Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Volume Laptop di Windows 10/11


Jika anda berpikir kualitas suara default laptop anda bisa lebih baik, anda seratus persen benar. Banyak dari kita puas dengan peningkatkan volume di system laptop saat ini, tetapi hasilnya tidak selalu memuaskan. Apa yang dapat anda lakukan jika saat volume speaker maksimal, tetapi anda masih kesulitan mendapatkan kualitas audio yang optimal?

Metode sederhana berikut ini akan membantu anda memecahkan masalah volume laptop Windows yang anda rasa kurang maksimal. Gunakan perbaikan ini untuk meningkatkan volume laptop anda di Windows 10 atau Windows 11.


1. Gunakan Preamp Values di EqualizerAPO

Sebagai langkah pertama, anda mungkin ingin memeriksa properties speaker atau headphone anda untuk penyetaraan. Ini dapat dicapai di Properties perangkat audio anda dari tab Enhancements. Pastikan kotak Loudness Equalization diberi ceklist, karena jika tidak suaranya akan akan lecih kecil.


Selanjutnya, download utilitas gratis yang bernama EqualizerAPO untuk menyesuaikan nilai suara secara manual. Setelah melakukan instalasi sederhana, buka folder tempat program diinstal dan buka file Config dengan Notepad.


Disini, anda dapat mengedit nilai Preamp dari nilai default (biasanya nilainya minus) hingga 10 atau 20 dB. Artinya, anda mengatur filter dengan keuntungan positif. Tutup file dan simpan. Ingat: terlalu banyak pre-amp akan menyebabkan distorsi, jadi 20 dB lebih dari cukup untuk membuat anda mendapatkan audio boost terbesar yang anda cari.


Buka Speaker Properties dan tab Advanced. Disini, anda dapat mengubah format default ke nilai maksimum untuk suara surround berkualitas studio.



2. Gunakan Fx Sound Enhancer

Di sebagian besar laptop, setelah mengikuti langkah-langkah pada metode pertama diatas, anda akan mendapatkan audio yang sangat keras. Namun, beberapa speaker dan headphone murah masih menyisakan banyak yang diinginkan. Download aplikasi eksternal bernama FxSound Enhancer yang meningkatkan kualitas suara dengan mengoreksi keterbatasan suara pada perangkat anda. Pastikan perangkat pemutaran telah diatur ke speaker atau headphone default anda.


Sebagai langkah pertama, anda bisa memilih preset. Namun, anda juga dapat meningkatkan frequency band untuk bass, fidelity, ambience, dan 3D surround sound.


Putar sampel lagu atau video. Kualitas suara membutuhkan penyesuaian band yang sangat kecil untuk pengalaman yang optimal. Peningkatan volume yang terkontrol membuat anda memegang kendali penuh atas volume keseluruhan. Software ini tersedia sebagai uji coba gratis tujuh hari, diikuti dengan pembelian seumur hidup sebesar $39,99.



3. Gunakan Smartphone Anda Sebagai Mikrofon Untuk Laptop Anda

Jika anda memiliki ponsel cerdas yang lebih baru, kemungkinan kualitas mikrofonnya jauh lebih baik daripada komputer anda. Anda dapat menggunakan mikrofon ponsel di laptop anda. Untuk ini, Aanda perlu mendownload dan menginstal software yang bernama WO Mic. Instal klien WO Mic, yang akan menerima data audio dan meneruskannya ke perangkat mic virtual.

Anda juga perlu menginstal driver WO Mic yang benar di laptop Windows. Download WO Mic client di Google Play atau App Store. Aktifkan transportasi menggunakan Wi-Fi. Anda juga dapat terhubung menggunakan Bluetooth, Wi-Fi Direct atau USB.


Buka WO Mic Client di laptop anda dan edit alamat IP server ke ponsel anda. Sekarang server dapat dimulai di ponsel anda. Klik OK untuk melanjutkan.

Setelah koneksi berhasil dibuat, mainkan WO Mic Client dalam mode speaker. Sekarang anda dapat menggunakan smartphone anda sebagai mikrofon di laptop anda. Ini akan sangat keras.



Terkadang film atau lagu favorit anda mungkin tidak terdengar sangat keras dan jelas seperti sebelumnya dan itu tergantung kualitas file yang anda miliki. Metode di atas akan membantu meningkatkan volume laptop dan meningkatkan kualitas audio standar laptop anda. Sekian, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Volume Laptop di Windows 10/11"