Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Windows Tetap Berjalan Saat Layar Laptop Ditutup


Ketika anda menutup layar laptop secara default Windows membuatnya dalam keadaan Sleep. Hal ini membantu dalam menghemat daya dan masa pakai baterai anda. Namun, ada kalanya anda membutuhkan Windows untuk terus berjalan meskipun layar laptop ditutup.

Dan berikut cara untuk membuatnya tetap terjaga di laptop Windows 10 anda.

Di Windows, buka Settings. Banyak cara untuk membukanya. Klik ikon notifikasi di sudut kanan bawah layar dan pilih All Settings. Atau klik Start dan pilih Settings. Atau dengan menekan tombol Win + I. Atau anda dapat mencarinya di Search Windows dengan mengetik Settings. Terserah anda menggunakan yang mana.


Setelah jendela Settings terbuka, klik System di halaman ini.

Di halaman berikutnya, klik opsi Power & Sleep pada panel kiri. Sementara di panel kanan halaman pilih Additional Power Settings.


Jendela baru akan terbuka. Ini adalah jendela Control Panel. Di sini, di panel kiri klik pada opsi Choose what closing the lid does.


Pada halaman baru di panel kanan anda akan melihat opsi, When I close the lid. Secara default, opsi ini diatur ke mode Sleep, tetapi mode ini dapat diubah.

Pada menu drop-down di sebelahnya, pilih Do nothing. Anda dapat memilih opsi ini untuk laptop anda ketika dicolokkan dan diisi daya atau ketika laptop beroperasi dengan daya baterai saja, tergantung pada kebutuhan anda. Kedua opsi ini terdaftar berdampingan di halaman yang sama.


Setelah anda menyesuaikan pengaturan, pergi ke bagian bawah layar dan klik Save Changes.

Mulai sekarang setiap kali anda menutup layar laptop anda, Windows tidak akanberada dalam mode Sleep tetapi akan terus berjalan di background.

Jika anda memutuskan untuk membiarkan Windows 10 terus berjalan setelah menutup layar laptop, anda juga mungkin ingin mengoptimalkan masa pakai baterai laptop anda di Windows 10 untuk memastikan opsi yang baru anda lakukan tidak membuang-buang baterai anda ketika anda tidak ada.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Membuat Windows Tetap Berjalan Saat Layar Laptop Ditutup"