Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Membuat Windows 10/11 Berjalan Lebih Cepat


Apakah anda berharap dapat membuat Windows 10 atau Windows 11 berjalan lebih cepat? Tentu saja itu dapat anda lakukan! Tidak ada yang mengacaukan alur kerja anda kecuali kecepatan PC yang melambat. Melambatnya PC ini merupakan masalah umum dengan OS Windows. Pada saat pertama kali digunakan, performa/kinerjanya cepat seperti sebuah sambaran petir, namun ketika mulai memasuki akhir tahun pertama penggunaan, hal ini mulai terasa perbedaanya dan seiring waktu itu menjadi sedikit dan/atau sangat lambat untuk bekerja.

Ada banyak spekulasi tentang mengapa hal ini terjadi. Beberapa orang percaya itu adalah file sementara aplikasi dan yang lain mengira itu adalah file registry.

Tetapi apapun penyebabnya, inilah tujuh tips untuk membuat Windows 10 atau Windows 11 anda kembali berjalan lebih cepat.


1. Cari Aplikasi yang Memonopoli Ruang Penyimpanan di Task Manager

Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager, lalu klik More details untuk mendapatkan tampilan yang jelas dari aplikasi yang berjalan di PC anda, serta penggunaan CPU, Memory, Disk, Network, dan GPU.


Jika anda melihat ada sesuatu yang menggunakan banyak resource, anda dapat mengeklik kanan lalu mengeklik End task, dan dimasa mendatang anda dapat mempertimbangkan program alternatif untuk pekerjaan tersebut. Salah satu contoh adalah browser Chrome. Banyak yang mengatakan bahwa Chrome menggunakan lebih banyak resource ketimbang Firefox (tapi jujur, saya lebih menyukai Chrome).

Klik tab Performance, dan di bagian bawah anda dapat mengklik Resource Monitor, yang memberi anda pandangan yang lebih mendalam tentang proses mana yang menggunakan berapa banyak memori. Anda dapat bereksperimen dengan mengakhiri berbagai proses yang memerlukan banyak memori disini untuk melihat apakah mereka mengosongkan memori.



2. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Ini adalah sesatu yang jelas. Jika PC anda dilengkapi dengan banyak crapware, atau aplikasi yang tidak digunakan, mereka juga dapat memperlambat system, meskipun anda tidak menggunakannya. (Mereka mungkin berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan anda.) Carilah aplikasi-aplikasi yang jarang anda gunakan dan uninstall mereka. Aktivitas ini akan membebaskan lebih banyak memori dan memberikan ruang PC anda untuk beroperasi lebih cepat.
  • Pergi ke pencarian Windows. Cari Control Panel dan luncurkan. Anda juga dapat menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di Control Panel, klik Programs kemudian klik Programs and Features. Temukan program yang jarang atau tidak pernah digunakan. Klik diatasnya dan klik Uninstall. Anda juga dapat klik kanan pada program dan pilih Uninstall.


3. Optimalkan Proses Startup Windows Anda

Proses Startup adalah aplikasi yang mulai berjalan pada saat anda mem-boot PC anda. Ini berdampak pada waktu boot dan membatasi kecepatan PC anda untuk sementara waktu bahkan setelah booting selesai. Tentunya, semakin banyak proses yang harus dijalankan system selama boot, semakin lama waktu yang diperlukan untuk boot ke keadaan bekerja. Untuk membuat OS Windows berjalan lebih cepat, hentikan aplikasi ini dari startup dengan mengikuti langkah-langkah ini.
  • Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager. Setelah diluncurkan, klik pada tab Startup.
  • Lihat daftar aplikasi yang terdaftar di tab Startup anda dan periksa Startup impact dari masing-masing aplikasi.
  • Tujuannya adalah untuk menonaktifkan aplikasi apapun yang mempunyai dampak yang tinggi pada startup. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik kanan aplikasi dan memilih Disable. Juga, jika anda merasa aplikasi yang terdaftar disana tidak diperlukan, nonaktifkan saja.



4. Scan Virus dan Spyware

Virus dan spyware memonopoli resources komputer, jadi penting untuk menghapusnya setiap kesempatan yang anda dapatkan. Langkah ini akan membutuhkan instalasi software anti-virus terlebih dahulu. AVG antivirus akan digunakan untuk panduan ini.
  • Jalankan anti-virus anda.
  • Klik Scan Computer dan biarkan aplikasi untuk menjalankan tugasnya. Proses ini bisa memakan waktu cukup lama.



5. Hapus Temporary Files untuk Membuat OS Windows Berjalan Lebih Cepat

Windows menyimpan banyak temporary files (file sementara) saat ia bekerja. Semua penyimpanan yang digunakan menyebabkan resources PC anda menjadi kurang dimanfaatkan oleh OS. Untuk meningkatkan kinerja pada PC Windows anda, hapus file-file ini untuk membuat ruang pada drive system anda. Untuk itu, ikuti petunjuk berikut ini.
  • Ini akan meminta anda memilih drive untuk dibersihkan. Pilih drive tempat anda menginstal Windows dan klik OK.


  • Pop-up berikutnya akan menunjukkan beberapa opsi untuk dibersihkan. Tandai mereka sebagaimana mestinya. Klik Clean up system files.



6. Ubah Power Plan Anda

Banyak orang akan mengatakan pada anda untuk menetapkan Power Plan yang lebih rendah untuk menghemat baterai, tetapi itu juga akan mempengaruhi kecepatan PC. Power Plan Windows menentukan, untuk sebagian besar, seberapa cepat OS akan berjalan. Power Plan mengontrol aktivitas prosesor dengan membatasi kecepatan prosesor. Komputer anda berjalan paling cepat ketika proses anda berjalan tanpa batas. Anda harus mengatur Power Plan menjadi balanced, high performance atau Ultimate Performance untuk mencapai ini.
  • Buka Control Panel. dengan mencarinya di Start menu atau dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Dalam kotak pencarian ketik Choose power plan. Klik pada hasil pencarian.


  • Atur ke Balanced atau High Performance. Perhatikan bahwa High performance adalah yang terbaik tetapi mengkonsumsi lebih banyak energi.



7. Gunakan Troubleshooter Internal Windows

Jika anda menduga bahwa Windows anda berjalan lambat karena masalah internal, anda dapat memperbaikinya menggunakan troubleshooter internal Windows. Ini mampu memindai melalui file system anda untuk mendeteksi masalah. Setelah terdeteksi, ia menyelesaikannya secara otomatis. Tindakan ini dapat meningkatkan kecepatan PC anda dengan margin yang lebar. Anda dapat menjalankan troubleshooter melalui Command Prompt atau ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Jalankan utilitas Control Panel.
  • Di search bar, ketik system maintenance. Pilih opsi yang mengatakan Perform recommended maintenance tasks automatically.


  • Request pop-up akan muncul.
  • Berikan izin administrator dan jalankan troubleshooter dengan mengklik Next. Ini harus mendeteksi dan memperbaiki semua masalah.



Yang tercantum di atas adalah tujuh cara efektif untuk membuat komputer anda berjalan lebih cepat di OS Windows. Ikuti langkah-langkah tersebut untuk mengoptimalkan PC anda. Anda dapat melakukan satu atau semua solusi yang disarankan diatas untuk membuat OS Windows anda berjalan lebih cepat. Jika anda mau, anda dapat melanjutkan meningkatkan kinerja Windows anda dengan mengedit registry.

Bagamana menurut anda, apakah ada yang kurang? Silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah ini untuk berbagi dengan yang lain. Terimakasih dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya. GBU

Post a Comment for "7 Cara Membuat Windows 10/11 Berjalan Lebih Cepat"