon kecil atau besar, klik Sound.


Jika tidak disetel ke Do Nothing, silakan dan atur, lalu klik OK. Sekarang volume tidak akan turun selama panggilan!



Anda mungkin memerlukan artikel ini :


3. Periksa Level Volume Individual Software

Jika setiap sound bar aplikasi memiliki volume yang baik, level untuk aplikasi tertentu mungkin rendah. Anda dapat memeriksa ulang level volume individual dengan mengklik kanan ikon volume di taskbar, lalu mengklik Open Volume Mixer.


Anda akan melihat semua software yang anda buka dengan skala volume masing-masing. Pastikan aplikasinya tidak menurunkan volumenya karena alasan tertentu. Jika ada bar yang lebih rendah dari yang lain, angkat ke level yang sama.



4. Gunakan Perangkat Tambahan Audio

Jika semuanya terlalu sepi secara umum, anda dapat menggunakan perangkat tambahan audio di Windows 10 untuk memberikan anda tingkat suara yang ekstra.

Untuk melakukan ini, klik kanan pada ikon sound di taskbar, lalu klik Open Volume Mixer.

Pada jendela Volume Mixer, silahkan klik ikon perankat untuk membuka propertiesnya.


Buka tab Enhancement, lalu beri ceklist kotak Loudness Equalization. Klik Apply.


Hal ini akan meningkatkan suara jauh lebih tinggi, yang semoga membuatnya cukup keras untuk anda dengar.



5. Tingkatkan Volume Menggunakan Equalizer APO

Equalizer APO adalah software open-source gratis yang memberi anda kontrol yang sangat baik atas pengaturan equalizer PC anda. Anda dapat melakukannya pada semua hal gila yang dengan fitur yang disediakan pada software ini, tetapi untuk saat ini kita hanya berfokus pada meningkatkan volume maksimum.

  • Download dan install Equalizer APO. Setelah anda selesai melakukannya, di jendela Configurator instalasi, pilih perangkat yang ingin anda gunakan dengan APO (misalnya headphone).



  • Selanjutnya, masuk ke direktori instalasi Equalizer APO, kemudian buka folder config dan buka file config dengan Notepad.



  • Disini, ubah nomor preamp menjadi maksimal +10 dB dan hapus sisa teks di file sehingga terlihat seperti gambar berikut dibawah ini.



  • Simpan file dan restart PC anda. Anda siap menggunakannya!


Mendapatkan Extra Boost

Ini bisa mengganggu ketika suaranya terlalu sepi tetapi volume anda sudah maksimal. Penyebabnya bisa salah satu dari banyak hal, dari fitur panggilan suara otomatis hingga slider volume aplikasi individual menjadi rendah. Namun, kadang-kadang, semuanya terlalu sepi secara umum; pada titik mana anda dapat menggunakan penguat suara dalam Windows 10 atau Windows 11 atau software itu sendiri untuk mendapatkan beberapa desibel tambahan.



Apakah ini memperbaiki masalah kesunyian anda? Beritahu saya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Volume Maksimum di Windows 10/11"