Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program yang Memperlambat Startup Windows Anda


Salah satu keluhan paling sering dari pengguna mesin Windows adalah lambatnya startup. Ini bisa membuat frustrasi saat menunggu komputer anda akhirnya sampai ke desktop, dan itu membuang-buang waktu yang akan membatasi produktivitas anda.

Ketika anda menyalakan komputer anda, ada banyak sekali program yang langsung terbuka apakah anda mengetahuinya atau tidak. Program-program ini start secara otomatis untuk membantu pemuatan dari system operasi, karena jika anda harus membuka semua program ini secara manual, maka itu akan memakan waktu terlalu lama. Namun ketika komputer mencoba untuk mem-boot terlalu banyak program pada satu waktu, itu menciptakan kemacetan dan memperlambat semuanya.

Ada banyak program yang diluncurkan saat startup dan anda mungkin tidak terlalu cepat dikenali apalagi oleh pengguna komputer yang masih awam. Ada beberapa aplikasi yang biasa anda gunakan yang akan memperlambat komputer anda. Dan mungkin juga anda mempunyai alasan tertentu untuk membuka aplikasi ini pada saat startup. Tetapi jika aplikasi ini menyebabkan booting PC anda menjadi lambat, maka anda harus mempertimbangkan untuk membukanya secara manual saat anda hendak menggunakannya.

Berikut adalah beberapa kategori umum aplikasi yang sering menyebabkan komputer anda menjadi lambat.


1. Adobe


Aplikasi Adobe - termasuk termasuk didalamnya Adobe Reader, Acrobat, dan lainnya dari keluarga Creative Cloud mereka - dirancang untuk ditambahkan sendiri ke folder startup anda. Satu-satunya alasan yang memungkinkan untuk menjalankan program ini adalah agar mereka dapat diupdate secara otomatis. Ini karena peretas biasanya menyerang aplikasi ini. Program-program ini tidak perlu diluncurkan secara otomatis. Mereka harus dinonaktifkan.


2. Appel


Aplikasi dari Apple juga memperlambat startup anda. Penyebab utama di masa lalu adalah Quicktime, tetapi umumnya tidak ditemukan lagi di komputer. Anda mungkin tidak memiliki Quicktime di komputer anda, tetapi jika anda melakukannya, anda dapat menghapusnya sepenuhnya. Program Apple lainnya yang dapat menghambat startup anda termasuk Apple Push dan iTunes Helper. Anda dapat menonaktifkannya saat startup dan membukanya sesuai kebutuhan.


3. Aplikasi Chating


Aplikasi Chating diluncurkan secara otomatis saat startup karena ini akan membuat orang-orang di daftar kontak anda tahu bahwa anda tersedia untuk chatting. Jika anda menggunakan Skype, WhatsApp Web, Line Web atau aplikasi obrolan lainnya di laptop anda, anda dapat menonaktifkannya saat startup. Ini akan mempercepat waktu booting anda, dan anda selalu dapat membuka aplikasi saat anda siap untuk mengobrol.


4. Penyimpanan Cloud


Aplikasi penyimpanan cloud sangat bagus untuk menjaga semua file anda dibackup dan tersedia. Ketika mereka diluncurkan secara otomatis, semua file anda tetap disinkronkan tanpa anda memikirkannya. Kelemahan dari program ini adalah hambatan yang mereka buat di komputer saat anda mem-boot-nya. OneDrive, DropBox, Google Drive, dan lainnya adalah contoh program yang mungkin mengganggu kecepatan startup anda.


5. Gaming Client


GOG Galaxy, Origin, dan Steam adalah contoh Gaming Client yang menambahkan diri mereka ke folder startup di komputer Windows anda. Mereka melakukan ini sehingga mereka dapat diupdate di background dan memungkinkan anda untuk segera bermain tanpa menunggu update. Untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk mem-boot komputer anda, nonaktifkan klien ini dan buka secara manual setelah mesin melakukan boot.


6. Aplikasi Online


iTunes dan Spotify adalah aplikasi pemutar musik online yang secara otomatis akan diluncurkan pada komputer anda. Tidak ada manfaat nyata untuk membiarkan itu terjadi, jadi nonaktifkan dan percepat boot anda.


7. Manufacturer Bloatware


Produsen komputer seperti ASUS, Acer, HP, Dell, Lenovo dan lainnya menambahkan program ke komputer mereka yang dikenal sebagai bloatware. Bloatware ini merujuk pada kebiasaan produsen PC untuk melakukan pre-loading versi uji coba software komersial pada PC baru dengan harapan bahwa beberapa akan meng-upgrade ke edisi berbayar. Pabrikan PC (dan OEM lainnya) dibayar oleh pencipta uji coba dan menerima sebagian pendapatan dari setiap peningkatan pengguna. Anda dapat menghapusnya dengan aman dari startup, dan juga memungkinkan anda untuk menghapus sepenuhnya aplikasi tersebut agar komputer anda dapat bekerja dengan lancar.


Cara Menonaktifkan Aplikasi ini Saat Startup

Menonaktifkan program ini sangatlah mudah. Saya telah menulis artikel tentang itu - Cara Mengatur Startup Program di Windows 10/11 - jadi anda dapat mengikuti petunjuknya disana.


Banyak aplikasi ini memiliki pengaturan yang dapat anda ubah agar program tidak menambahkan dirinya ke folder startup. Periksa pengaturan ini sesekali. Terkadang updatenya akan mengatur ulang preferensinya dan mulai diluncurkan lagi saat startup.

Menonaktifkan program yang secara otomatis dijalankan saat startup akan membuat komputer anda berjalan lebih cepat dan lebih lancar. Jadi kecuali anda benar-benar membutuhkan program-program ini segera berjalan, coba nonaktifkan mereka dan lihat apakah waktu booting anda membaik atau tidak.

Apakah anda mendapatkan perubahan waktu booting anda? Tinggalkan komentar anda dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Program yang Memperlambat Startup Windows Anda"