Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Action Center Tidak Berfungsi di Windows 10


Action Center atau pusat pemberitahuan merupakan salah satu fitur terbaik di Windows 10. Dengan itu, semua system dan pemberitahuan aplikasi individu tersedia di satu tempat, yang berarti anda tidak perlu khawatir tentang kehilangan pemberitahuan. Selain itu, anda dapat menyingkirkannya di waktu senggang anda.

Meskipun berguna, terkadang Action Center dapat menjadi tidak responsif. Kenyataan ini terjadi pada siapa saja dan tidak peduli berapa kali anda mengeklik ikon notifikasi, Action Center tidak akan terbuka. Jika anda pernah menghadapi situasi semacam ini, berikut beberapa metode sederhana yang dapat anda coba untuk membuat Action Center bekerja kembali.


1. Restart Windows Explorer

Hal pertama dan jelas yang harus anda lakukan ketika anda menghadapi masalah apapun di system anda adalah melakukan Restart. Merestart system anda dapat menyelesaikan sebagian besar masalah. Jika anda tidak dapat me-restart system anda karena alasan apapun, anda dapat me-restart proses Windows Explorer. Sebagian besar waktu pendekatan ini akan membuka file yang terkunci dan memecahkan masalah.

  • Untuk memulai, klik kanan pada taskbar dan pilih opsi Task Manager. Atau, anda dapat menekan tombol pintas keyboard Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  • Setelah membuka Task Manager, arahkan ke tab Processes dan cari proses Windows Explorer. Klik padanya kemudian klik tombol Restart.


Segera setelah anda mengklik tombol, Windows Explorer akan restart, dan Action Center harus bekerja kembali.


2. Ganti Nama File UsrClass.dat

Jika metode diatas tidak menyelesaikan masalah, anda dapat mencoba mengganti nama atau menghapus file UsrClass.dat. Ini adalah file tempat Windows menyimpan semua informasi profil pengguna.

  • Tekan Win + R, kemudian masukan perintah dibawah ini dan tekan tombol Enter.
%localappdata%\Microsoft\Windows


  • Secara default, file yang kita cari tersembunyi. Untuk membuatnya terlihat, klik pada tab View dan pilih kotak centang Hidden Items.


  • Setelah file UsrClass.dat. terlihat, pilih dan tekan F2 pada keyboard anda dan beri nama. Misalkan UsrClass.dat.bak. Jika anda mencoba mengubah ekstensi file, anda mungkin menerima pesan peringatan. Cukup klik tombol Yes untuk melanjutkan.


Terkadang file tersebut mungkin digunakan, dan anda tidak akan dapat mengubah nama atau menghapusnya.


Untuk mengatasinya anda membutuhkan user account lain. Jika anda sudah memiliki akun pengguna kedua, login ke akun itu dan arahkan ke lokasi berikut di File Explorer. Jangan lupa untuk mengganti <username> dengan nama pengguna akun asli anda.

C:\Users\<username>\AppData\Local\Microsoft\Windows

Catatan: jika anda tidak memiliki akun pengguna lain, anda dapat dengan mudah membuatnya menggunakan aplikasi Settings. Cukup tekan Win + I dan arahkan ke Accounts - Family and Other People. Sekarang, klik pada opsi Add someone else to this PC dan ikuti petunjuk.


Jika sudah, coba ganti nama file lagi. Karena file tidak lagi digunakan oleh akun pengguna itu, anda harus dapat mengganti namanya tanpa kesulitan.


Setelah mengganti nama, Restart system anda.


3. Daftar Ulang Action Center melalui PowerShell

Jika mengganti nama UsrClass.dat tidak berfungsi, anda dapat mencoba mendaftarkan ulang Action Center sebagai upaya terakhir.

  • Untuk memulai, tekan Win + X dan klik opsi Windows PowerShell (Admin) atau anda dapat mencarinya lewat pencarian Cortana dan jalankan sebagai Admin.
  • Setelah membuka PowerShell, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter.

Get-AppxPackage | % { Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppxManifest.xml" -verbose }


  • Proses eksekusi mungkin perlu waktu untuk diselesaikan, jadi duduk dan tunggu sampai Windows selesai dengan perubahan.
  • Jika sudah, restart system anda dan Action Center harus berfungsi sebagaimana mestinya.


Sekian tutorial kali ini. Semoga membantu anda. Berikan komentar di bawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas dalam menyelesaikan Action Center yang tidak berfungsi di Windows 10. Terimakasih atas kunjungannya dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Action Center Tidak Berfungsi di Windows 10"