Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Notifikasi Windows 10 Anda


Notifikasi sangat berguna karena pemberitahuan akan mengingatkan anda saat aplikasi membutuhkan perhatian anda. Untuk memiliki semua notifikasi Windows 10 anda di satu area, anda memiliki Action Center. Tapi, itu bisa menjengkelkan ketika anda mendapat notifikasi untuk aplikasi yang tidak anda pedulikan.

Notifikasi  bisa menjadi hal yang lebih menjengkelkan ketika notifikasi yang anda lihat terlalu lama berada di layar. Kabar baiknya adalah bahwa ada sesuatu yang dapat anda lakukan tentang ini. Mari kita lihat bagaimana anda dapat mengatur notifikasi Windows 10 dengan cara anda.


1. Cara Membatasi Jumlah Notifikasi di Action Center

Jika anda terganggu ketika anda melihat jumlah notifikasi di Action Center yang terlalu banyak, ada cara untuk membatasi mereka. Untuk mengurangi atau menambah jumlah notifikasi, buka Settings - System - Notifications & actions.

Gulir kebawah hingga anda melihat bagian Get notifications from these senders. Gulir kebawah dan lihat daftar, kemudian matikan tombol ke posisi Off untuk aplikasi yang tidak ingin anda terima notifikasinya.


Selama anda disini, ada penyesuaian lain yang dapat anda lakukan. Jika anda gulir kembali ke atas, anda dapat mematikan atau pada opsi untuk melihat notifikasi di lock screen atau tidak.



2. Cara Mengatur Waktu Notifikasi Terlihat

Notifikasi dapat mengganggu ketika masih terlihat untuk waktu yang lama. Untuk mengurangi atau memperpanjang waktu yang terlihat, buka Settings - Ease of Access. Di panel kanan, gulir kebagian Simplify and personalize Windows dan anda akan menemukan pengaturan waktu tampil notifikasinya. Klik pada menu drop-down untuk Show notifications for dan pilih waktu yang anda inginkan. Anda dapat memilih 5 detik, 7 detik, 15 detik, 30 detik, 1 menit, dan 5 menit.



3. Cara Mematikan Notifikasi Badge pada Taskbar

Untuk mematikan notifikasi badge di Taskbar, buka Settings - Personalization - Taskbar dan matikan tombol opsi yang mengatakan Show badges on taskbar.


Jika anda mengaktifkan tombol Use small taskbar, maka opsi Show badges on taskbar button akan disamarkan. Untuk mengizinkan opsi badge, matikan tombol Use small taskbar.


Untuk menghilangkan notifikasi badge di Action Center, klik kanan padanya dan pilih untuk menghilangkan jumlah notifikasi baru atau tidak melihat ikon aplikasi.


Notifikasi baru akan tetap berada di Notification Center dan anda akan tahu mereka ada disana karena ikonnya akan berubah menjadi putih.


4. Cara Menghilangkan Action Center

Jika anda sudah muak dengan notifikasi atau anda mungkin tidak ingin melihat Action Center, ada cara untuk membuatnya lenyap dari PC anda. Klik kanan padanya dan pergi ke Settings - Taskbar dan gulir ke bawah sampai anda melihat teks yang mengatakan Turn system icons on or off.


Klik padanya dan gulir ke bawah hingga anda melihat opsi Action Center dan matikan itu. Ikon Action Center akan hilang dari Taskbar segera setelah dimatikan. Anda tidak perlu me-reboot komputer anda untuk melihat perubahannya.



5. Cara Memprioritaskan Notifikasi

Ada aplikasi yang notifikasinya tidak ingin anda lewatkan dan yang notifikasinya tidak anda pedulikan. Untuk menjaga notifikasi aplikasi favorit anda tersebut, buka Settings - System - Notifications & actions. Gulir ke bawah dan klik pada aplikasi favorit anda. Dihalaman berikutnya di bawah Priority of notification in action center klik pada opsi Top dan klik Confirm.



6. Cara Mengubah Notifikasi Mail Calendar

Untuk mengubah notifikasi pada aplikasi Mail, buka app Mail dan klik roda gigi untuk membuka Settingnya. Klik pada opsi notifications. Setelah anda masuk, buat perubahan yang diperlukan.



7. Cara Mematikan Notifikasi Windows 10 Selama Presentasi

Jika anda berada di tengah-tengah presentasi penting, hal terakhir yang anda inginkan adalah notifikasi dari aplikasi apapun. Untuk menonaktifkan sementara notifikasi saat presentasi, buka Settings - System - Notifications & actions dan di bawah bagian Notifications, aktifkan opsi Hide notifications when I’m duplicating my screen.


Saat anda berurusan dengan banyak notifikasi, semuanya bisa berakhir dengan sakit kepala. Tapi, begitu semuanya sudah diatur, anda akhirnya bisa menyelesaikan tanpa notifikasi yang mengganggu anda. Bagaimana cara mengatur notifikasi anda? Beritahu saya di kolom komentar. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Mengatur Notifikasi Windows 10 Anda"