Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Background Hitam di Balik Ikon Folder di Windows 10/11


File Explorer Windows 10 atau Windows 11 dapat menampilkan file dan folder anda dalam beberapa gaya yang berbeda seperti Medium icons, Large icons, Extra large icons, Content, dll. Kadang-kadang, ketika anda mengatur gaya icon file atau folder anda salah satu dari mereka, anda mungkin melihat background hitam di belakang ikon folder yang sebenarnya. Ini terlihat sangat jelek, dan tidak peduli berapa kali anda merefresh, background hitam tidak akan hilang. Jika anda menghadapi masalah ini, berikut ini cara memperbaiki background hitam di belakang ikon folder di File Explorer Windows 10 atau Windows 11.


1. Menggunakan Disk Cleanup Tool

Cara cepat dan termudah untuk memperbaiki background hitam di belakang ikon folder adalah dengan menggunakan utilitas Disk Cleanup internal.
  • Cari Disk Cleanup di pencarian Cortana dan klik Open untuk membuka tool.
  • Tindakan di atas akan memulai wizard Disk Cleanup. Di sini, pilih drive C: dari menu drop-down dan klik tombol OK.
  • Tindakan di atas akan memulai proses pemindaian. Setelah pemindaian selesai, gulir ke bawah dan beri ceklist kotak Thumbnail di bawah bagian File to Delete dan klik tombol OK.
  • Segera setelah anda mengklik tombol, anda akan menerima jendela konfirmasi. Klik pada tombol Delete Files untuk melanjutkan.
  • Restart system anda, dan anda tidak akan lagi melihat background hitam di belakang ikon folder di File Explorer.


2. Dengan Menghapus Cache Thumbnail Secara Manual

Selain menggunakan tool Disk Cleanup, anda juga dapat memperbaiki masalah dengan secara manual menghapus file cache thumbnail.
  • Untuk memulai, tekan pintasan keyboard Win + E untuk membuka File Explorer.
  • Setelah membuka File Explorer, beri ceklist pada kotak Hidden Items di tab View. Ketika anda memilihnya, File Explorer akan menampilkan semua file dan folder tersembunyi.
  • Sekarang arahkan ke lokasi berikut. Jangan lupa untuk mengganti <username> dengan nama pengguna Windows anda yang sebenarnya.
C:\Users\<username>\AppData\Local

  • Setelah anda berada disini, gulir ke bawah folder, temukan dan klik IconCache.db dan tekan tombol Delete pada keyboard anda (atau klik kanan padanya dan klik Delete) untuk menghapusnya.
  • Setelah menghapus file, navigasikan ke lokasi berikut dibawah ini, dan pilih/blok semua file menggunakan pintasan keyboard Ctrl + A dan tekan tombol Delete untuk menghapusnya. Sekali lagi, jangan lupa untuk mengganti <username> dengan nama pengguna Windows anda yang sebenarnya.
C:\Users\<username>\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer


  • Anda mungkin menerima pesan error yang memberitahu anda bahwa file sedang digunakan dan tidak dapat dihapus. Cukup beri ceklist pada kotak Do this for all current items dan klik tombol Try Again.


  • Anda akan menerima pesan error yang sama lagi. Klik pada tombol Cancel untuk menutup jendela. Setelah menutup jendela, anda akan menemukan folder baru dengan nama ThumbCacheToDelete atau IconCacheToDelete. Folder ini memastikan bahwa file akan secara otomatis dihapus ketika anda me-restart system anda.



3. Menggunakan File .bat Sederhana

Jika anda ingin, anda dapat mencapai hal yang sama dengan membuat file .bat sederhana yang menghapus semua file thumbnail cache dengan sekali klik dobel.
  • Untuk membuat file .bat, klik kanan pada desktop anda, lalu pilih opsi New - Text Document.
  • Beri nama file yang anda inginkan, tetapi pastikan anda mengubah ekstensi file dari .txt ke .bat. Dalam kasus saya, saya mengganti nama file saya menjadi ClearThumbCache.bat.
  • Sekarang, klik kanan pada file .bat dan pilih opsi Edit.
  • Tindakan di atas akan membuka file di Notepad. Copy dan Paste-kan perintah di bawah ini dalam file, kemudian Save dan tutup Notepad.
echo.
taskkill /f /im explorer.exe
timeout 2 /nobreak>nul
echo.
DEL /F /S /Q /A %LocalAppData%\IconCache.db
DEL /F /S /Q /A %LocalAppData%\Microsoft\Windows\Explorer\iconcache_*.db
DEL /F /S /Q /A %LocalAppData%\Microsoft\Windows\Explorer\thumbcache_*.db
 
timeout 2 /nobreak>nul
start explorer.exe

  • Setelah menutup file, simpan semua pekerjaan anda dan klik doble pada file .bat yang baru dibuat untuk memperbaiki masalah background hitam di belakang ikon folder.
Ketika anda menjalankan file, Windows Explorer akan berhenti sementara dan mulai lagi. Jadi jangan khawatir jika layar anda kosong selama satu atau dua detik.

Itu dia cara memperbaiki background hitam di balik ikon Folder di Windows 10 atau Windows 11. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengganti ikon aplikasi di Start Menu Windows 10 atau cara mengubah ukuran ikon Desktop, huruf dan item lainnya di Windows 10/11.

Sekian. Berikan komentar anda di bawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas dalam memperbaiki masalah. Semoga berhasil. GBU

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Background Hitam di Balik Ikon Folder di Windows 10/11"